Comscore Tracker

Ada Eks Chelsea, 5 Pemain RD Kongo yang Pernah Main di Premier League

Ada yang masih di Premier League musim ini

West Ham United baru saja meraih kemenangan mengejutkan atas Chelsea dalam lanjutan Premier League 2021/22 pekan ke-15. The Hammers menang 3-2 dengan gol kemenangan ajaib yang dicetak oleh Arthur Masuaku.

Masuaku adalah pemain asal RD Kongo alias Republik Demokratik Kongo yang membela West Ham sejak tahun 2016. RD Kongo sendiri adalah negara Afrika yang cukup berprestasi di dunia sepak bola, karena pernah tampil di Piala Dunia serta 2 kali juara Piala Afrika.

RD Kongo juga pernah memiliki sejumlah pemain di Premier League pada era modern ini. Termasuk Masuaku, inilah 5 pemain di antaranya yang cukup ternama.

1. Lomana LuaLua

Ada Eks Chelsea, 5 Pemain RD Kongo yang Pernah Main di Premier Leaguepotret Lomana LuaLua (eurosport.com)

Pertama ada Lomana LuaLua, striker yang bermain di Premier League dari tahun 2000 hingga 2007. Selama main di Inggris, LuaLua memang tak punya ketajaman yang menonjol, tapi ia cukup dikenal karena kerap melakukan selebrasi salto akrobatik saat mencetak gol.

LuaLua pernah membela dua klub Premier League, yaitu Newcastle United dan Portsmouth. Catatan golnya adalah 24 gol dalam 146 laga bersama kedua klub tersebut.

Lomana LuaLua memiliki adik bernama Kazenga LuaLua yang juga pernah membela Newcastle, tapi hanya sempat bermain 6 kali saja di Premier League.

2. Youssouf Mulumbu

Ada Eks Chelsea, 5 Pemain RD Kongo yang Pernah Main di Premier Leaguepotret Youssouf Mulumbu (skysports.com)

Pemain yang satu ini juga berhasil mencatat hingga ratusan penampilan di Premier League. Youssouf Mulumbu menghabiskan sekitar 7 musim di Premier League, sebagian besar bersama West Bromwich Albion.

Pemain berposisi gelandang ini merupakan bagian penting skuad West Brom kala itu, dengan 211 penampilan di semua ajang. Selain West Brom, Mulumbu juga pernah main bareng Norwich City di Premier League.

Ia mencatat total 164 laga di Premier League dengan 11 gol dan 9 assists. Mulumbu saat ini berusia 34 tahun dan masih aktif berkarier di negaranya.

Baca Juga: 7 Pemain Negara Kecil Afrika yang Kini Bermain di Premier League

3. Gael Kakuta

Ada Eks Chelsea, 5 Pemain RD Kongo yang Pernah Main di Premier Leaguepotret Gael Kakuta (planetfootball.com)

Berikutnya ada Gael Kakuta, winger RD Kongo yang sempat membela klub besar Premier League, yaitu Chelsea. Kakuta adalah lulusan akademi Chelsea, dan ia berseragam The Blues dari 2009 hingga 2015.

Sayangnya, ia tak dapat banyak kesempatan tampil dan lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Kakuta pun akhirnya hanya sempat mencatat 16 penampilan bersama Chelsea di semua ajang dengan sumbangan 1 assist.

Di Premier League sendiri, ia tampil total 17 kali, termasuk bersama Fulham dan Bolton Wanderers sebagai pinjaman. Saat ini, Kakuta baru berusia 30 tahun dan masih aktif bermain di Ligue 1 Prancis bersama Lens.

4. Yannick Bolasie

Ada Eks Chelsea, 5 Pemain RD Kongo yang Pernah Main di Premier LeagueYannick Bolasie (skysports.com)

Sementara Yannick Bolasie baru meninggalkan Premier League belum lama ini, tepatnya akhir musim lalu setelah membela Everton sejak 2016. Karier Bolasie bersama Everton memang tak terlalu menonjol, tapi ia sempat cukup dikenal kala membela Crystal Palace selama 4 musim.

Bolasie mencatat total 119 penampilan di Premier League, sebagian besar bersama Palace. Ia tak meraih trofi selama main di Inggris, tapi sempat membawa Palace ke final Piala FA 2015/16. Setelah hengkang dari Inggris, Bolasie kini membela Caykur Rizespor di Super Lig Turki.

5. Arthur Masuaku

Ada Eks Chelsea, 5 Pemain RD Kongo yang Pernah Main di Premier Leaguepotret Arthur Masuaku (instagram.com/masuaku26)

Inilah pemain yang baru saja mencetak gol kemenangan West Ham United ke gawang Chelsea. Arthur Masuaku adalah pemain yang bisa berposisi winger maupun bek sayap.

Ia sudah membela West Ham sejak 2016 dan telah bermain 96 kali di Premier League, tapi gol ke gawang Chelsea adalah gol pertamanya di Liga Inggris. Sebelumnya, Masuaku juga sudah membuat satu gol bagi West Ham, tapi di ajang Piala Liga.

Masuaku sendiri sebenarnya lahir di Prancis, tapi ia memilih untuk membela Timnas RD Kongo. Sayangnya, Masuaku dipastikan tak akan tampil di Piala Afrika 2021 yang akan berlangsung tahun depan karena negaranya tidak lolos.


Meski tak sepopuler negara-negara Afrika lain di dunia sepak bola, RD Kongo tetap memiliki sejumlah pemain yang pernah bermain di Premier League. Akankah ada pemain RD Kongo yang menjadi bintang Premier League di masa depan?

Baca Juga: 6 Pemain Afrika Tertajam di Premier League, Salah Resmi Teratas!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya