Comscore Tracker

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Premier League 

Didominasi pemain asal Korea Selatan 

Liga Primer Inggris adalah salah satu liga terbaik dan terpopuler di dunia. Pemain-pemain bintang dari berbagai belahan dunia berlomba-lomba untuk bisa bermain di liga ini. Maka adalah suatu kebanggaan jika seorang pemain bisa bermain di Premier League, apalagi jika sampai dipercaya tampil hingga ratusan kali.

Kebanyakan pemain yang mencatat banyak penampilan di Premier League tentu adalah pemain-pemain Eropa dan Amerika Latin, yang memang terkenal gudangnya pemain berkualitas. Tapi bagaimana dengan pemain asal Asia? Ternyata ada juga lho, yang punya catatan penampilan luar biasa di Premier League. Ini dia 5 nama dengan jumlah penampilan terbanyak.

5. Sun Jihai (123 penampilan) 

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Premier League dreamteamfc.com

Penonton Premier League saat ini mungkin tak banyak yang masih ingat pada Sun Jihai. Bek asal Tiongkok ini pernah membela salah satu klub besar yaitu Manchester City, namun pengabdiannya terjadi pada periode dimana City masih menjadi tim semenjana. Meski begitu, Sun tetap tercatat sebagai salah satu pemain Asia yang ikonik di Premier League.

Selama 6 musim membela City pada 2002-2008, situs resmi Premier League mencatat bahwa Sun total bermain 123 kali. Sebagai bek, Sun hanya mencetak 3 gol dalam periode itu, tapi ia tercatat sebagai pemain Asia Timur pertama yang mencetak gol di Premier League, tepatnya pada 2002.

4. Park Ji-sung (154 penampilan) 

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Premier League football-tribe.com

Penggemar Premier League khususnya fans Manchester United pasti kenal betul gelandang bertenaga kuda asal Korea Selatan ini. Park Ji Sung bisa dibilang sebagai pemain Asia tersukses di Eropa, dimana ia membela Manchester United selama 7 musim dan meraih 11 trofi, termasuk Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

Soal penampilan sendiri, Park mencatat 154 laga bersama Setan Merah di Premier League. Ia juga menyumbang 19 gol sehingga tercatat sebagai pemain Asia tersubur kedua sepanjang sejarah Premier League. Dan tentunya ia juga pemain Asia yang paling sering mengangkat trofi Premier League, yaitu 4 kali.

3. Maya Yoshida (154 penampilan) 

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Premier League sport360.com

Dengan jumlah penampilan sama dengan Park, berikutnya ada Maya Yoshida, bek asal Jepang yang menghabiskan 8 musim membela Southampton sejak 2012. Musim 2020-21 ini sendiri Yoshida masih tercatat sebagai pemain Southamption, namun ia tengah dipinjamkan ke Sampdoria di Italia. Maka untuk sementara catatan penampilannya tertahan di angka 154.

Jumlah tersebut membuat Yoshida tercatat sebagai pemain Jepang dengan jumlah penampilan terbanyak di Premier League. Bersama Southampton sendiri ia memang belum pernah meraih trofi, tapi Yoshida turut serta membuat Southampton sempat disegani dalam 5 musim pertamanya di klub, sebelum mulai menurun dalam 3 musim terakhir.

Baca Juga: 8 Pemain Asia yang Pernah Juara di Liga Top Eropa 

2. Son Heung-min (161 penampilan)  

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Premier League premierleague.com

Posisi kedua ditempati Son Heung-min, bintang Tottenham Hotspur yang saat ini disebut-sebut sebagai pemain Asia terbaik di liga top Eropa. Membela Tottenham sejak 2015, Son turut berperan besar mengangkat performa Spurs jadi salah satu klub yang disegani di Inggris bahkan Eropa.

Saat ini Son untuk sementara sudah 161 kali bermain di Premier League. Ia juga sudah mencetak 53 gol dan 29 assist, sehingga menjadikannya pemain Asia tersubur sepanjang sejarah liga ini. Melihat performa dan usianya yang masih muda, besar kemungkinan jumlah itu akan terus bertambah.

1. Ki Sung-yueng (187 penampilan)  

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Premier League walesonline.co.uk

Dan inilah pemain yang saat ini tercatat sebagai pesepakbola Asia dengan penampilan terbanyak di Premier League. Berposisi gelandang, Ki sudah pernah bermain untuk 3 klub Inggris, yaitu Swansea City, Newcastle United, dan Sunderland sebagai pemain pinjaman. Yang terlama ia bela adalah Swansea, tepatnya selama 6 musim sejak 2012.

Selama merumput di Inggris, Ki berhasil mencatat 187 penampilan, terbanyak bagi seorang pemain Asia untuk sementara. Sementara jumlah golnya 15, dengan tambahan 9 asisst. Saat ini sendiri Ki sudah pulang kembali ke kampung halamannya dan bermain untuk FC Seoul sehingga besar kemungkinan jumlah penampilannya di Premier League tak akan bertambah.

Itulah 5 pemain Asia dengan jumlah penampilan terbanyak di Premier League. Dari antara mereka, siapa yang paling kamu favoritkan?

Baca Juga: Termasuk Son, 5 Pemain Asia Terbaik yang Berkiprah di Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya