6 Klub Sukses Kalahkan Man City di Paruh Pertama Musim 2012/2022

Meski merupakan tim kuat, City tetap bisa dikalahkan

Manchester City adalah salah satu klub terkuat di dunia saat ini. Mereka memiliki materi pemain luar biasa serta pelatih kelas dunia. Tidak mengherankan jika The Citizens memimpin klasemen sementara Premier League hingga pekan ke-23, serta jadi salah satu unggulan di Liga Champions dan Piala FA.

Meski demikian, tentu bukan berarti Manchester City adalah klub yang tak bisa dikalahkan. Buktinya, sepanjang musim ini berlangsung sudah ada enam klub yang berhasil menumbangkan mereka.

Siapa saja klub tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Leicester City

6 Klub Sukses Kalahkan Man City di Paruh Pertama Musim 2012/2022para pemain Leicester City merayakan gol (skysports.com)

Manchester City sebenarnya memulai musim 2021/2022 dengan buruk. Mereka kalah dua kali dalam dua partai pembuka mereka. Pertama mereka kalah di laga Community Shield melawan juara Piala FA musim lalu, Leicester City. Manchester City takluk 0-1 pada laga tersebut karena gol tunggal mantan pemain mereka, Kelechi Iheanacho.

Hasil tersebut membuat Leicester merebut trofi Community Shield untuk kedua kalinya sepanjang sejarah. Sementara Manchester City gagal menambah jumlah trofi Community Shield mereka menjadi tujuh. Namun, The Citizens kemudian sukses membalas kekalahan dari Leicester dalam dua partai Premier League musim ini.

2. Tottenham Hotspur

6 Klub Sukses Kalahkan Man City di Paruh Pertama Musim 2012/2022para pemain Tottenham Hotspur merayakan gol (instagram.com/spursofficial)

Setelah kalah di Community Shield, Manchester City secara mengejutkan harus kalah lagi di partai kedua mereka musim 2021/2022. Bertandang ke markas Tottenham Hotspur di laga pembuka Premier League, City harus takluk dengan skor serupa, 0-1. Son Heung Min jadi pencetak gol satu-satunya di laga tersebut.

Dua kekalahan dalam dua laga awal tentu bukan hal yang biasa dialami oleh Manchester City. Bertuntung, City berhasil bangkit dalam laga-laga mereka selanjutnya. 

Baca Juga: 6 Pemain yang Pernah Membela Manchester City dan Leicester City

3. Paris Saint-Germain

6 Klub Sukses Kalahkan Man City di Paruh Pertama Musim 2012/2022para pemain Paris Saint-Germain merayakan gol (instagram.com/psg)

Klub ketiga yang berhasil mengalahkan Manchester City pada 2021/2022 adalah Paris Saint-Germain. PSG menaklukkan City pada matchday kedua Grup A Liga Champions yang digelar di Paris. Gol-gol dari Idrissa Gueye dan Lionel Messi sukses membuat PSG menang dua gol tanpa balas.

City sendiri sebenarnya tampil lebih dominan dalam laga ini. Namun, mereka gagal membuat satu pun gol serta malah kebobolan melalui skema serangan balik. Kedua klub kemudian bertemu kembali pada matchday kelima fase grup. Saat itu City balas meraih kemenangan dengan skor 2-1.

4. West Ham United

6 Klub Sukses Kalahkan Man City di Paruh Pertama Musim 2012/2022para pemain West Ham United merayakan gol (instagram.com/westham)

Sejauh ini Manchester City masih berpartisipasi dalam tiga ajang berbeda sejauh ini, yaitu Premier League, Liga Champions, serta Piala FA. Mereka dipaksa gugur dari ajang Piala Liga 2021/2022 oleh West Ham United. Laga putaran keempat tersebut berakhir imbang 0-0 sehingga harus diselesaikan lewat drama adu penalti.

City akhirnya harus mengakui keunggulan West Ham melalui babak adu penalti dengan skor 3-5. City pun dipastikan tersingkir dari Piala Liga, sebuah ajang yang sukses mereka menangi enam kali dalam satu dekade terakhir.

5. Crystal Palace

6 Klub Sukses Kalahkan Man City di Paruh Pertama Musim 2012/2022para pemain Crystal Palace merayakan gol (instagram.com/cpfc)

Manchester City mengalami kekalahan kedua pada Premier League 2021/2022 oleh klub yang tak disangka, yaitu Crystal Palace. Momen itu terjadi pada pekan ke-10 saat Crystal Palace bertandang ke Etihad Stadium. Sebagai tuan rumah, kekalahan City jadi lebih mengejutkan lagi.

City kalah 0-2 pada laga tersebut berkat gol dari Wilfried Zaha dan Conor Gallagher. Hal ini membuktikan bahwa meski hampir selalu tampil dominan dan membuat banyak peluang, City bisa juga kesulitan mencetak gol dan kewalahan menghadapi skema serangan balik.

6. RB Leipzig

6 Klub Sukses Kalahkan Man City di Paruh Pertama Musim 2012/2022para pemain RB Leipzig merayakan gol (instagram.com/rbleipzig)

Sejauh ini, klub terakhir yang berhasil mengalahkan Manchester City pada 2021/2022 adalah RB Leipzig. Wakil Bundesliga tersebut menundukkan City dengan skor 2-1 pada laga terakhir fase grup Liga Champions.

Untungnya, City sebelumnya sudah memastikan lolos ke fase knockout sebagai juara grup. Hasil negatif itu pun tak banyak berpengaruh bagi mereka. Namun, kekalahan itu tetap terbilang mengejutkan karena City menurunkan sebagian besar pemain intinya di laga tersebut.

Enam klub yang berhasil mengalahkan Manchester City tersebut membuktikan bahwa City tetap punya kelemahan dan bukan tidak mungkin untuk dikalahkan. Adakah klub lain yang bakal menaklukkan mereka di sisa bergulirnya musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Perpanjang Kontrak Musim 2021/2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya