5 Pemain Inggris yang Dipinjam Klub Non-EPL pada 2023/2024

Tiga pemain dipinjamkan pada musim dingin

Klub-klub English Premier League (EPL) belum banyak mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim dingin 2024. Sorotan justru lebih banyak tertuju kepada beberapa nama yang telah dilepas. Salah satunya Jadon Sancho, winger Manchester United asal Inggris yang dipinjamkan kepada klub lamanya, Borussia Dortmund.

Sancho pun menjadi pemain Inggris terbaru yang merantau ke luar negeri pada 2023/2024. Ia bukan satu-satunya yang berstatus pinjaman. Termasuk Sancho, inilah lima pemain Inggris yang dipinjam klub non-EPL pada 2023/2024.

1. Mason Greenwood mulai menemukan kembali performa terbaik bersama Getafe

5 Pemain Inggris yang Dipinjam Klub Non-EPL pada 2023/2024Mason Greenwood (instagram.com/masongreenwood)

Pertama, ada Mason Greenwood, winger Manchester United yang sedang dipinjamkan ke klub LaLiga Spanyol, Getafe. Kualitas Greenwood di lini depan Setan Merah sebenarnya sudah tak diragukan. Namun, kariernya sempat terbengkalai akibat kasus dugaan kekerasan seksual yang menimpanya pada awal 2022.

Sekitar 1 tahun kemudian, Greenwood bisa melanjutkan kariernya lagi setelah tuntutan terhadapnya dibatalkan. Meski demikian, Manchester United tidak langsung menerimanya kembali ke dalam skuad. Selain menjaga nama baik Manchester United, Greenwood juga butuh beradaptasi lagi karena sempat absen lama dari lapangan hijau.

Greenwood pun dipinjamkan kepada Getafe pada 2023/2024. Hasilnya, ia mulai menemukan kembali performa terbaiknya seperti sedia kala. Greenwood sudah bermain 17 kali bagi Getafe di semua ajang dan mencetak 5 gol serta 4 assist. Namun, belum diketahui bakal seperti apa nasib Greenwood di Manchester United setelah peminjamannya selesai.

2. Jadon Sancho langsung menyumbang assist pada laga perdana kembali ke Borussia Dortmund

5 Pemain Inggris yang Dipinjam Klub Non-EPL pada 2023/2024Jadon Sancho (bvb.de)

Jadon Sancho menjadi pemain Inggris berikutnya yang dipinjamkan Manchester United ke luar negeri. Sancho dipinjamkan kepada Borussia Dortmund mulai Januari 2024 hingga akhir 2023/2024. Winger 23 tahun itu pun akhirnya bisa kembali bermain setelah dibekukan di skuad Manchester United dalam 4 bulan terakhir.

Penyebab pembekuan Sancho adalah perselisihannya dengan Manajer Erik ten Hag. Masa depan Sancho di Old Trafford menjadi tidak jelas. Apalagi, performa Sancho bersama Setan Merah memang jauh dari harapan. Sejak bergabung pada 2021, ia hanya mencetak 12 gol dan 6 assist dalam 82 penampilan. Padahal, Sancho punya potensi besar untuk bersinar.

Buktinya, Sancho bisa langsung unjuk gigi bersama Borussia Dortmund setelah resmi dipinjam. Ia membuat satu assist saat Dortmund mengalahkan SV Darmstadt pada pekan ke-17 Bundesliga 2023/2024. Bisa jadi, Sancho memang harus berpisah dengan Manchester United demi kebaikan kedua pihak.

Baca Juga: 3 Penyerang Inggris yang Mewarnai Bundesliga 2023/2024, Ada Sancho!

3. Eric Dier secara mengejutkan dipinjam Bayern Munich dari Tottenham Hotspur

5 Pemain Inggris yang Dipinjam Klub Non-EPL pada 2023/2024Eric Dier (instagram.com/ericdier15)

Bayern Munich juga meminjam seorang pemain Inggris dari klub EPL pada Januari 2024. Namun, pemain yang dipinjam terbilang tak disangka. Ia adalah Eric Dier, bek atau gelandang bertahan Tottenham Hotspur. Keputusan Bayern Munich meminjam Dier terbilang mengejutkan karena ia tak terpakai di skuad Tottenham musim ini.

Sejak bergabung pada 2014, Dier memang sering menjadi andalan Tottenham di lini tengah maupun belakang. Namun, ia tersingkir ke bangku cadangan pada 2023/2024, alias sejak kedatangan Manajer Ange Postecoglou. Dier baru tampil 4 kali sepanjang musim ini, 3 di antaranya sebagai pemain pengganti.

Bayern Munich sendiri dikabarkan awalnya ingin mendatangkan bek Radu Dragusin dari Genoa. Namun, Dragusin memilih pindah ke Tottenham, maka Bayern mengalihkan target ke Eric Dier. Karakteristik Dier disebut-sebut cocok dengan Bayern Munich. Die Roten sedang membutuhkan pemain yang bisa mengisi pos gelandang bertahan maupun bek.

4. Djed Spence dipinjamkan Tottenham Hotspur kepada Genoa pada Januari 2024

5 Pemain Inggris yang Dipinjam Klub Non-EPL pada 2023/2024Djed Spence (instagram.com/genoacfc)

Ada pula Djed Spence, bek kanan yang juga dipinjamkan Tottenham Hotspur ke luar Inggris. Spence dipinjamkan ke klub Serie A Italia, Genoa, pada Januari 2024. Itu merupakan peminjaman kedua Spence musim ini. Pada paruh pertama 2023/2024, ia dipinjam Leeds United, tetapi hanya tampil tujuh kali karena sempat cedera panjang.

Secara total, Spence malah sudah tiga kali dipinjamkan Tottenham ke klub lain. Spence baru tampil enam kali bareng Tottenham sejak bergabung pada musim panas 2022. Namun, pemuda 23 tahun itu masih memiliki masa depan bersama The Lilywhites. Ia memiliki kontrak 5 tahun bersama Tottenham alias hingga 2027 mendatang.

5. Josh Wilson-Esbrand dipinjamkan Manchester City kepada Stade de Reims demi jam terbang

5 Pemain Inggris yang Dipinjam Klub Non-EPL pada 2023/2024Josh Wilson-Esbrand (instagram.com/josh.esbrand)

Satu nama lagi yang menarik untuk dibahas adalah Josh Wilson-Esbrand, bek kiri Manchester City berusia 21 tahun. Wilson-Esbrand adalah jebolan akademi Manchester City. Ia sudah sempat tampil tiga kali bersama tim senior The Citizens. Namun, demi menambah jam terbang, Wilson-Esbrand dipinjamkan kepada Stade Reims pada 2023/2024.

Sejauh ini, hasilnya terbilang lumayan. Wilson-Esbrand sudah bermain 11 kali bagi Reims dan menyumbang 1 gol serta 1 assist. Torehan gol Wilson-Esbrand bahkan menjadi gol kemenangan Reims di Ligue 1 Prancis. Kiprah Wilson-Esbrand bersama Reims bisa membuatnya makin matang untuk bersaing di lini belakang Manchester City.

Lima pemain Inggris di atas sedang dipinjamkan klub EPL ke luar negeri pada 2023/2024. Alasan peminjaman mereka beragam, tetapi tujuannya tentu demi memberi mereka lebih banyak kesempatan tampil. Menarik ditunggu kelanjutan karier mereka bersama klub asalnya setelah selesai dipinjamkan nanti.

Baca Juga: 4 Pemain Inggris yang Pernah Berseragam Bayern Munich, Dier Terbaru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya