3 Pelatih Menangi Scudetto Perdana dalam 4 Musim Terakhir, Siapa Saja?

Luciano Spalletti terbaru

Napoli sudah resmi jadi juara Serie A Italia 2022/2023. Kota Napoli pun larut dalam pesta juara. Bagi Napoli sendiri, itu adalah scudetto ketiga dalam sejarah mereka. Namun, bagi anggota skuad I Partenopei musim ini, itu baru kali pertama mereka meraih trofi Serie A.

Bahkan, Luciano Spalletti sang pelatih Napoli pun baru kali ini meraih scudetto dalam kariernya. Uniknya, Spalletti menjadi pelatih ketiga yang memenangi scudetto perdana dalam 4 musim terakhir. Termasuk Spalletti, inilah ketiga pelatih tersebut.

1. Maurizio Sarri

3 Pelatih Menangi Scudetto Perdana dalam 4 Musim Terakhir, Siapa Saja?Maurizio Sarri (juventus.com)

Pada musim 2019/2020, gelar juara Serie A Italia jatuh ke tangan Juventus. Itu adalah scudetto kesembilan yang diraih Juventus secara beruntun. Namun, kali itu ada sosok berbeda di kursi pelatih Si Nyonya Besar, yaitu Maurizio Sarri.

Sarri baru ditunjuk menjadi pelatih Juventus pada awal 2019/2020. Ia menggantikan Massimilano Allegri, pelatih yang sukses membawa Juventus meraih lima scudetto. Sementara, Sarri saat itu datang dengan capaian terbaik runner-up Serie A saat menangani Napoli.

Selain jadi scudetto pertama, trofi Serie A bareng Juventus juga adalah trofi mayor pertama Sarri di Italia. Padahal, ia sudah melatih di Italia sejak 1990. Sarri juga saat itu tercatat sebagai pelatih tertua yang memenangi scudetto dengan usia 61 tahun.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda AC Milan sejak Ditangani Stefano Pioli, Siapa Saja?

2. Stefano Pioli

3 Pelatih Menangi Scudetto Perdana dalam 4 Musim Terakhir, Siapa Saja?Stefano Pioli (acmilan.com)

Stefano Pioli juga meraih scudetto pertamanya setelah puluhan tahun melatih di Italia. Ia memenanginya pada musim 2021/2022 bersama AC Milan. Selain jadi scudetto pertama, itu juga adalah trofi mayor pertama Pioli sebagai pelatih.

Sebelum membesut AC Milan, Pioli sudah sempat menangani beberapa klub top Italia. Di antaranya adalah Lazio, Inter Milan, dan Fiorentina. Namun, Pioli gagal meraih gelar juara bersama mereka.

Saat ini, Pioli masih dipercaya menangani AC Milan. Pelatih berusia 57 tahun itu masih berpeluang membawa AC Milan meraih trofi musim 2022/2023 ini. Rossoneri sudah mencapai semifinal Liga Champions Eropa dan akan menghadapi Inter Milan demi merebut tiket ke partai puncak.

3. Luciano Spalletti

3 Pelatih Menangi Scudetto Perdana dalam 4 Musim Terakhir, Siapa Saja?Luciano Spalletti (sscnapoli.it)

Luciano Spalletti menjadi pelatih terbaru yang meraih scudetto perdana dalam kariernya. Ia mengantarkan Napoli juara Serie A 2022/2023. Spalletti akhirnya meraih scudetto pertamanya 30 tahun setelah menjadi pelatih pada 1993.

Sebelumnya, Spalletti hanya pernah memenangi Coppa Italia dan Piala Super Italia. Ia juga beberapa kali membawa tim asuhannya bersaing jadi juara Serie A. Namun, capaian terbaiknya hanyalah empat kali jadi runner-up.

Kini, Spalletti sukses menghapus julukan Mr Runner-up yang melekat kepadanya. Kesuksesan Spalletti membawa Napoli juara juga disertai rekor. Dengan usia 64 tahun, Spalletti menggeser Maurizio Sarri sebagai pelatih tertua yang memenangi scudetto.

Tiga pelatih di atas sukses memenangi scudetto perdana setelah puluhan tahun berkarier. Itu bukti terkadang kesuksesan baru datang setelah perjuangan yang begitu lama. Kisah mereka patut dijadikan inspirasi.

Baca Juga: 5 Klub yang Ditangani Luciano Spalletti sebelum Napoli, Apa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya