Comscore Tracker

5 Klub Premier League yang Performanya Meningkat Dibanding Musim Lalu

Ada yang memecahkan rekor!

English Premier League musim 2021/2022 telah berakhir. Manchester City kembali menjadi juara seperti musim sebelumnya. Bisa dibilang City memang adalah klub Premier League yang performanya paling konsisten sejak musim lalu hingga selesainya musim ini.

Sementara itu, beberapa klub Premier League mengalami perubahan performa dibanding musim lalu. Ada yang performanya menurun drastis, misalnya Manchester United. Namun, ada pula yang meningkat sehingga bisa finis di posisi yang lebih baik dibanding musim lalu, seperti lima klub berikut ini.

1. Liverpool

5 Klub Premier League yang Performanya Meningkat Dibanding Musim Lalupotret para pemain Liverpool (instagram.com/liverpoolfc)

Setelah jadi juara Premier League 2019/2020, Liverpool sempat mengalami penurunan performa pada musim 2020/2021. The Reds tampil buruk di liga, bahkan sempat kalah enam kali beruntun di kandang sendiri. Alhasil, Liverpool harus menunggu hingga pekan-pekan terakhir untuk memastikan posisi empat besar.

Musim 2021/2022 ini, Liverpool berhasil bangkit. Mereka kembali jadi penantang juara seperti musim 2018/2019 dan 2019/2020. The Reds juga sukses menunda pesta juara Manchester City hingga pekan terakhir. Torehan 92 poin pun jauh melebihi capaian mereka musim lalu, yaitu 69 poin.

Liverpool bahkan sukses membagi konsentrasi sehingga tak hanya sukses di liga. Mereka kini sudah memastikan trofi Piala FA dan Piala Liga, serta telah mencapai final Liga Champions. Apapun hasil final nanti, yang jelas Liverpool benar-benar tampil perkasa pada musim 2021/2022.

2. Chelsea

5 Klub Premier League yang Performanya Meningkat Dibanding Musim Lalupotret para pemain Chelsea (instagram.com/chelseafc)

Perbaikan performa juga berhasil dicapai oleh Chelsea. Musim lalu, The Blues finis di posisi keempat Premier League dengan 67 poin. Sementara itu, musim 2021/2022 diakhiri Chelsea di peringkat ketiga dengan 74 poin. Selain itu, jumlah gol serta kebobolan mereka pun mengalami perbaikan dibanding musim lalu.

Chelsea juga sukses mencapai final Piala FA dan Piala Liga meski keduanya gagal dimenangi. Semua itu adalah prestasi yang hebat mengingat banyaknya masalah yang mendera Chelsea musim ini, misalnya penjualan klub oleh Roman Abramovich. Bersama pemilik baru, bisakah Chelsea kembali jadi penantang juara liga musim depan?

Baca Juga: Bos Baru Chelsea Bekali Tuchel Rp3,65 Triliun Demi Bangun Skuad

3. Tottenham Hotspur

5 Klub Premier League yang Performanya Meningkat Dibanding Musim Lalupotret para pemain Tottenham Hotspur (instagram.com/spursofficial)

Berikutnya ada Tottenham Hotspur yang berhasil finis di posisi keempat Premier League 2021/2022. The Lilywhites pun dipastikan bakal kembali berlaga di Liga Champions musim depan. Itu adalah peningkatan performa dibanding musim lalu saat mereka mengakhiri musim di posisi ketujuh.

Keberhasilan Spurs musim ini tentu tak lepas dari jasa pelatih Antonio Conte. Conte berhasil membawa Spurs bangkit setelah sempat inkonsisten pada awal musim di bawah pelatih Nuno Espirito Santo. Musim 2021/2022 juga dilengkapi keberhasilan salah satu pemain Tottenham jadi top skor Premier League, yaitu Son Heung Min.

4. Arsenal

5 Klub Premier League yang Performanya Meningkat Dibanding Musim Lalupotret para pemain Arsenal (instagram.com/arsenal)

Arsenal bisa dibilang sebagai salah satu klub yang penampilannya paling mengejutkan di Premier League 2021/2022. Pada awal musim, tak ada yang menyangka bahwa Arsenal bisa bersaing lolos ke Eropa musim depan. Pasalnya, dalam dua musim sebelumnya The Gunners hanya finis di posisi kedelapan.

Sudah begitu, skuad Arsenal musim ini lebih banyak diisi pemain muda yang minim pengalaman. Namun, ternyata performa Arsenal justru membaik dibanding musim lalu. Mereka finis di posisi kelima sehingga berhak tampil di Europa League 2022/2023.

Arsenal juga beberapa kali membuat kejutan musim ini dengan mengalahkan tim-tim besar. Chelsea, Manchester United, serta Tottenham Hotspur adalah beberapa klub yang sempat mereka taklukkan. Karena performa yang meningkat, kontrak pelatih Mikel Arteta pun diperpanjang demi keberlanjutan proyeknya musim depan.

5. Brighton & Hove Albion

5 Klub Premier League yang Performanya Meningkat Dibanding Musim Lalupotret para pemain Brighton (instagram.com/officialbhafc)

Senada dengan Arsenal, Brighton & Hove Albion juga tampil mengejutkan musim ini. Skuad asuhan Graham Potter berhasil finis di posisi kesembilan Premier League. Itu bukan sekadar peningkatan dibanding musim lalu, tetapi juga merupakan rekor posisi terbaik Brighton di liga sejak mulai berdiri 120 tahun lalu.

Kejutan Brighton khususnya nyata dari keberhasilan mereka mencuri poin dari klub-klub besar Premier League. Itu termasuk Liverpool, Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal, serta Manchester United. Brighton pun menjadi satu-satunya klub dengan pelatih Inggris yang finis di sepuluh besar klasemen Premier League 2021/2022.

 

Lima klub Premier League di atas berhasil meningkatkan performa mereka di liga pada 2021/2022 dibanding musim sebelumnya. Bisakah mereka kembali tampil bagus musim depan?

Baca Juga: 5 Klub Besar yang Terjegal oleh Brighton di Premier League 2021/2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya