5 Bek Jerman yang Merumput di LaLiga sebelum Rudiger

Beberapa di antara mereka sukses raih trofi bergengsi

Antonio Rudiger akhirnya resmi merapat ke Real Madrid. Rudiger bergabung Real Madrid dengan status bebas transfer setelah kontraknya bersama Chelsea habis. Bek tengah Jerman berusia 29 tahun ini telah membuktikan kualitasnya sehingga dia akan jadi aset berharga di lini belakang Real Madrid musim depan.

Rudiger pun bergabung ke dalam barisan bek asal Jerman yang pernah membela sederet klub LaLiga. Perjalanan karier para bek pendahulu Rudiger selama bermain di Spanyol ternyata cukup bervariasi.

Berikut kelima bek asal Jerman yang membela klub LaLiga sebelum Antonio Rudiger. Kamu kenal dengan nama-nama ini?

1. Andreas Brehme

5 Bek Jerman yang Merumput di LaLiga sebelum Rudigerpotret Andreas Brehme berseragam Real Zaragoza (futbolretro.es)

Andreas Brehme adalah salah satu bek legendaris asal Jerman. Brehme merupakan anggota timnas Jerman yang menjuarai Piala Dunia 1990. Di level klub, namanya paling tenar saat membela Kaiserslautern dan Bayern Munchen. Namun, Brehme ternyata juga pernah merumput di Spanyol bersama Real Zaragoza pada musim 1992/1993.

Bersama Zaragoza, Brehme mencatat total 29 penampilan, termasuk 24 laga di LaLiga. Sayangnya, ia hanya menghabiskan semusim bermain di Spanyol sehingga tak terlalu membawa kesan. Setelah gantung sepatu, Brehme sempat berkarier sebagai pelatih untuk jangka waktu yang singkat.

2. Christoph Metzelder

5 Bek Jerman yang Merumput di LaLiga sebelum Rudigerpotret Christoph Metzelder saat membela Real Madrid (transfermarkt.com)

Christoph Metzelder pernah membela Real Madrid. Metzelder merupakan bek tengah yang berkarier sejak 1999 hingga 2014. Ia berseragam Real Madrid pada 2007–2010. Sayangnya, karier Metzelder di Spanyol sering diganggu cedera sehingga ia minim mendapatkan menit bermain.

Selama tiga musim di Real Madrid, Metzelder hanya mencatatkan 31 penampilan di semua ajang. Namun, Metzelder sempat mengangkat dua trofi bersama Los Blancos, yaitu LaLiga 2007/2008 dan Piala Super Spanyol 2008. Selain bersama Real Madrid, Metzelder juga pernah meraih trofi bersama Borussia Dortmund dan Schalke 04.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Diboyong Real Madrid dari EPL sebelum Rudiger

3. Andreas Hinkel

5 Bek Jerman yang Merumput di LaLiga sebelum Rudigerpotret Andreas Hinkel saat membela Sevilla (marca.com)

Berikutnya ada Andreas Hinkel, bek asal Jerman yang satu angkatan dengan Christoph Metzelder. Hinkel paling lama berkarier di negaranya sendiri bersama VfB Stuttgart. Namun, ia juga pernah membela klub LaLiga, yaitu Sevilla pada 2006–2008.

Sayangnya, selama dua musim di Sevilla, Hinkel kesulitan mendapat kesempatan bermain karena kalah bersaing dengan Dani Alves. Ia pun hanya mencatatkan total 28 penampilan saja di semua ajang. Meski demikian, setidaknya Hinkel sempat meraih empat trofi bersama Sevilla, termasuk Piala UEFA 2006/2007.

4. Heiko Westermann

5 Bek Jerman yang Merumput di LaLiga sebelum Rudigerpotret Heiko Westermann berseragam Real Betis (marca.com)

Heiko Westermann adalah mantan bek asal Jerman yang pernah mencatat 28 caps bersama timnas. Ia menghabiskan sebagian besar kariernya di Bundesliga Jerman. Namun, Westermann juga pernah menjajal LaLiga pada musim 2015/2016 bersama Real Betis.

Saat itu, Westermann mencatat 20 penampilan di LaLiga dengan sumbangan 1 gol. Sayangnya, performanya bersama Betis sempat tercoreng dua kartu merah yang ia kantongi. Westermann pensiun pada tahun 2018 setelah membela Austria Wien sebagai klub terakhirnya.

5. Shkodran Mustafi

5 Bek Jerman yang Merumput di LaLiga sebelum RudigerShkodran Mustafi (instagram.com/shkodranmustafi)

Satu lagi bek asal Jerman yang pernah membela klub LaLiga sebelum Antonio Rudiger adalah Shkodran Mustafi. Mustafi berseragam Valencia selama dua musim pada 2014–2016. Ia tampil apik bersama Valencia, yang akhirnya membuat Arsenal kepincut dan mendatangkannya. Mustafi kemudian membela The Gunners selama lima musim.

Setelah itu, Mustafi sempat bermain di Bundesliga bersama Schalke 04, lalu kembali ke LaLiga pada 2021/2022. Kali ini ia membela Levante. Namun, di edisi terbaru ini ia gagal mengulang sinarnya seperti saat berkostum Valencia. Mustafi hanya tampil dua belas kali bersama Levante. Ia pun gagal mencegah klubnya degradasi di akhir musim 2021/2022 kemarin.

Kisah perjalanan karier kelima bek asal Jerman di atas bersama klub LaLiga Spanyol cukup beragam. Ada yang berhasil meraih trofi, ada pula yang gagal memberi kesan mendalam. Menarik untuk dinantikan apakah Antonio Rudiger bakal bersinar bersama Real Madrid atau tidak.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Didatangkan bersama Antonio Rudiger, Siapa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya