Comscore Tracker

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier League

Coba tebak, klub London apa yang tertua?

Apakah kamu pencinta Premier League? Kalau ya, kemungkinan besar kamu tahu banyak soal perkembangan terbaru liga teratas di Inggris ini. Kamu juga pasti tahu soal jumlah trofi yang dimiliki klub-klub Premier League serta bagaimana kekuatan mereka dalam beberapa musim terakhir.

Namun, mungkin kamu belum tahu 10 fakta soal klub-klub Premier League berikut ini. Tak hanya unik, beberapa fakta mungkin akan membuatmu terkejut! Gak percaya? Yuk, langsung simak saja.

1. Louis van Gaal adalah manager pertama Manchester United yang bukan berasal dari Britania Raya

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier Leaguerte.ie

Sejak pertama berdiri pada tahun 1878, MU selalu menunjuk pelatih asal Britania Raya sebagai manajer. Barulah pada 2014 MU menunjuk van Gaal asal Belanda untuk menjadi manajer klub. Itu berarti manajer asing pertama bagi MU baru hadir setelah 136 tahun berdiri!

2. Chelsea adalah klub pertama yang ditangani oleh tiga orang player-manager secara beruntun

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier Leagueplanetfootball.com

Yang pertama adalah Glenn Hoddle, yang menjabat sebagai player-manager selama 3 tahun dari 1993 hingga 1996. Kemudian Hoddle digantikan oleh Ruud Gullit yang juga adalah player-manager selama hampir 2 tahun dan akhirnya Gianluca Vialli menjabat posisi tersebut selama 2 tahun hingga 2000.

3. Sepanjang sejarah, Arsenal hanya pernah merasakan degradasi satu kali saja

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier Leaguearsenal.com

Itu terjadi lebih dari 100 tahun lalu, yaitu pada musim 1912/1913. Dilansir Goal, Arsenal terdegradasi ke divisi kedua setelah hanya 3 kali menang dan 23 kali kalah dalam semusim. Mereka lalu kembali ke divisi teratas pada musim 1919/1920 dan sejak itu tak pernah lagi terdegradasi.

4. Bukan Arsenal, melainkan Everton yang paling sering bermain di divisi teratas Liga Inggris sepanjang sejarah

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier Leaguebbc.co.uk

Everton pernah terdegradasi dua kali, tetapi secara total mereka telah memainkan 118 musim di divisi teratas Liga Inggris. Itu adalah jumlah terbanyak di antara semua klub Inggris.

Baca Juga: 6 Pemain Everton Paling Sering Dimainkan Carlo Ancelotti hingga Kini

5. Burung yang terdapat pada lambang klub Liverpool ternyata adalah burung mitologi 

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier Leaguethisisanfield.com

Burung itu disebut burung Liver dan sudah menjadi lambang kota Liverpool selama 800 tahun lebih. Patung burung Liver terdapat di puncak gedung Royal Liver yang ikonik di kota tersebut. Burung Liver sendiri disebut-sebut terinspirasi dari burung cormorant, sejenis burung air yang berukuran cukup besar.

6. Pada musim 1957/1958, Manchester City mencatat rekor yang sangat unik dalam hal mencetak gol dan kebobolan

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier Leaguecitytilidie.com

Manchester City mengakhiri Liga Inggris musim tersebut dengan mencetak 104 gol dari 42 pertandingan. Sebuah catatan yang hebat, namun sayangnya mereka juga kebobolan 100 kali. Maka, City menjadi klub pertama sekaligus satu-satunya hingga saat ini yang jumlah gol dan kebobolannya sama-sama mencapai angka 100 dalam semusim Liga Inggris.

7. Tottenham Hotspur adalah klub Inggris pertama yang memenangi kompetisi antarklub Eropa 

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier Leaguetottenhamhotspur.com

Itu terjadi pada musim 1962/1963 saat Spurs memenangi Piala Winners dengan mengalahkan Atletico Madrid 5-1 di final. Tak hanya itu, Tottenham juga adalah klub pertama yang memenangi Piala UEFA karena mereka sukses menjuarai edisi perdana Piala UEFA musim 1971/1972 dengan mengalahkan Woverhampton Wanderers 3-2 secara agregat di final.

8. Dua kiper legendaris Timnas Inggris sama-sama merupakan legenda Leicester City

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier Leaguedailymail.co.uk

Kedua kiper tersebut adalah Gordon Banks dan Peter Shilton. Gordon Banks adalah kiper yang membawa Inggris juara Piala Dunia 1966. Ia bermain untuk Leicester selama 8 musim dari 1959 hingga 1967 dan memainkan 293 pertandingan.

Sementara itu, Peter Shilton adalah pemain dengan caps terbanyak bersama Timnas Inggris sepanjang masa dengan 125 caps. Ia membela Leicester selama 8 musim sejak 1966 hingga 1974 dan memainkan 286 laga.

9. Bukan Arsenal, Chelsea, atau Tottenham, klub tertua di London adalah Fulham

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier Leaguefulhamfc.com

Saat ini ada sekitar 12 klub profesional asal London yang bermain di Liga Inggris dari berbagai divisi. Dari semua klub tersebut, Fulham adalah yang tertua karena sudah berdiri sejak 1879.

10. Leeds United memakai warna putih-putih untuk seragam mereka karena meniru Real Madrid

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Terunik Klub-Klub Premier Leagueozwhitelufc.net.au

Laman Soccer 365 menceritakan bahwa pada tahun 1961, manager Leeds United, yaitu Don Revie, memutuskan untuk mengganti warna seragam Leeds dari biru menjadi putih-putih. Alasannya adalah karena Revie ingin meniru kesuksesan Real Madrid yang kala itu begitu dominan di Eropa.

Hasilnya, perubahan itu ternyata terbukti manjur. Leeds yang tadinya terseok-seok di divisi kedua berhasil promosi pada musim 1963/1964 dan langsung jadi runner-up divisi utama di musim 1964/1965 dan 1965/1966. Bahkan, pada musim 1968/1969 mereka sukses mwnjadi juara Liga Inggris untuk pertama kalinya!

 

Itulah dia 10 fakta unik yang dimiliki oleh klub-klub Premier League. Fakta mana yang membuatmu paling terkejut?

Baca Juga: 10 Potret Robin Koch, Bek Andalan Leeds United yang Super Keren

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya