5 Klub Terakhir yang Kalahkan Manchester City di Etihad Stadium

Semuanya terjadi di ajang Premier League

Manchester City menelan kekalahan mengejutkan dari Brentford pada pekan ke-16 English Premier League (EPL) 2022/2023, Sabtu (12/11/2022). Selain unggul kualitas pemain atas Brentford, kekalahan Manchester City juga mengejutkan karena terjadi di kandangnya sendiri, Etihad Stadium.

Bagi Brentford sendiri, kemenangan atas Manchester City tentu membanggakan. Mereka menjadi salah satu dari sedikit klub yang mampu mengalahkan The Citizens di kandangnya sendiri dalam beberapa musim terakhir. Termasuk Brentford, inilah lima klub terakhir yang sukses kalahkan Manchester City di Etihad Stadium!

1. Leeds United

5 Klub Terakhir yang Kalahkan Manchester City di Etihad StadiumManchester City melawan Leeds United di Premier League 2020/2021. (premierleague.com)

Pada musim 2020/2021, Manchester City sukses menjuarai EPL dengan keunggulan cukup jauh dari para pesaingnya. Namun, perjalanan Manchester City jadi juara saat itu sebenarnya tak terlalu mulus. Mereka kalah enam kali di EPL, empat di antaranya terjadi di kandang sendiri.

Leeds United adalah salah satu klub yang mengalahkan Manchester City di Etihad Stadium pada musim tersebut. Leeds menang 2-1 atas Manchester City pada pekan ke-31 EPL. Hebatnya, Leeds sukses meraih kemenangan meski harus bermain dengan sepuluh orang sejak pengujung babak pertama.

2. Chelsea

5 Klub Terakhir yang Kalahkan Manchester City di Etihad StadiumPara pemain dan pelatih Chelsea merayakan kemenangan atas Manchester City di EPL 2020/2021. (premierleague.com)

Pada pekan ke-35 EPL 2020/2021, Manchester City kembali kalah di kandang sendiri. Saat itu, giliran Chelsea yang meraih kemenangan 2-1 meski The Blues sempat tertinggal lebih dahulu. Beruntung, kekalahan itu tak berpengaruh banyak bagi Manchester City karena gelar juara EPL sudah hampir mereka amankan.

Chelsea sendiri terbukti jadi momok bagi Manchester City menjelang akhir musim 2020/2021. Selain menang di EPL, Chelsea juga menyisihkan Manchester City di semifinal Piala FA. Puncaknya, The Blues memupuskan asa juara Liga Champions Manchester City dengan mengalahkan mereka 1-0 di partai final.

Baca Juga: 5 Bintang Klub Big Six EPL yang Absen di Piala Dunia 2022

3. Crystal Palace

5 Klub Terakhir yang Kalahkan Manchester City di Etihad StadiumManchester City melawan Crystal Palace di EPL 2021/2022. (premierleague.com)

Performa Manchester City di EPL 2021/2022 lebih solid daripada musim sebelumnya. Mereka meraih gelar juara dengan 93 poin dan 99 gol. Namun, dua kekalahan sempat diderita Manchester City di kandang sendiri, yang pertama dari Crystal Palace.

Bertandang ke Etihad Stadium pada pekan ke-10 EPL, Crystal Palace sukses memukul Manchester City 2-0. Kartu merah yang diterima Aymeric Laporte menjadi salah satu sebab kekalahan itu. Pada pertemuan kedua di EPL musim tersebut, Palace pun sukses menahan imbang Manchester City 0-0.

4. Tottenham Hotspur

5 Klub Terakhir yang Kalahkan Manchester City di Etihad StadiumManchester City melawan Tottenham Hotspur di EPL 2021/2022. (premierleague.com)

Setelah kalah dari Crystal Palace, Manchester City sempat mengamuk di EPL. Mereka melalui 15 laga dengan hasil 14 kemenangan dan 1 imbang. Namun, rekor tersebut patah kala Etihad Stadium disambangi Tottenham Hotspur pada pekan ke-26 EPL.

Tottenham meraih kemenangan dramatis 3-2 melalui gol pada menit terakhir laga. Hasil tersebut memastikan Tottenham meraih double atas Manchester City di EPL 2021/2022. Pada pertemuan pertama kedua klub di EPL 2021/2022, Tottenham juga sukses mencuri kemenangan 1-0.

5. Brentford

5 Klub Terakhir yang Kalahkan Manchester City di Etihad StadiumManchester City melawan Brentford di EPL 2022/2023. (skysports.com)

Brentford menjadi klub terbaru yang sukses mengalahkan Manchester City di EPL Stadium. Sebelum laga, Manchester City jelas diunggulkan untuk menumbangkan Brentford. Jalannya laga pun menunjukkan bahwa Manchester City amat dominan dengan penguasaan bola hampir 75 persen.

Namun, sepak bola memang penuh kejutan. Brentford justru berhasil menang 2-1 melalui dua gol Ivan Toney. Toney seakan ingin menegaskan bahwa Timnas Inggris salah karena tak membawanya ke Piala Dunia 2022. Sementara, bagi Brentford, ini adalah kemenangan pertama mereka atas Manchester City sejak 1989.

Lima kekalahan dari klub-klub di atas dialami Manchester City di Premier League. Namun, Manchester City terbukti tetap bisa keluar sebagai juara dalam dua edisi terakhir. Apakah musim ini sejarah tersebut bakal berulang?

Baca Juga: 5 Fakta Manchester City vs Brentford di GW16 EPL 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya