6 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belgia, Semuanya Masih Aktif

Pantas disebut sebagai generasi emas

Belgia adalah salah satu negara yang sedang naik daun di dunia sepak bola. Timnas Belgia berada di urutan kedua ranking FIFA. Bahkan, mereka sempat berada di urutan pertama sejak 2018 hingga Maret 2022. Skuad Belgia saat ini juga disebut sebagai generasi emas karena terdiri dari sejumlah pemain bintang.

Karena itu, tak heran jika para pemain aktif Belgia berada di urutan teratas dalam hal jumlah penampilan bersama timnas. Inilah keenam pemain dengan caps terbanyak di timnas Belgia. Semua pemain di daftar ini masih aktif bermain, lho!

1. Jan Vertonghen (136 caps)

6 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belgia, Semuanya Masih Aktifpotret Jan Vertonghen (instagram.com/jvertonghen)

Pemain dengan jumlah penampilan terbanyak bersama timnas Belgia adalah Jan Vertonghen yang memiliki catatan 136 caps. Vertonghen merupakan bek berusia 35 tahun yang saat ini membela Benfica. Sebelumnya, ia juga pernah membela Ajax Amsterdam dan Tottenham Hotspur.

Vertonghen mencatatkan debut bersama timnas pada tahun 2007. Sampai saat ini, ia masih jadi andalan di lini belakang Belgia. Bahkan, ia kerap menjabat sebagai kapten saat Eden Hazard tak bisa tampil. Kemungkinan besar, Vertonghen juga akan menjadi bek inti Belgia di Piala Dunia 2022 nanti.

2. Axel Witsel (120 caps)

6 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belgia, Semuanya Masih Aktifpotret Axel Witsel (instagram.com/axelwitsel28)

Berikutnya ada Axel Witsel, gelandang 33 tahun yang saat ini berkostum Borussia Dortmund. Witsel sejauh ini punya catatan 120 penampilan bersama timnas yang ia mulai sejak 2008. Ia juga telah mencetak sebelas gol selama membela timnas sejauh ini.

Sama seperti Vertonghen, Witsel juga masih diandalkan oleh negaranya. Ia adalah pemain kunci Belgia di Piala Eropa 2020 dan UEFA Nations League 2020/2021. Witsel pun kemungkinan besar akan dibawa Belgia ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola dengan Gol Internasional Terbanyak di Timnas Belgia

3. Toby Alderweireld (118 caps)

6 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belgia, Semuanya Masih Aktifpotret Toby Alderweireld (instagram.com/tobyalderweireld)

Toby Alderweireld ada di urutan ketiga dengan catatan 118 caps sejauh ini. Selain di timnas, Alderweireld juga pernah jadi rekan duet Jan Vertonghen di lini belakang Tottenham Hotspur. Namun, kini ia sudah hengkang dan membela klub Qatar, Al-Duhail sejak 2021.

Bermain di Qatar bisa jadi keuntungan tersendiri bagi Alderweireld. Ia bisa membiasakan diri dengan kondisi di Qatar sehingga mampu tampil maksimal di Piala Dunia 2022 nanti. Duet Vertonghen-Alderweireld pun sepertinya masih akan jadi tumpuan Belgia di lini belakang.

4. Eden Hazard (116 caps)

6 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belgia, Semuanya Masih Aktifpotret Eden Hazard (instagram.com/hazardeden_10)

Eden Hazard yang merupakan kapten utama timnas Belgia tentu juga termasuk di daftar ini. Hazard sejauh ini sudah mencatat 116 caps bersama timnas sekaligus menyumbangkan 33 gol. Sang gelandang yang kini tengah bermain di Real Madrid ini pun menempati urutan kedua daftar top skor sepanjang masa timnas Belgia.

Jumlah caps serta gol Hazard bersama timnas sebenarnya bisa lebih banyak lagi. Sayangnya, ia sering diganggu cedera dalam beberapa tahun terakhir. Hazard pun tak bisa tampil maksimal di Piala Eropa 2020 lalu karena cedera. Jika ingin tampil di Piala Dunia 2022, Hazard harus bisa memperbaiki kebugarannya.

5. Dries Mertens (103 caps)

6 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belgia, Semuanya Masih Aktifpotret Dries Mertens (instagram.com/driesmertens)

Dries Mertens berada di urutan kelima dengan catatan 103 caps bersama timnas Belgia sejauh ini. Penyerang yang membela Napoli ini juga sudah mencetak 21 gol dan 31 assist bagi negaranya. Namun, Mertens kini sudah berusia 35 tahun sehingga keikutsertaannya pun tampak mulai berkurang.

Di Piala Eropa 2020, Mertens bermain empat kali, tetapi tidak pernah tampil penuh. Meski demikian, kemungkinan besar Mertens akan tetap dibawa serta ke Piala Dunia 2022. Pengalamannya bakal dibutuhkan untuk membantu timnya.

6. Romelu Lukaku (101 caps)

6 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belgia, Semuanya Masih Aktifpotret Romelu Lukaku (instagram.com/romelulukaku)

Pemain keenam adalah Romelu Lukaku yang merupakan top skor sepanjang masa timnas Belgia. Striker Chelsea ini sudah mengoleksi 68 gol dalam 101 laga bersama negaranya. Masih berusia 28 tahun, jumlah penampilan serta gol Lukaku kemungkinan besar bakal terus bertambah,

Ketajaman Lukaku bersama timnas juga sudah terbukti di turnamen besar. Sejauh ini, ia punya koleksi 6 gol di Piala Eropa dan 5 gol di Piala Dunia. Jelas, ia akan jadi tumpuan Belgia untuk mendulang gol di Piala Dunia 2022 nanti.

Enam pemain dengan caps terbanyak di timnas Belgia saat ini masih aktif bermain. Tak salah jika generasi mereka saat ini disebut sebagai generasi emas. Bisakah para pemain top tersebut membawa negaranya berprestasi di Piala Dunia 2022?

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Belgia yang Pernah Memenangkan EPL Player of the Month

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya