6 Negara Amerika Selatan yang Tampil di Piala Dunia Tanpa Juara

Salah satunya berlaga di Piala Dunia 2022

Piala Dunia hanya pernah dimenangi oleh negara-negara Eropa dan Amerika Selatan. Negara Eropa yang pernah juara dunia adalah Jerman, Italia, Prancis, Inggris, dan Spanyol. Sementara, Amerika Selatan pernah berjaya melalui Brasil, Argentina, dan Uruguay.

Selain ketiga negara tersebut, Amerika Selatan sebenarnya pernah mengirimkan enam wakil lain ke Piala Dunia. Sayangnya, mereka belum berhasil menjadi juara. Inilah negara Amerika Selatan yang tampil di Piala Dunia tanpa juara.

1. Chile (9 kali tampil)

6 Negara Amerika Selatan yang Tampil di Piala Dunia Tanpa JuaraTimnas Chile di Piala Dunia 1962 (fifa.com)

Negara Amerika Selatan dengan penampilan terbanyak keempat di Piala Dunia adalah Chile. Chile merupakan salah satu negara peserta Piala Dunia perdana pada 1930. Sejak itu, mereka sudah pernah sembilan kali berlaga di Piala Dunia.

Capaian terbaik Chile di Piala Dunia adalah menjadi juara ketiga pada 1962. Faktor tuan rumah jadi salah satu kunci keberhasilan mereka saat itu. Sayangnya, Chile sudah absen dalam dua edisi Piala Dunia terakhir, yaitu Piala Dunia 2018 Rusia dan Piala Dunia 2022 Qatar.

2. Paraguay (8 kali tampil)

6 Negara Amerika Selatan yang Tampil di Piala Dunia Tanpa JuaraParaguay melawan Spanyol di perempat final Piala Dunia 2010. (fifa.com)

Paraguay sudah delapan kali berlaga di Piala Dunia. Namun, penampilan terbaru mereka sudah cukup lama terjadi, yaitu pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Saat itu, Paraguay sukses melaju ke perempat final sebelum dihentikan oleh Spanyol yang akhirnya jadi juara.

Capaian pada 2010 itu sekaligus jadi prestasi terbaik Paraguay di Piala Dunia. Sayangnya, setelah itu, mereka malah belum berhasil lolos lagi ke Piala Dunia. Pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Paraguay hanya finis di urutan kedelapan klasemen akhir.

3. Kolombia (6 kali tampil)

6 Negara Amerika Selatan yang Tampil di Piala Dunia Tanpa JuaraPara pemain Kolombia merayakan gol di Piala Dunia 2014. (fifa.com)

Berikutnya, ada Kolombia, yang debut di Piala Dunia pada Piala Dunia 1962 Chile. Sejak itu, mereka telah berlaga dalam enam edisi Piala Dunia. Prestasi terbaik Los Cafeteros adalah mencapai babak perempat final Piala Dunia 2014 Brasil.

Saat itu, gelar top skor Piala Dunia bahkan diraih pemain Kolombia, James Rodriguez. Mereka juga berlaga di Piala Dunia 2018, tetapi hanya sampai babak 16 besar. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kolombia gagal melaju karena hanya finis di peringkat keenam.

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

4. Peru (5 kali tampil)

6 Negara Amerika Selatan yang Tampil di Piala Dunia Tanpa Juaraskuad Timnas Peru di Piala Dunia 2018 (fifa.com)

Negara yang finis di peringkat kelima kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan adalah Peru. Dengan demikian, mereka harus melakoni babak playoff melawan Australia untuk lolos ke Piala Dunia 2022. Sayangnya, Peru gagal lolos setelah dikalahkan Austalia melalui adu penalti.

Alhasil, jumlah penampilan Peru di Piala Dunia masih mentok di angka lima. Langkah terjauh mereka adalah mencapai perempat final pada edisi 1970 Meksiko dan 1978 Argentina. Sementara, penampilan terbaru Peru adalah Piala Dunia 2018, yang berakhir hanya sampai fase grup.

5. Ekuador (4 kali tampil)

6 Negara Amerika Selatan yang Tampil di Piala Dunia Tanpa JuaraPara pemain Ekuador merayakan gol ke gawang Qatar di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Ekuador menjadi satu-satunya negara di daftar ini yang akan tampil di Piala Dunia 2022. Itu adalah edisi keempat bagi Ekuador sejak debut di Piala Dunia 2002 Korea/Jepang. Sejauh ini, capaian terbaik Ekuador adalah babak 16 besar di edisi 2006 Jerman.

Tahun ini, Ekuador berpeluang untuk setidaknya menyamai prestasi tersebut. Mereka mengawali Piala Dunia 2022 dengan apik, menang 2-0 atas tuan rumah Qatar. Berikutnya, Ekuador bakal menghadapi Belanda, lalu menutup fase grup dengan melawan Senegal.

6. Bolivia (3 kali tampil)

6 Negara Amerika Selatan yang Tampil di Piala Dunia Tanpa JuaraBolivia melawan Jerman di Piala Dunia 1994. (fifa.com)

Satu lagi negara Amerika Selatan yang pernah tampil di Piala Dunia adalah Bolivia. Mereka merupakan salah satu peserta edisi perdana Piala Dunia pada 1930. Namun, setelah itu mereka hanya pernah lolos lagi ke Piala Dunia 1950 Brasil dan Piala Dunia 1994 Amerika Serikat.

Langkah Bolivia di Piala Dunia juga selalu terhenti pada putaran pertama. La Verde bahkan belum pernah menang di Piala Dunia dan baru mencetak satu gol. Meski demikian, setidaknya prestasi mereka masih lebih baik dibanding Venezuela, satu-satunya negara Amerika Selatan yang belum pernah lolos ke Piala Dunia.

Dari enam negara di atas, hanya Ekuador yang akan berlaga di Piala Dunia 2022. Untuk menjadi juara memang sulit, tetapi Ekuador tetap berpeluang membuat kejutan. Jika berhasil, mereka bakal turut mengangkat nama Amerika Selatan bersama dengan Brasil, Argentina, dan Uruguay.

Baca Juga: 5 Pemain Dengan Lari Tercepat di Piala Dunia 2022, Whuuuuzzz 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya