5 Pemain Belanda yang Mencetak Gol pada Laga Debut bersama Timnas

Termasuk Johan Cruyff

Melakoni debut bersama tim nasional adalah momen spesial bagi pemain sepak bola. Jika sang pemain sukses menghiasi debutnya dengan gol, tentu laga itu akan terasa makin spesial. Meski tak menjamin sukses, gol pada laga debut tentu meningkatkan kepercayaan diri.

Di Timnas Belanda, ada beberapa pemain yang berhasil mencetak gol pada laga debutnya. Ternyata, itu menjadi awal karier internasional yang hebat bagi mereka. Inilah lima pemain Belanda yang mencetak gol pada debut bersama timnas.

1. Johan Cruyff

5 Pemain Belanda yang Mencetak Gol pada Laga Debut bersama TimnasJohan Cruyff (fifa.com)

Johan Cruyff adalah salah satu legenda terbesar sepak bola Belanda, bahkan dunia. Cruyff menikmati karier yang luar biasa sebagai pemain ataupun pelatih. Kebintangannya tak terbatas di level klub, tetapi juga bersama timnas.

Debut Cruyff timnas terjadi pada 1966 saat ia masih berusia 19 tahun. Lakonnya adalah kualifikasi Piala Eropa melawan Hungaria. Cruyff mencetak satu gol yang membuat Belanda unggul 2-0. Namun, mereka akhirnya tertahan imbang 2-2.

Gol tersebut menjadi yang pertama dari total 33 gol Cruyff bagi Tim Oranye. Itu termasuk tiga gol di Piala Dunia 1974 saat Belanda keluar sebagai runner-up. Meski tak pernah membawa Belanda meraih trofi, jasa Cruyff bagi sepak bola negaranya tak bisa dilupakan.

2. Clarence Seedorf

5 Pemain Belanda yang Mencetak Gol pada Laga Debut bersama TimnasClarence Seedorf (twitter.com/EURO2024)

Clarence Seedorf juga merupakan eks pemain Belanda yang legendaris. Ia terutama terkenal dengan kariernya yang luar biasa di level klub. Namun, Seedorf juga punya karier internasional yang membanggakan.

Seedorf melakoni 87 caps bersama timnas selama 1994–2008. Ia mencetak sebelas gol bagi negaranya, termasuk gol pada laga debut melawan Luksemburg. Capaian terbaik Seedorf bersama timnas adalah menjadi juara ketiga Piala Dunia 1998 di Prancis.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola yang Berstatus Mualaf, Partey dan Seedorf Teranyar

3. Klaas-Jan Huntelaar

5 Pemain Belanda yang Mencetak Gol pada Laga Debut bersama TimnasKlaas-Jan Huntelaar (onsoranje.nl)

Klaas-Jan Huntelaar adalah top skor ketiga sepanjang masa Timnas Belanda. Selama 2006–2015, ia mengoleksi 42 gol dalam 76 caps. Ketajaman Huntelaar bersama timnas sudah terlihat pada debutnya melawan Republik Irlandia dalam laga persahabatan.

Pada laga tersebut, Belanda keluar sebagai pemenang dengan skor 4-0. Huntelaar terlibat dalam semua gol Belanda berkat torehan 2 gol dan 2 assist.

Huntelaar sendiri sebenarnya sering kesulitan bersaing dengan striker lain di timnas. Ia lebih sering jadi pelapis, khususnya di turnamen mayor. Tak heran koleksi gol Huntelaar di Piala Dunia dan Piala Eropa cukup minim.

4. Georginio Wijnaldum

5 Pemain Belanda yang Mencetak Gol pada Laga Debut bersama TimnasGeorginio Wijnaldum (fifa.com)

Beberapa pemain aktif Belanda juga mencetak gol pada debut bersama timnas. Salah satunya Georginio Wijnaldum, gelandang pengoleksi 26 gol bagi Tim Oranye. Gol pertama Wijnaldum tercipta dalam laga debutnya melawan San Marino pada 2011.

Saat itu Wijnaldum turun sebagai pengganti dalam 4 menit terakhir laga. Namun, ia masih sempat mencetak gol penutup pada laga tersebut. Itu adalah gol kesebelas dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 11-0 tersebut.

5. Donyell Malen

5 Pemain Belanda yang Mencetak Gol pada Laga Debut bersama TimnasDonyell Malen (onsoranje.nl)

Donyell Malen juga menghiasi debut internasionalnya dengan gol. Bahkan, debut Malen bisa dibilang berjalan sempurna bagi dirinya. Ia mencetak gol yang turut membawa Belanda mengalahkan musuh bebuyutan mereka, Jerman, dengan skor 4-2.

Laga itu sendiri digelar pada 2019 dengan tajuk babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Malen turun sebagai pemain pengganti dan sukses menorehkan gol ketiga negaranya. Malen kemudian tampil menawan di Piala Eropa 2020 meski Belanda akhirnya gagal juara.

 

Mencetak gol pada debut bersama timnas tentu jadi kebanggaan bagi lima pemain di atas. Sayangnya, mereka belum berhasil membawa Timnas Belanda meraih gelar juara. Kapan Tim Oranye bisa menyudahi puasa trofi yang sudah lama mereka alami?

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal PSV Eindhoven, Ada Donyell Malen

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya