5 Pemain yang Pindah dari Eropa ke Klub Asia pada Musim Panas 2022

Ada yang kembali ke negara asalnya

Bursa transfer musim panas 2022 sudah berlangsung beberapa minggu. Sudah banyak kepindahan pemain yang terjadi, sebagian besar di antara klub-klub Eropa. Namun, ada pula beberapa pemain yang datang dan pergi ke luar Eropa, termasuk ke Asia.

Sebagian besar pemain yang pindah dari Eropa ke Asia sudah memasuki masa ujung kariernya. Namun, ada pula pemain yang memang berasal dari Asia dan memilih kembali ke negaranya. Inilah lima pemain yang pindah dari Eropa ke klub Asia pada musim panas 2022.

1. David Ospina

5 Pemain yang Pindah dari Eropa ke Klub Asia pada Musim Panas 2022David Ospina berlatih bersama Al-Nassr. (instagram.com/alnassr_fc)

David Ospina adalah kiper asal Kolombia yang pernah membela Arsenal pada 2014–2019. Ospina adalah penjaga gawang andalan di negaranya, tetapi bersama Arsenal ia hanya jadi pelapis. Ospina pun hijrah ke Napoli pada 2019 dan berhasil mencatat lebih dari seratus penampilan hingga 2022.

Kontrak Ospina bersama Napoli akhirnya habis pada musim panas 2022. Meski baru berusia 33 tahun, Ospina ternyata memilih hijrah ke Arab Saudi dan bergabung dengan Al-Nassr. Al-Nassr adalah klub yang cukup berprestasi di Arab Saudi sehingga mungkin Ospina bisa meraih sukses bersama mereka.

2. Andriy Yarmolenko

5 Pemain yang Pindah dari Eropa ke Klub Asia pada Musim Panas 2022Andriy Yarmolenko (instagram.com/alainfcae)

Pemain klub Premier League Inggris pun ada yang pindah ke Asia pada musim panas 2022. Ia adalah Andriy Yarmolenko, winger asal Ukraina yang sebelumnya berkostum West Ham United. Membela West Ham sejak 2018, Yarmolenko memang tak terlalu sering jadi andalan The Hammers.

Yarmolenko pun dibiarkan pergi ketika kontraknya habis pada musim panas 2022. Ia kemudian merapat ke klub Uni Emirat Arab, Al Ain, dan diberi kontrak setahun. Al Ain adalah klub tersukses sekaligus juara bertahan Uni Emirat Arab Pro League sehingga Yarmolenko berpeluang meraih trofi bersama mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Remaja yang Pindah Klub pada Bursa Transfer Musim Panas 2022

3. Pizzi

5 Pemain yang Pindah dari Eropa ke Klub Asia pada Musim Panas 2022Pizzi bergabung dengan Al Wahda. (instagram.com/pizzi21)

Luis Miguel Afonso Fernandes alias Pizzi juga pindah ke Uni Emirat Arab pada musim panas 2022. Pizzi adalah gelandang Portugal yang sebelumnya membela Benfica dalam 9 tahun terakhir. Bersama Benfica, Pizzi mencatat 360 penampilan di semua ajang dan turut memenangi 10 trofi, termasuk 4 trofi Liga Portugal.

Sebelum membela Benfica, Pizzi juga sempat berseragam Atletico Madrid dan turut memenangi Europa League 2011/2012. Kini, Pizzi sudah bergabung dengan klub Uni Emirat Arab, Al Wahda. Pemain berusia 33 tahun ini dikontrak hingga 2024 sehingga ada kemungkinan akan menutup kariernya bersama Al Wahda.

4. Fran Merida

5 Pemain yang Pindah dari Eropa ke Klub Asia pada Musim Panas 2022Fran Merida berseragam Espanyol. (marca.com)

Ada pula Fran Merida, gelandang asal Spanyol yang merupakan lulusan akademi Arsenal. Selain itu, Merida juga pernah membela Atletico Madrid. Namun, Merida tidak banyak bermain bersama kedua klub tersebut. Ia pun lebih banyak menghabiskan kariernya bersama klub-klub semenjana Spanyol.

Dalam dua musim terakhir, Merida bermain di LaLiga bersama Espanyol. Namun, kini ia sudah pindah dan bergabung dengan klub Liga Super China, Tianjin Jinmen Tiger. Pemain berusia 32 tahun ini diberi kontrak hingga akhir 2023 dan sejauh ini sudah tampil dua kali bersama Tianjin.

5. Ryotaro Meshino

5 Pemain yang Pindah dari Eropa ke Klub Asia pada Musim Panas 2022Ryotaro Meshino (instagram.com/rytrmsn0618)

Pemain yang pindah dari Eropa ke Asia pada musim panas 2022 juga mencakup pemain Asia sendiri. Salah satunya adalah Ryotaro Meshino, winger asal Jepang yang menjadi pemain Manchester City pada 2019–2022. Meshino diboyong City saat baru berusia 21 tahun dari klub J-League, Gamba Osaka.

Sayangnya, selama 3 tahun bersama Manchester City, Meshino tak pernah dapat kesempatan tampil. Ia hanya pernah jadi pinjaman di tiga klub berbeda di Eropa. Akhirnya, Meshino pun memutuskan pulang ke Gamba Osaka pada musim panas 2022 dengan gratis karena kontraknya bersama City sudah habis.

 

Lima pemain di atas memutuskan hijrah dari Eropa ke klub Asia pada musim panas 2022. Pengalaman mereka bermain di Eropa pasti akan memberi warna tersendiri bagi klub dan negara yang mereka datangi. Adakah dari antara mereka yang bakal meraih sukses selama bermain di Asia?

Baca Juga: Kalah Saing, 5 Pemain Klub Premier League Ini Sebaiknya Pindah Klub

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya