Comscore Tracker

6 Eks Pemain Klub Besar Premier League yang Membela Fulham 2022/2023

Ada mantan pemain dari setiap klub Big Six

Fulham adalah salah satu klub yang berhasil promosi ke English Premier League 2022/2023. Namun, melihat pengalaman di masa lalu, Fulham kerap kesulitan bertahan di Premier Legue. Oleh karena itu, The Cottagers mesti membangun tim yang solid supaya tidak hanya sekadar jadi penggembira.

Skuad Fulham sendiri saat ini berisi sejumlah pemain yang cukup berkualitas. Beberapa dari antara mereka bahkan pernah membela enam klub besar Premier League alias The Big Six. Pengalaman mereka bersama klub top bisa jadi aset berharga demi membantu Fulham bertahan di Premier League.

1. Tosin Adarabioyo

6 Eks Pemain Klub Besar Premier League yang Membela Fulham 2022/2023Tosin Adarabioyo (instagram.com/tosinadarabioyo)

Nama Tosin Adarabioyo mungkin tak akrab di telinga fans Premier League. Padahal, bek tengah asal Inggris ini adalah jebolan akademi Manchester City. Adarabioyo pun sempat menjadi pemain City pada 2016–2020, tetapi hanya diberi kesempatan tampil delapan kali di partai nonliga.

Adarabioyo pun hengkang ke Fulham pada 2020 dan sukses mengembangkan potensinya bareng The Cottagers. Hanya dalam dua musim, Adarabioyo sudah mencatat 78 penampilan bareng Fulham di semua ajang. Pemain berusia 24 tahun ini pun kemungkinan besar kembali akan jadi penggawa inti Fulham pada 2022/2023.

2. Nathaniel Chalobah

6 Eks Pemain Klub Besar Premier League yang Membela Fulham 2022/2023Nathaniel Chalobah (instagram.com/chalobah)

Sementara, Nathaniel Chalobah adalah gelandang atau bek asal Inggris yang merupakan jebolan akademi Chelsea. Chalobah pun sempat berseragam Chelsea pada 2010–2017. Sayangnya, ia hanya mencatat lima belas penampilan di semua ajang karena lebih sering dipinjamkan ke klub-klub lain.

Meski demikian, Chalobah sempat turut mengangkat trofi Premier League 2016/2017 bersama Chelsea. Setelah itu, Chalobah sempat membela Watford sebelum merapat ke Fulham pada 2021. Sejauh ini, Chalobah sudah membela Fulham dalam 21 penampilan dan menyumbangkan 2 assists.

3. Harry Wilson

6 Eks Pemain Klub Besar Premier League yang Membela Fulham 2022/2023Harry Wilson (instagram.com/harrywilson22)

Ada pula pemain lulusan akademi Liverpool yang saat ini membela Fulham, yaitu Harry Wilson. Wilson masuk tim senior Liverpool sejak 2015 dan baru hengkang ke Fulham pada musim panas 2022. Namun, selama sekitar 7 tahun jadi pemain Liverpool, winger 25 tahun ini hanya sempat tampil dua kali.

Musim 2021/2022 lalu dihabiskan Wilson sebagai pemain pinjaman di Fulham. Ternyata, ia tampil apik dan berjasa besar membawa Fulham promosi ke Premier League. The Cottagers pun membeli Wilson dengan harga 14 juta euro atau Rp213 miliar dan kemungkinan besar akan terus mengandalkannya pada 2022/2023.

Baca Juga: 3 Catatan Unik Hasil Imbang Liverpool vs Fulham

4. Andreas Pereira

6 Eks Pemain Klub Besar Premier League yang Membela Fulham 2022/2023Andreas Pereira (instagram.com/andreaspereira)

Andreas Pereira juga sempat membela klub besar Premier League tetapi kesulitan jadi pilihan utama. Pereira lulus dari akademi Manchester United pada 2014 dan terus bertahan hingga 2022. Berkali-kali dipinjamkan ke klub lain, gelandang asal Brasil ini pun hanya tampil 75 kali dalam 8 tahun.

Karena masa depannya di United tampak suram, Pereira pun hengkang ke Fulham pada musim panas 2022. Ia diboyong dengan harga 9,5 juta euro atau Rp144 miliar. Bersama Fulham, Pereira punya peluang lebih besar untuk merebut tempat utama dan membuktikan kualitasnya.

5. Bernd Leno

6 Eks Pemain Klub Besar Premier League yang Membela Fulham 2022/2023Bernd Leno (instagram.com/berndleno1)

Fulham juga kini memiliki mantan pemain Arsenal. Bernd Leno baru saja didatangkan dari The Gunners pada musim panas 2022 dengan mahar 3,6 juta euro atau Rp55 miliar. Fulham terbilang beruntung karena harga itu jauh di bawah nilai pasar Leno. Apalagi, kualitas Leno sudah terbukti di Premier League.

Selama membela Arsenal pada 2018–2022, Leno mencatat 125 penampilan di semua ajang dengan 37 clean sheets. Meski berkualitas, Leno tetap perlu berjuang untuk menjadi kiper utama Fulham. Ia diserahi nomor punggung 17 dan harus bersaing dengan Marek Rodak yang saat ini masih jadi pilihan utama.

6. Paulo Gazzaniga

6 Eks Pemain Klub Besar Premier League yang Membela Fulham 2022/2023Paulo Gazzaniga (instagram.com/gazzanigapaulo)

Selain Rodak dan Leno, Fulham juga masih punya satu kiper lagi, yaitu Paulo Gazzaniga. Gazzaniga adalah kiper asal Argentina yang membela Fulham sejak 2021. Sebelumnya, Gazzaniga juga sempat membela salah satu klub Big Six Premier League, yaitu Tottenham Hotspur, selama 4 tahun.

Selama di Tottenham, Gazzaniga hanya kebagian peran sebagai pelapis Hugo Lloris. Namun, ia sempat bermain cukup banyak yaitu 37 kali. Sementara itu, bersama Fulham sejauh ini, Gazzaniga baru tampi empat belas kali. Jika tetap bertahan di Fulham, kemungkinan besar Gazzaniga hanya akan jadi kiper pilihan ketiga.

 

Fulham memiliki enam pemain yang pernah membela klub-klub Big Six Premier League Inggris. Kualitas Fulham tak boleh diremehkan. Bukan mustahil The Cottagers bisa jadi salah satu kuda hitam yang menyulitkan tim-tim besar Premier League.

Baca Juga: Diimbangi Fulham, Klopp: Liverpool Main Seperti Sampah

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya