5 Pemain Asing Napoli dengan Gol Terbanyak, Termasuk Maradona

Victor Osimhen bisa mengejar?

Victor Osimhen sedang mencuat berkat ketajamannya bersama Napoli. Osimhen baru saja merebut gelar top skor Serie A Italia 2022/2023 dengan koleksi 26 gol. Sejak bergabung pada 2020, striker asal Nigeria itu sudah mengoleksi 59 gol bagi Napoli di semua ajang.

Jumlah impresif itu membuat Victor Osimhen berpeluang menjadi salah satu pemain asing tertajam bagi Napoli suatu saat nanti. Syaratnya, ia tentu harus cukup lama bertahan membela Napoli. Sejauh ini, lima pemain asing berikut inilah yang punya catatan gol terbanyak bersama Napoli.

1. Dries Mertens (148 gol)

5 Pemain Asing Napoli dengan Gol Terbanyak, Termasuk MaradonaDries Mertens (twitter.com/SerieA)

Top skor sepanjang masa Napoli ternyata adalah pemain asing. Penyandangnya adalah Dries Mertens, striker asal Belgia. Mertens mencetak 148 gol dalam 397 laga selama membela Napoli medio 2013–2022.

Ketajaman Mertens berbuah 2 trofi Coppa Italia dan 1 Piala Super Italia bagi Napoli. Sayangnya, ia sudah keburu hengkang ketika Napoli meraih scudetto 2022/2023. Kini, Mertens melanjutkan karier di Turki bersama Galatasaray.

Baca Juga: 5 Klub yang Pernah Ditangani Rudi Garcia Sebelum Napoli

2. Marek Hamsik (121 gol)

5 Pemain Asing Napoli dengan Gol Terbanyak, Termasuk MaradonaMarek Hamsik (twitter.com/sscnapoli)

Marek Hamsik berada di urutan ketiga daftar top skor sepanjang masa Napoli. Hamsik adalah eks gelandang asal Slovakia yang memperkuat Napoli pada 2007–2019. Itu termasuk masa jabatannya sebagai kapten I Partenopei pada 2014–2019.

Bersama Napoli, Hamsik mencetak 121 gol dalam 520 penampilan. Ia pun menjadi pemain Napoli dengan penampilan terbanyak sepanjang masa. Kini Hamsik sudah pensiun. Ia baru saja memutuskan gantung sepatu pada usia 35 tahun setelah menyelesaikan musim 2022/2023.

3. Diego Maradona (115 gol)

5 Pemain Asing Napoli dengan Gol Terbanyak, Termasuk MaradonaDiego Maradona mengangkat trofi Piala UEFA. (twitter.com/EuropaLeague)

Berbicara tentang pemain asing yang pernah membela Napoli, nama Diego Maradona tentu terlibat. Sang legenda Argentina pernah membuat keajaiban saat membela Napoli medio 1984–1991. Ia sukses membawa Napoli meraih 5 trofi, termasuk 2 scudetto dan 1 Piala UEFA.

Sebelum dibela Maradona, Napoli belum pernah meraih scudetto atau trofi Eropa sama sekali. Peran Maradona dalam kesuksesan Napoli tersebut sangat besar. Ia bermain 257 kali di semua ajang dengan catatan 115 gol. Ia pun menempati urutan keempat daftar pemain tersubur Napoli sepanjang masa.

4. Edinson Cavani (104 gol)

5 Pemain Asing Napoli dengan Gol Terbanyak, Termasuk MaradonaEdinson Cavani (twitter.com/sscnapoli)

Berikutnya ada Edinson Cavani, pencetak 104 gol bagi Napoli. Jumlah gol Cavani bagi Napoli memang masih kalah dari lima pemain. Namun, rasio gol Cavani jauh lebih baik. Pasalnya, ia mencetak 104 gol itu hanya dalam 138 penampilan selama 3 musim berseragam Napoli.

Cavani pun memegang rekor gol terbanyak bagi Napoli dalam semusim. Itu terjadi pada musim 2012/2013 saat ia mencetak 38 gol di semua ajang. Ketajaman Cavani juga membuahkan satu trofi Coppa Italia bagi Napoli serta satu gelar top skor Serie A bagi dirinya sendiri.

5. Jose Altafini (97 gol)

5 Pemain Asing Napoli dengan Gol Terbanyak, Termasuk MaradonaJose Altafini (kanan) (juventus.com)

Satu lagi pemain asing dengan gol terbanyak bagi Napoli adalah Jose Altafini. Ia adalah striker asal Brasil yang bermain pada dekade 1950-an hingga 1970-an. Jose Altafini merupakan bagian dari skuad Timnas Brasil yang menjuarai Piala Dunia 1958.

Di level klub, Altafini menghabiskan sebagian besar kariernya di Italia. Itu termasuk saat ia memperkuat Napoli medio 1965–1972. Bersama Napoli, Altafini mencetak 97 gol dalam 234 penampilan, tetapi tak berhasil meraih trofi mayor.

Victor Osimhen punya peluang untuk menyalip jumlah gol para pemain di atas. Namun, ia kini tengah menjadi incaran banyak klub besar Eropa. Mungkinkah Osimhen terus bertahan dan menambah koleksi golnya bersama Napoli?

Baca Juga: 4 Pemain Amerika yang Berjasa atas Prestasi Napoli Musim 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya