4 Pemain Everton yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023

Ada lulusan akademi Everton

Everton tampil buruk pada musim 2022/2023. Untuk kedua kali secara beruntun, The Toffees mesti berkubang di papan bawah English Premier League (EPL). Meski masih bisa lolos dari degradasi, itu menjadi alarm tanda bahaya bagi Everton.

Everton harus memanfaatkan bursa transfer musim panas 2023 untuk berbenah. Sejauh ini, mereka belum mendatangkan pemain baru. Namun, sudah ada enam pemain yang dilepas permanen. Moise Kean dan Niels Nkounkou resmi dijual ke klub lain.

Ada pula empat pemain yang dilepas Everton secara gratis. Kontrak mereka memang sudah habis pada musim panas 2023.

1. Yerry Mina

4 Pemain Everton yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Yerry Mina (instagram.com/yerrymina)

Pertama, ada Yerry Mina, bek tengah asal Kolombia. Mina mengakhiri pengabdiannya kepada Everton yang dimulai pada 2018. Saat itu, Mina didatangkan Everton setelah tampil apik bersama negaranya di Piala Dunia 2018.

Sayangnya, karier Mina di Everton banyak terganggu cedera. Ia sempat mengoleksi cukup banyak penampilan pada musim 2019/2020 dan 2020/2021. Namun, selebihnya Mina terlalu banyak absen karena berbagai cedera yang ia alami.

Kontrak Mina yang habis pada musim panas 2023 pun tidak diperpanjang. Ia meninggalkan The Toffees dengan catatan 99 penampilan dalam 5 musim. Berusia 28 tahun, karier Mina masih bisa berlanjut cukup lama. Namun, ia harus memperbaiki kebugarannya untuk bisa bersinar lagi.

Baca Juga: 4 Pencetak Gol Terbanyak Everton pada 2022/2023

2. Andros Townsend

4 Pemain Everton yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Andros Townsend (instagram.com/androstownsend)

Nasib yang mirip dengan Yerry Mina dialami oleh Andros Townsend di Everton. Townsend adalah gelandang asal Inggris yang bergabung dengan Everton pada 2021. Awalnya, Townsend sempat menjadi andalan Everton. Ia tampil 27 kali pada musim pertamanya dan mencetak 7 gol.

Sayangnya, 2 bulan sebelum musim 2021/2022 berakhir, Townsend dihantam cedera parah pada lututnya. Cedera itu ternyata berlangsung sangat lama. Townsend menutup musim 2021/2022 lebih cepat, bahkan sama sekali tak bisa tampil sepanjang 2022/2023.

Tak heran jika Everton tidak memperpanjang kontrak Townsend yang habis pada 2023. Kini, Townsend harus berfokus memulihkan diri dulu jika masih ingin lanjut bermain. Bahkan, ia mengaku sudah memikirkan kemungkinan pensiun dini dan alih profesi menjadi pelatih.

3. Tom Davies

4 Pemain Everton yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Tom Davies (instagram.com/1tomdavies)

Musim panas 2023 juga menjadi akhir perjalanan Tom Davies bersama Everton. Davies adalah gelandang 24 tahun yang hanya membela Everton sejak awal kariernya. Ia lulus dari akademi The Toffees pada 2015 saat usianya baru 17 tahun dan terus loyal selama 8 musim.

Kini, Davies akhirnya memutuskan meninggalkan Everton. Ia menolak perpanjangan kontrak demi mendapat lebih banyak waktu bermain. Pasalnya, Davies memang minim penampilan dalam beberapa musim terakhir. Ia pun pergi dengan catatan 179 penampilan di semua ajang bersama Everton.

4. Asmir Begovic

4 Pemain Everton yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Asmir Begovic (twitter.com/asmir1)

Satu lagi pemain Everton yang dilepas secara gratis pada musim panas 2023 adalah Asmir Begovic. Ia adalah kiper senior asal Bosnia yang bermain di Inggris sejak awal kariernya. Termasuk Everton, Begovic sudah pernah membela lima klub EPL sejauh ini.

Begovic mulai memperkuat Everton sejak 2021. Sebagai pelapis Jordan Pickford, Begovic sempat bermain 10 kali bagi The Toffees dalam 2 musim dan mencatat 4 clean sheet. Sejauh ini, belum diketahui ke mana kiper 36 tahun itu bakal melanjutkan kariernya.

Melepas empat pemain di atas adalah bagian dari pembenahan yang dilakukan Everton pada musim panas 2023. Namun, mereka juga harus mendatangkan pemain baru untuk memperkuat tim. Patut dinantikan siapa saja pemain yang nantinya bakal mereka boyong untuk memperkuat skuad musim depan.

Baca Juga: 5 Produk Akademi Everton yang Membela Tim EPL Lain pada 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya