5 Klub Besar Eropa yang Belum Pernah Juara Liga Champions 

Padahal mereka punya tim berisi pemain-pemain bintang 

Liga Champions Eropa adalah kompetisi paling bergengsi di dunia sepak bola Eropa. Hal itu karena turnamen ini mempertemukan tim-tim terbaik dari liga-liga terbaik di Eropa. Selain gengsi, kucuran dana dari bermain di Liga Champions juga sangat fantastis, hingga tak heran jika tim-tim terbaik berjuang mati-matian untuk memenangkannya.

Kamu mungkin sudah tahu tim-tim mana saja yang paling sering menjuarai turnamen yang dulu bernama Piala Champions ini. Tapi tahukah kamu apa saja tim besar Eropa yang sampai sekarang belum pernah menjuarainya? Meski dipenuhi pemain bintang dan disegani di liga domestik, nyatanya mereka kesulitan berbicara banyak di Eropa. Inilah 5 klub tersebut.

1. Manchester City 

5 Klub Besar Eropa yang Belum Pernah Juara Liga Champions mancity.com

Pertama ada Manchester City, yang dalam sedekade terakhir telah menjelma jadi salah satu tim raksasa Inggris. Total trofi yang mereka raih dalam 10 tahun terakhir saja berjumlah 14 trofi, seperti dicatat Transfermarkt. Di Liga Champions pun mereka cukup disegani karena skuadnya berisi pemain-pemain hebat yang dipimpin pelatih jempolan.

Namun nyatanya sampai saat ini perjuangan mereka menguasai Eropa belum juga kesampaian. Pencapaian terbaik mereka di Liga Champions adalah mencapai babak semifinal pada 2015-16. Musim ini, City masih berpeluang juara untuk pertama kalinya jika mereka mampu melewati hadangan Real Madrid di babak 16 besar. Mampukah?

2. Paris Saint-Germain 

5 Klub Besar Eropa yang Belum Pernah Juara Liga Champions sportsmole.co.uk

Serupa dengan Manchester City, Paris Saint-Germain juga adalah "klub kaya baru" yang menjelma jadi kekuatan hebat di Eropa berkat suntikan dana besar pada 2011. Sejak itu, PSG terus memperkuat tim dengan pemain-pemain kelas dunia, misalnya Kylian Mbappe, Angel Di Maria, Mauro Icardi, dan tentu saja Neymar si pemain termahal dunia.

Namun rupanya semua itu belum cukup membawa PSG menguasai Eropa. Jika dibanding dengan skuadnya yang mentereng, prestasi PSG bahkan bisa dibilang buruk karena paling mentok hanya sampai perempat final. Mereka memang pernah mencapai babak semifinal, tapi itu justru terjadi pada musim 1994-95, jauh sebelum mereka jadi klub kaya raya. Sungguh ironis!

Baca Juga: Begini 9 Potret Para Pemain Paris Saint-Germain Saat WFH, Seru!

3. Arsenal 

5 Klub Besar Eropa yang Belum Pernah Juara Liga Champions premierleague.com

Di Inggris bukan hanya Manchester City klub besar yang belum pernah merasakan mengangkat trofi Liga Champions. Arsenal yang pada era 90an hingga awal 2000an sering jadi penantang kandidat juara Premier League pun ternyata senasib dengan The Citizen. Padahal pada periode itu skuad mereka hampir selalu berisi pemain-pemain bintang.

Nama-nama hebat seperti Thierry Henry, Patrick Vieira, Dennis Bergkamp maupun Robert Pires nyatanya gak mampu membawa The Gunners merengkuh gelar Eropa. Mereka pernah hampir berhasil melakukannya pada 2006, namun Barcelona menggagalkan impian tersebut di babak final. Dengan musim depan dipastikan absen di Liga Champions, kapan tim asal London ini bisa meraihnya?

4. Atletico Madrid 

5 Klub Besar Eropa yang Belum Pernah Juara Liga Champions beinsports.com

Dari La Liga Spanyol, ada nama Atletico Madrid yang dalam beberapa tahun ke belakang menjadi penyela dominasi Real Madrid dan Barcelona. Los Rojiblancos bahkan sempat mengangkangi kedua klub itu dan menjadi juara La Liga pada 2013-14. Namun di level Eropa, prestasi maksimal Atletico hanyalah mencapai babak final.

Lebih menyakitkan dari Arsenal, Atletico dua kali kalah di final dalam 7 tahun terakhir, dan lawan yang mengalahkan mereka di final adalah rival sekota mereka Real Madrid. Bahkan dalam 4 musim beruntun dari 2013-14 hingga 2016-17, selalu Real Madrid yang mengganjal langkah mereka di Eropa.

Musim ini sendiri asa Atletico juara Liga Champions masih menyala. Mereka sudah memastikan tempat di perempat final setelah menumbangkan juara bertahan Liverpool di babak 16 besar. Sampai sejauh mana langkah mereka kali ini?

5. Lazio 

5 Klub Besar Eropa yang Belum Pernah Juara Liga Champions foxsports.com

Terakhir, ada Lazio, klub Italia yang telah dipastikan akan berpartisipasi di Liga Champions musim depan. Lazio memang tidak dianggap selevel dengan klub-klub elite Italia seperti Juventus, Inter Milan, dan AC Milan. Tapi mereka pernah mengalami masa kejayaan pada awal 2000an, dan prestasi mereka dalam 10 tahun terakhir juga cukup mumpuni.

Dilansir Transfermarkt, Lazio mengoleksi 5 gelar dalam sedekade terakhir, lebih banyak dari Inter dan AC Milan. Namun baik sekarang maupun di masa kejayaannya, mereka memang kesulitan berprestasi di Eropa. Lazio hanya pernah 5 kali berpartisipasi di Liga Champions, dengan capaian terbaik babak perempat final 1999-00. Bisakah musim depan mereka melaju lebih jauh?

Memiliki nama besar dan jajaran pemain bintang bukan menjadi jaminan dari sebuah klub untuk memenangi Liga Champions. Kalau menurutmu, siapa dari antara mereka yang paling berpeluang jadi juara Liga Champions dalam waktu dekat?

Baca Juga: Jadi Tembok Kokoh Lazio, Luiz Felipe Masuk Daftar Belanja Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya