Comscore Tracker

5 Pemain Anyar Klub Super Lig Turki yang Diboyong dari Premier League

Tiga di antaranya bergabung dengan Besiktas

Super Lig Turki 2022/2023 sudah dimulai sejak 5 Agustus 2022. Ada 19 klub yang ikut serta, tidak seperti kompetisi musim sebelumnya yang diikuti 20 klub. Sama seperti liga-liga lain di Eropa, Liga Turki masih membuka bursa transfer musim panas, sehingga lalu lintas transfer pemain masih terus terjadi.

Meski tidak termasuk liga top Eropa, Super Lig Turki tetap memiliki daya tarik tersendiri. Sejumlah pemain pun tak ragu untuk bergabung dari liga-liga top, termasuk Premier League Inggris. Lima pemain berikut ini telah dipastikan bergabung dari Premier League ke Liga Turki pada musim panas 2022.

1. Trezeguet

5 Pemain Anyar Klub Super Lig Turki yang Diboyong dari Premier LeagueTrezeguet bergabung dengan Trabzonspor. (instagram.com/mahmoudtrezeguet)

Trabzonspor sang juara bertahan Super Lig sejauh ini baru mendatangkan lima pemain anyar pada musim panas 2022. Salah satunya adalah Trezeguet, winger asal Mesir yang direkrut dari Aston Villa. Pemain bernama asli Mahmoud Ahmed Ibrahim Hassan ini digaet dengan harga 4 juta euro atau Rp61 miliar.

Bagi Trezeguet, Super Lig Turki bukanlah liga yang asing. Ia pernah bermain di sana bersama Kasimpasa sebelum bergabung dengan Aston Villa. Bahkan, pada 2021/2022 lalu pun ia sempat jadi pinjaman di Istanbul Basaksehir selama separuh musim.

Selama bermain di Super Lig, Trezeguet mencatat 78 penampilan dengan 28 gol dan 20 assists. Jelas, ia bakal jadi aset berharga bagi Trabzonspor. Trezeguet sudah turut membawa Trabzonspor memenangi Piala Super Turki 2022, dan bisa membantu mereka mempertahankan gelar juara liga.

2. Romain Saiss

5 Pemain Anyar Klub Super Lig Turki yang Diboyong dari Premier LeagueRomain Saiss (instagram.com/romain.saiss.27)

Sementara, Besiktas adalah juara Super Lig 2020/2021. Namun, musim 2021/2022 lalu mereka turun ke posisi keenam. Besiktas pun bergerak aktif di bursa transfer musim panas 2022. Mereka bahkan mendatangkan tiga pemain dari Premier League, termasuk Romain Saiss dari Wolverhampton Wanderers.

Saiss adalah bek asal Maroko yang juga bisa menjadi gelandang. Ia merapat ke Besiktas secara gratis karena kontraknya bersama Wolves sudah habis.

Selama membela Wolves, Saiss bermain 206 kali di semua ajang dan menyumbangkan 15 gol. Saiss mendapat kontrak 2 tahun di Besiktas alias hingga 2024.

Baca Juga: 10 Pemain Asing Top yang Pernah Juara Liga Turki, Siapa Saja?

3. Cenk Tosun

5 Pemain Anyar Klub Super Lig Turki yang Diboyong dari Premier LeagueCenk Tosun (instagram.com/cenktosun14)

Besiktas juga memulangkan Cenk Tosun, striker asal Turki dari Everton. Bagi Tosun, Besiktas sama sekali tidak asing karena ia pernah membela Besiktas pada 2014–2018, serta sebagai pinjaman pada 2021.

Selama periode tersebut, Tosun mencetak 67 gol dalam 144 penampilan di semua ajang bagi Besiktas. Karena bersinar bareng Besiktas, Tosun pun diboyong Everton pada 2018.

Sayangnya, ia terbilang gagal bersama The Toffees, dengan torehan hanya 11 gol dalam 61 laga. Kini, Tosun sudah kembali ke Besiktas secara gratis. Menarik ditunggu apakah ia bisa mengulang ketajamannya setelah kembali ke Turki.

4. Arthur Masuaku

5 Pemain Anyar Klub Super Lig Turki yang Diboyong dari Premier LeagueArthur Masuaku (instagram.com/masuaku26)

Ada pula pemain yang diboyong Besiktas dari Premier League hanya sebagai pinjaman. Ia adalah Arthur Masuaku, bek kiri asal RD Kongo.

Masuaku dipinjam dari West Ham United, klub yang telah ia bela sejak 2016. Masuaku memang kerap dijasikan pelapis di West Ham dalam beberapa musim terakhir.

Sementara bersama Besiktas, tampaknya Masuaku akan diproyeksikan jadi pemain inti. Ia sudah bermain penuh pada laga pertama Besiktas di Super Lig 2022/2023. Debut Masuaku bersama Besiktas itu sendiri berakhir manis dengan kemenangan 1-0 atas Kayserispor.

5. Lucas Torreira

5 Pemain Anyar Klub Super Lig Turki yang Diboyong dari Premier LeagueLucas Toreira (instagram.com/ltorreira34)

Galatasaray saat ini masih berstatus klub tersukses di Super Lig Turki dengan 22 trofi. Namun, musim 2021/2022 lalu mereka tampil amat buruk hingga berakhir di posisi ke-13. Galatasaray pun segera berbenah dengan mendatangkan banyak pemain anyar pada bursa transfer musim panas 2022.

Pemain termahal yang mereka beli adalah Lucas Torreira. Torreira diboyong dari Arsenal dengan harga 6 juta euro atau Rp91 miliar. Gelandang asal Uruguay itu membela Arsenal sejak 2018, dan sempat jadi andalan di lini tengah The Gunners.

Namun, dalam dua musim terakhir Torreira terusir dari skuad Arsenal. Ia dipinjamkan ke dua klub, termasuk Fiorentina pada musim lalu. Kini, pengabdian Torreira kepada Arsenal pun berakhir dengan catatan 89 penampilan di semua ajang serta raihan 1 trofi Piala FA.

 

Super Lig Turki 2022/2023 bakal diramaikan kedatangan lima pemain di atas dari Premier League Inggris. Kebetulan, mereka semua bergabung dengan klub yang berpeluang jadi juara. Adakah dari antara mereka yang bakal mengangkat trofi Super Lig pada akhir musim nanti?

Baca Juga: 5 Pemain Top Eropa yang Kini Berlaga di Liga Turki, Ada Balotelli

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya