5 Mantan Pemain Bintang Serie A Italia yang Bermain di MLS 2022

Ada yang baru bergabung pada musim panas 2022

Major League Soccer (MLS) adalah liga sepak bola Amerika Serikat yang bergulir sejak 1996. Pamor liga ini tentu tak sebesar liga-liga di Eropa atau bahkan Amerika Selatan. Namun, MLS tetap memiliki daya tarik tersendiri, terutama untuk para pemain yang sudah mendekati akhir kariernya.

Sejak dulu, sudah banyak pemain top yang memilih berkarier di MLS setelah meraih banyak sukses di Eropa. Begitu pula pada musim MLS 2022. Saat ini, ada setidaknya lima eks pemain bintang Serie A Italia yang sedang bermain di MLS. Siapa saja mereka?

1. Alexandre Pato

5 Mantan Pemain Bintang Serie A Italia yang Bermain di MLS 2022Alexandre Pato (instagram.com/pato)

Alexandre Pato adalah striker asal Brasil yang paling populer saat bermain di Serie A Italia bersama AC Milan. Pato membela Milan pada 2007–2013 dan mencetak 63 gol dalam 150 laga di semua ajang. Ia juga sempat terpilih sebagai Golden Boy 2009 saat membela Milan dan meraih Scudetto 2010/2011.

Sayangnya, karier Pato belakangan diganggu cedera menahun yang membuatnya gagal bersinar lagi di Eropa. Pato pun meninggalkan Eropa pada 2017 dan saat ini membela Orlando City di MLS sejak 2021. Sejauh ini, Pato sudah mencatat 32 penampilan bersama Orlando di semua ajang, tetapi baru membuat 4 gol.

2. Douglas Costa

5 Mantan Pemain Bintang Serie A Italia yang Bermain di MLS 2022Douglas Costa (instagram.com/douglascosta)

Douglas Costa juga pemain asal Brasil yang pernah sukses di Serie A Italia. Costa membela Juventus pada 2017–2022, awalnya sebagai pinjaman kemudian dipermanenkan.

Bersama Juve, pemain berposisi gelandang ini tampil 103 kali di semua ajang dan mencetak 10 gol serta 21 assists. Costa juga sukses mengangkat 5 trofi bareng Bianconeri, termasuk 3 Scudetto.

Saat ini, Costa sudah meninggalkan Juventus dan membela LA Galaxy di MLS. Ia dipinjam pada awal 2022, kemudian bergabung secara permanen pada musim panas. Sejauh ini, Costa sudah tampil 20 kali bareng klub barunya.

Baca Juga: 8 Mantan Pemain Juventus yang Pindah ke MLS Sebelum Chiellini

3. Giorgio Chiellini

5 Mantan Pemain Bintang Serie A Italia yang Bermain di MLS 2022Giorgio Chiellini (instagram.com/giorgiochiellini)

Ada pula tiga pemain asal Italia yang baru bergabung dengan klub MLS pada musim panas 2022. Salah satunya Giorgio Chiellini, bek tengah yang pernah menjadi kapten Juventus dan Timnas Italia.

Chiellini membela Juve pada 2004–2022 dan menjadi salah satu pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah mereka. Karier Chiellini di Juventus juga dihiasi 19 trofi mayor, termasuk 9 Scudetto.

Kini, pengabdian Chiellini kepada Juve akhirnya usai. Ia telah merapat ke Los Angeles FC secara gratis. Meski sudah berusia 38 tahun, Chiellini cukup diandalkan klub barunya dan telah bermain lima kali di MLS sejauh ini.

4. Federico Bernardeschi

5 Mantan Pemain Bintang Serie A Italia yang Bermain di MLS 2022Federico Bernardeschi (instagram.com/torontofc)

Federico Bernardeschi juga meninggalkan Juventus dan hijrah ke MLS pada musim panas 2022. Tepatnya, pemain berposisi gelandang atau penyerang ini bergabung dengan FC Toronto, klub asal Kanada yang bermain di MLS. Sejak bergabung, Bernardeschi sudah bermain 8 kali dan mencetak 5 gol serta 3 assists.

Bernardeschi sendiri bermain bersama Juventus pada 2017–2022. Ia sukses jadi andalan hingga mencatat 183 penampilan di semua ajang. Bernardeschi pun menjadi bagian penting sukses Juve meraih 7 trofi, termasuk 3 Scudetto.

5. Lorenzo Insigne

5 Mantan Pemain Bintang Serie A Italia yang Bermain di MLS 2022Lorenzo Insigne (instagram.com/torontofc)

Satu lagi pemain Italia yang baru bergabung ke klub MLS pada musim panas 2022 adalah Lorenzo Insigne. Insigne adalah striker yang sebelumnya selalu membela Napoli sejak awal berkarier. Tepatnya, Insigne berkostum Napoli sejak 2010, dan ia mencatat total 434 penampilan di semua ajang.

Jumlah itu membuat Insigne menjadi salah satu pemain Napoli dengan penampilan terbanyak sepanjang masa. Namun, Insigne akhirnya pergi dari Napoli. Seperti Bernardeschi, ia bergabung dengan Toronto FC di MLS. Sejauh ini, Insigne pun sudah tampil 8 kali bagi Toronto dan mencetak 4 gol.

 

Lima pemain di atas pernah sukses bermain di Serie A Italia. Sebagian besar bahkan sukses memenangi Scudetto. Maka, kehadiran mereka di MLS musim 2022 pasti akan membuat kompetisi ini makin menarik untuk disaksikan!

Baca Juga: 6 Pemain Liga Eropa yang Gabung MLS pada Musim Panas 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya