7 Mantan Pemain FC Porto yang Bela Klub Besar Eropa pada 2021/2022

Termasuk Luis Diaz yang baru pindah ke Liverpool

FC Porto adalah salah satu klub terbesar yang bermain di Liga Portugal. Mereka juga kerap dipandang sebagai tim kuat di Eropa, dan itu terbukti dari beberapa trofi Eropa yang mereka miliki.

Tentu, sukses Porto lepas dari andil para pemain hebat yang pernah membela mereka. Beberapa pemain yang pernah berseragam FC Porto kini sudah pindah dan membela klub besar di liga top Eropa.

Itu membuktikan bahwa banyak mantan pemain FC Porto yang punya kualitas mumpuni. Inilah tujuh pemain di antaranya yang membela klub besar Eropa pada musim 2021/2022.

1. Danilo (Juventus)

7 Mantan Pemain FC Porto yang Bela Klub Besar Eropa pada 2021/2022Danilo (instagram.com/daniluiz2)

Danilo adalah bek asal Brasil yang membela Juventus sejak 2019. Sebelumnya, ia juga pernah membela Real Madrid dan Manchester City.

Hebatnya, Danilo berhasil meraih trofi liga bersama ketiga klub tersebut, sehingga menjadi salah satu dari sedikit pemain yang pernah juara Liga Spanyol, Inggris, dan Italia. Sebelum meraih sukses di liga-liga top Eropa, Danilo juga pernah bermain untuk FC Porto pada 2012 hingga 2015.

Ia mencatat 140 laga bersama Porto, dengan 12 gol dan 16 assists. Penampilan hebatnya bersama Porto itulah yang membuat Danilo bisa melanglang buana ke berbagai klub raksasa.

2. Diogo Dalot (Manchester United)

7 Mantan Pemain FC Porto yang Bela Klub Besar Eropa pada 2021/2022Diogo Dalot (instagram.com/diogodalot)

Sementara Diogo Dalot adalah produk asli akademi FC Porto. Bek kanan asal Portugal ini lulus dari akademi Porto pada 2017, tetapi akhirnya ia hanya sempat membela Porto pada musim 2017/2018 saja.

Hanya 8 penampilan yang sempat Dalot mainkan bersama Porto, dengan sumbangan 3 assists. Manchester United bergerak cepat memboyong Dalot pada 2018.

Dalot kemudian sempat kesulitan mendapat tempat di tim utama MU, tetapi musim 2021/2022 ia mulai jadi andalan. Sejauh ini, Dalot sudah tampil 51 kali bagi MU di semua ajang dan mencetak 1 gol serta 3 assists.

Baca Juga: Liverpool Dapat Diskon Besar saat Gaet Bintang Porto

3. Felipe (Atletico Madrid)

7 Mantan Pemain FC Porto yang Bela Klub Besar Eropa pada 2021/2022Felipe (instagram.com/felipe.augusto)

Felipe adalah bek tengah asal Brasil yang menghabiskan sebagian besar kariernya di negaranya sendiri. Ia baru mulai berkarier di Eropa pada 2016 ketika diboyong FC Porto dari Corinthians.

Ternyata, Felipe berhasil tampil apik bersama Porto. Ia mendapat kesempatan tampil 142 kali di semua ajang hanya dalam tiga musim. Atletico Madrid pun kepincut dan mendatangkan Felipe pada 2019.

Ia berhasil mempertahankan performanya sehingga dipercaya jadi bek inti Atletico hingga kini. Sudah hampir seratus laga dimainkan Felipe bersama Atletico di semua ajang, plus raihan trofi LaLiga musim 2020/2021 lalu.

4. Eder Militao (Real Madrid)

7 Mantan Pemain FC Porto yang Bela Klub Besar Eropa pada 2021/2022Eder Militao (instagram.com/edermilitao)

Bersamaan dengan kepindahan Felipe ke Atletico Madrid pada 2019, Real Madrid juga merekrut seorang bek tengah dari FC Porto. Ia adalah Eder Militao, yang saat itu baru berusia 19 tahun.

Militao sendiri sebenarnya baru mulai bermain di Eropa sejak 2018, tetapi penampilan apiknya bersama Porto membuatnya langsung diboyong Real Madrid. Dalam dua musim pertamanya di Madrid, Militao memang lebih sering menjadi pelapis.

Namun, musim 2021/2022 ini ia mulai dipercaya menjadi bek inti. Militao bahkan baru dua kali absen di semua ajang sepanjang musim ini. Jika konsisten, tentu Militao bisa terus jadi andalan di lini belakang Real Madrid.

5. Alex Telles (Manchester United)

7 Mantan Pemain FC Porto yang Bela Klub Besar Eropa pada 2021/2022Alex Telles (instagram.com/alextelles13)

Diogo Dalot bukan satu-satunya mantan pemain FC Porto yang dimiliki Manchester United saat ini. Ada pula Alex Telles, bek asal Brasil yang biasa bermain di sisi kiri. Telles cukup lama membela Porto, tepatnya pada 2016 hingga 2020.

Telles sangat diandalkan oleh Porto, bahkan ia bermain rata-rata 48 kali per musim. Ketika pindah ke MU pada 2020, Telles tak langsung jadi pemain inti Setan Merah.

Namun, musim 2021/2022 ini ia mulai lebih sering diandalkan. Sejauh ini, Telles sudah bermain 36 kali bagi MU di semua ajang.

6. Danilo Pereira (Paris Saint-Germain)

7 Mantan Pemain FC Porto yang Bela Klub Besar Eropa pada 2021/2022Danilo Pereira (instagram.com/iamdanilopereira)

Musim 2021/2022 ini FC Porto juga harus ditinggal beberapa pemain yang pindah ke klub besar di liga top Eropa. Pertama adalah Danilo Pereira.

Bek asal Portugal ini musim lalu sudah dipinjamkan ke Paris Saint-Germain. Ia lalu dipermanenkan oleh PSG pada awal musim 2021/2022 dengan harga 16 juta euro alias Rp264 miliar.

Tak mengherankan, jika Danilo akhirnya dibeli oleh PSG, karena ia memang bisa diandalkan selama masa peminjaman. Sejauh ini, Danilo sudah tampil 64 kali di semua ajang bagi PSG dan menyumbangkan 4 gol.

7. Luis Diaz (Liverpool)

7 Mantan Pemain FC Porto yang Bela Klub Besar Eropa pada 2021/2022Luis Diaz (instagram.com/liverpoolfc)

Luis Diaz jadi pemain terbaru yang pindah dari FC Porto dan bergabung dengan klub besar Eropa. Winger asal Kolombia ini baru saja diboyong oleh Liverpool pada bursa transfer musim dingin 2021/2022.

The Reds dikabarkan mesti merogoh kocek 45 juta euro alias Rp743 miliar demi mendatangkan Luis Diaz ke Anfield. Luis Diaz sendiri sebelumnya membela Porto selama total 2,5 musim. Ia mencatat 125 penampilan di semua ajang dan mencetak 41 gol serta 19 assists.

Statistik itu menandakan bahwa Luis Diaz berpotensi jadi pemain andalan Liverpool. Bisakah ia langsung beradaptasi dan tampil apik bersama klub barunya?

 

Tujuh pemain di atas pernah membela FC Porto, dan kini mereka sudah bergabung dengan klub besar liga top Eropa. Akankah ada lagi bintang-bintang FC Porto yang berlabuh di klub besar Eropa pada masa depan?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Porto ke Klub Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya