5 Pemain Kamerun dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Matip Termasuk

Ada dua pemain yang pernah juara EPL

Joel Matip membela Liverpool pada pekan ke-12 English Premier League (EPL) 2023/2024. Bek asal Kamerun itu turut membawa timnya mengalahkan Brentford 3-0. Itu adalah kemenangan yang normal bagi The Reds. Namun, bagi Matip, penampilannya itu cukup bermakna.

Pasalnya, Matip kini resmi masuk lima besar pemain Kamerun dengan penampilan terbanyak di EPL. Sejak dahulu, EPL memang sering diramaikan banyak pemain asal Kamerun.

Termasuk Matip, inilah lima pemain Kamerun dengan penampilan terbanyak di EPL.

1. Alexandre Song masih memegang rekor dengan 190 penampilan di Premier League

5 Pemain Kamerun dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Matip TermasukAlexandre Song (arsenal.com)

Pemain Kamerun dengan rekor penampilan terbanyak di Premier League saat ini adalah Alexandre Song. Ia merupakan gelandang bertahan yang lama membela Arsenal, tepatnya pada 2005–2011. Song juga pernah memperkuat Charlton Athletic dan West Ham United, keduanya sebagai pinjaman.

Bersama tiga klub tersebut, Song mencatat total 190 penampilan di EPL. Ia juga sukses membuat 7 gol dan 18 assist. Sayangnya, Song tak berhasil meraih trofi apa pun selama bermain di Inggris. Raihan terbaiknya hanya runner-up Piala Liga Inggris bareng Arsenal pada 2010/2011.

2. Lauren tampil 184 kali di Premier League dan 2 kali membawa Arsenal juara

5 Pemain Kamerun dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Matip TermasukLauren (arsenal.com)

Sebelum Alexandre Song, Arsenal juga pernah memiliki pemain andalan asal Kamerun. Ia adalah Lauren, bek kanan Arsenal pada 2000–2007. Lauren bermain dalam 159 pertandingan di Premier League bersama Arsenal. Ia berperan dalam keberhasilan The Gunners dua kali juara EPL.

Lauren bahkan jadi salah satu pemain kunci Arsenal saat juara EPL 2003/2004 tanpa terkalahkan. Setelah sukses di Arsenal, Lauren hijrah dan membela Portsmouth selama 2 musim. Ia bermain 25 kali bagi Pompey di EPL. Maka, total penampilan Lauren di EPL adalah 184 laga.

Baca Juga: 3 Lawan MU di Premier League pada November 2023, Apa Bisa Bangkit?

3. Sebastien Bassong mencatat 177 penampilan di EPL bersama 4 klub

5 Pemain Kamerun dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Matip TermasukSebastien Bassong (canaries.co.uk)

Sementara, Sebastien Bassong pernah bermain untuk rival sekota Arsenal, Tottenham Hotspur. Bassong adalah bek tengah kelahiran Prancis yang memilih membela Timnas Kamerun. Ia menghabiskan sebagian besar kariernya di Inggris, tepatnya pada 2008–2019.

Ada empat klub yang pernah dibela Bassong di Premier League. Selain Tottenham, ada Newcastle United, Wolverhampton Wanderers, dan Norwich City. Bassong memainkan total 177 laga bersama mereka. Namun, tak ada trofi bergengsi yang berhasil ia raih.

4. Benoit Assou-Ekotto tampil 155 di EPL, seluruhnya bagi Tottenham Hotspur

5 Pemain Kamerun dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Matip TermasukBenoit Assou-Ekotto (twitter.com/SpursOfficial)

Perjalanan karier Benoit Assou-Ekotto cukup mirip dengan Sebastien Bassong. Seperti Bassong, Assou-Ekotto lahir di Prancis, tetapi bermain untuk Timnas Kamerun. Selain itu, pemain berposisi bek kiri itu juga pernah berseragam Tottenham Hotspur.

Assou-Ekotto loyal kepada Tottenham sepanjang 2006–2015. Ia bermain 203 kali, termasuk 155 laga di Premier League. Namun, tak ada prestasi berarti yang diraih Assou-Ekotto bareng Tottenham. Saat The Lilywhites juara Piala Liga 2007/2008, Assou-Ekotto tak dapat medali karena tidak masuk skuad.

5. Joel Matip sudah bermain 148 kali di EPL dan masih bisa terus bertambah

5 Pemain Kamerun dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Matip TermasukJoel Matip (liverpoolfc.com)

Joel Matip kini resmi menempati peringkat kelima daftar ini. Matip sudah genap bermain 148 kali di Premier League sejak mulai membela Liverpool pada 2016. Karena masih aktif, bek berusia 32 tahun itu pun bisa terus menambah jumlah penampilannya.

Selain banyak tampil, Matip juga berprestasi bersama Liverpool. Ia sudah meraih enam trofi, termasuk gelar juara EPL 2019/2020. Kontrak Matip di Liverpool sendiri akan habis pada musim panas 2024. Namun, ia sudah mengutarakan niatnya untuk terus bertahan di Anfield.

Di antara lima pemain Kamerun di atas, hanya Joel Matip yang masif aktif bermain. Jika terus bertahan di EPL, Matip punya peluang melewati rekor penampilan Alexandre Song. Akankah ia bisa melakukannya?

Baca Juga: 8 Pemain yang Jadi Top Skor Premier League Lebih dari Sekali

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya