5 Pemain Manchester City yang Paling Sering Tampil bareng Timnas

Ada yang sudah meraih trofi bersama timnas

Manchester City sedang sangat dominan di ajang English Premier League (EPL). Hal itu tak mengherankan karena The Citizens punya banyak pemain berkualitas. Skuad Manchester City diisi sejumlah pemain muda potensial serta para pemain senior yang sudah lama bermain di level tertinggi.

Bukan hal yang mengherankan banyak pemain senior Manchester City yang juga menjadi andalan di timnas negaranya masing-masing. Konsistensi permainan jadi faktor kunci mengapa mereka diandalkan negaranya. Inilah lima penggawa Manchester City yang punya jumlah penampilan terbanyak bareng timnas.

1. Kevin De Bruyne (93 caps)

5 Pemain Manchester City yang Paling Sering Tampil bareng TimnasKevin De Bruyne (instagram.com/kevindebruyne)

Kevin De Bruyne adalah salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini. De Bruyne khususnya sangat piawai dalam memberi assist bagi rekan-rekannya sehingga ia begitu diandalkan di Manchester City dan Timnas Belgia. Sejauh ini, De Bruyne telah bermain 93 kali bagi timnas dengan sumbangan 25 gol dan 46 assists.

De Bruyne memang belum berhasil meraih trofi bersama negaranya, tak seperti di level klub. Namun, Belgia selalu disegani di setiap turnamen mayor. Capaian terbaik De Bruyne bersama Timnas Belgia sejauh ini adalah juara ketiga Piala Dunia 2018.

2. Riyad Mahrez (77 caps)

5 Pemain Manchester City yang Paling Sering Tampil bareng TimnasRiyad Mahrez (instagram.com/riyadmahrez26.7)

Berikutnya ada Riyad Mahrez, winger Manchester City asal Aljazair. Mahrez mulai debut bersama timnas pada 2014, saat ia membela Leicester City. Sejak itu, ia terus jadi andalan negaranya, bahkan kini menjabat sebagai kapten timnas.

Mahrez sudah mencatat 77 caps dengan 27 gol bersama Aljazair sejauh ini. Satu trofi pun sudah ia persembahkan, yaitu Piala Afrika 2019. Sayangnya, ia gagal membawa Aljazair ke Piala Dunia 2022 karena kalah di babak playoff kualifikasi.

Baca Juga: 9 Potret Riyad Mahrez, Winger Andalan Manchester City asal Aljazair

3. Bernardo Silva (72 caps)

5 Pemain Manchester City yang Paling Sering Tampil bareng TimnasBernardo Silva (instagram.com/bernardocarvalhosilva)

Bernardo Silva juga sudah meraih trofi bersama negaranya. Gelandang Portugal ini memang tak ikut mengangkat Piala Eropa 2016 karena saat itu tengah cedera. Namun, Silva berandil besar saat Portugal memenangi UEFA Nations League 2018/2019.

Sejauh ini, statistik Silva bersama timnas adalah 72 caps dengan 8 gol dan 24 assists. Kemungkinan besar, Silva akan kembali jadi andalan Portugal di Piala Dunia 2022. Itu akan jadi edisi Piala Dunia kedua baginya setelah Piala Dunia 2018.

4. Kyle Walker (70 caps)

5 Pemain Manchester City yang Paling Sering Tampil bareng TimnasKyle Walker (instagram.com/kylewalker2)

Selain pemain asing, Manchester City tentu juga memiliki pemain lokal Inggris. Pemain Inggris milik Manchester City yang paling banyak tampil bareng timnas adalah Kyle Walker. Bek kanan berusia 32 tahun ini sudah bermain 70 kali dengan sumbangan 8 assists.

Selain jadi bek kanan, Walker juga kerap dipasang sebagai bek tengah di timnas. Persaingan di pos bek kanan The Three Lions sendiri memang terbilang ketat. Bisa jadi Walker bakal makin sering dijadikan bek tengah, termasuk di Piala Dunia 2022 nanti.

5. Ilkay Gundogan (62 caps)

5 Pemain Manchester City yang Paling Sering Tampil bareng TimnasIlkay Gundogan (instagram.com/ilkayguendogan)

Terakhir ada Ilkay Gundogan, gelandang asal Jerman yang menjabat sebagai kapten Manchester City mulai 2022/2023. Gundogan sudah membela Timnas Jerman sejak 2011 dan sejauh ini sudah mencatat 62 caps. Namun, ia tak ikut mengangkat trofi Piala Dunia 2014 karena saat itu sedang cedera.

Gundogan masuk skuad Timnas Jerman di Piala Dunia 2018, tetapi saat itu hanya bermain sekali. Sudah berusia 31 tahun, Piala Dunia 2022 bisa jadi kesempatan terakhir bagi Gundogan untuk tampil maksimal dan berprestasi di Piala Dunia.

 

Kecuali Mahrez, para pemain Manchester City di atas kemungkinan besar akan jadi andalan timnas di Piala Dunia 2022. Siapa dari antara mereka yang bisa membawa negaranya melaju paling jauh?

Baca Juga: 5 Pemain yang Menjadi Kapten Manchester City sebelum Ilkay Gundogan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya