4 Pemain Binaan Akademi Ajax Amsterdam yang Pernah Membela Arsenal

Jurrien Timber jadi pemain akademi Ajax terbaru di Arsenal

Arsenal telah meresmikan kedatangan Jurrien Timber. The Gunners pantas berbahagia bisa menggaet Timber, bek versatile muda yang bersinar bersama Ajax Amsterdam. Timber adalah lulusan akademi Ajax, akademi sepak bola yang memang dikenal sering menelurkan pemain hebat.

Banyak pemain binaan akademi Ajax yang belakangan pindah ke klub-klub besar Eropa. Arsenal sendiri sudah beberapa kali kepincut dengan produk akademi bernama De Toekomst tersebut. Termasuk Timber, inilah empat pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam yang pernah membela Arsenal.

1. Dennis Bergkamp melegenda bersama Arsenal

4 Pemain Binaan Akademi Ajax Amsterdam yang Pernah Membela ArsenalDennis Bergkamp (arsenal.com)

Dennis Bergkamp pantas disebut jebolan akademi Ajax terbaik yang pernah bermain di English Premier League (EPL). Karier Bergkamp diawali banyak sukses bersama Ajax pada 1986–1993. Ia kemudian sempat membela Inter Milan selama 2 musim sebelum merapat ke Arsenal pada 1995.

Bersama Arsenal, Bergkamp mencapai puncak kariernya. Sang striker Belanda khususnya terkenal dengan duetnya bersama Thierry Henry di lini depan. Meski Henry lebih tajam, produktivitas Bergkamp juga fantastis dengan koleksi total 119 gol dan 98 assist bagi Arsenal.

Bergkamp juga sukses meraih deretan trofi bersama Arsenal. Ada total sepuluh trofi, termasuk trofi EPL 2003/2004 yang diraih tanpa kalah. Patung Bergkamp di luar Emirates Stadium menjadi bukti betapa melegenda dirinya bersama Arsenal.

2. Thomas Vermaelen jadi andalan di lini belakang The Gunners

4 Pemain Binaan Akademi Ajax Amsterdam yang Pernah Membela ArsenalThomas Vermaelen (arsenal.com)

Thomas Vermaelen juga merupakan jebolan akademi Ajax yang cukup lama mengabdi kepada Arsenal. Tepatnya, Vermaelen berseragam Arsenal pada 2009–2014. Bek tengah asal Belgia itu sukses jadi andalan The Gunners meski kariernya beberapa kali disela cedera serius.

Vermaelen memainkan total 150 laga bersama Arsenal. Sebagai bek, ia cukup produktif dengan torehan 15 gol dan 6 assist. Sayangnya, hanya ada satu trofi yang didapat Vermaelen bareng Arsenal. Jumlah itu lebih sedikit dari yang ia raih saat membela Ajax, yaitu lima trofi.

3. Yossi Benayoun jadi pinjaman Arsenal selama semusim

4 Pemain Binaan Akademi Ajax Amsterdam yang Pernah Membela ArsenalYossi Benayoun (arsenal.com)

Ada pula pemain binaan akademi Ajax Amsterdam yang hanya pernah membela Arsenal sebagai pinjaman. Ia adalah Yossi Benayoun, gelandang asal Israel. Benayoun sempat menimba ilmu di akademi Ajax pada 1995. Ia bahkan sukses menjadi top skor sekaligus pemain terbaik di De Toekomst.

Sayangnya, Benayoun batal dikontrak profesional oleh Ajax karena ia dan keluarganya memilih untuk pulang ke Israel. Benayoun kemudian terus berkembang hingga bisa berkarier di Inggris. Diawali membela West Ham United, Benayoun lanjut berseragam Liverpool dan Chelsea.

Saat membela Chelsea, Benayoun sempat dipinjamkan ke Arsenal pada 2011/2012. Ada 25 penampilan yang ia catatkan bagi Arsenal di semua ajang. Sayangnya, tak ada prestasi berarti yang ditorehkan Benayoun bersama The Gunners.

4. Jurrien Timber jebolan akademi Ajax terbaru di Arsenal

4 Pemain Binaan Akademi Ajax Amsterdam yang Pernah Membela ArsenalJurrien Timber diperkenalkan sebagai pemain baru Arsenal. (arsenal.com)

Akademi Ajax Amsterdam masih terus menghasilkan deretan pemain bertalenta hingga sekarang. Salah satu yang namanya mulai naik adalah Jurrien Timber. Bersama Ajax, Timber bermain pada 2019–2023 dan mengoleksi 121 laga di semua ajang.

Kontribusi Timber vital dalam keberhasilan Ajax meraih 2 trofi Eredivisie Belanda dan 1 Piala KNVB. Tak heran ia sempat jadi incaran beberapa klub besar Eropa. Pada akhirnya, Arsenal yang sukses mendapatkan tanda tangan bek berusia 22 tahun tersebut.

Dengan kualitasnya, Timber punya peluang merebut tempat inti di pos bek kanan Arsenal. Selain itu, ia juga bisa mengisi jantung pertahanan jika dibutuhkan. Di atas kertas, langkah Arsenal mendatangkan Timber jelas adalah keputusan yang tepat.

Sudah ada empat pemain binaan akademi Ajax Amsterdam yang pernah berseragam Arsenal. Dennis Bergkamp jelas adalah yang terbaik. Mungkinkah Jurrien Timber bisa setidaknya mendekati level kebintangan Bergkamp bersama Arsenal?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir Arsenal yang Berasal dari Belanda, Ada Jurien Timber

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya