5 Pemain Manchester City Terakhir yang Mencetak 30 Gol dalam 1 Musim

Erling Haaland berpeluang besar menyusul

Erling Haaland menggila bersama Manchester City pada 2022/2023 ini. Baru didatangkan pada musim panas lalu, ia tak butuh waktu lama untuk nyetel dan tampil tajam. Dalam 22 penampilannya di semua ajang, Haaland sudah membuat 27 gol.

Kemungkinan besar, Haaland bakal menyentuh 30 gol musim ini. Jika berhasil, striker asal Norwegia ini menyamai torehan para pemain Manchester City pada masa lalu yang mencetak 30 gol semusim.

Inilah lima pemain Manchester City terakhir yang mencetak 30 gol dalam 1 musim.

1. Derek Kevan

5 Pemain Manchester City Terakhir yang Mencetak 30 Gol dalam 1 MusimDerek Kevan (mancity.com)

Derek Kevan adalah striker yang terkenal sebagai legenda West Bromwich Albion. Setelah membela West Brom, ia sempat berseragam Manchester City pada 1963–1965. Meski hanya 2 musim, Kevan sukses mempersembahkan banyak gol bagi The Citizens.

Musim pertamanya (1963/1964) langsung berbuah 36 gol di semua ajang. Sayangnya, ketajaman Kevan tak berhasil membawa Manchester City promosi. Saat itu, mereka sedang bermain di divisi kedua dan baru kembali ke divisi utama setelah Kevan hengkang.

2. Francis Lee

5 Pemain Manchester City Terakhir yang Mencetak 30 Gol dalam 1 MusimFrancis Lee (mancity.com)

Francis Lee mencapai 30 gol semusim bagi Manchester City pada 1971/1972. Lee mencetak 35 gol dalam 47 penampilan di semua ajang. Manchester City mengakhiri musim tersebut di posisi keempat divisi utama Liga Inggris dan lolos ke Piala UEFA.

Francis Lee sendiri adalah striker legendaris Manchester City yang berasal dari Inggris. Ia membela The Citizens pada 1967–1974 dengan torehan 328 penampilan dan 148 gol. Jumlah itu membuat Lee tercatat sebagai pemain tertajam ketujuh dalam sejarah Manchester City.

Baca Juga: 5 Striker Ini Direkrut Manchester City Era Pep Guardiola, Produktif!

3. Shaun Goater

5 Pemain Manchester City Terakhir yang Mencetak 30 Gol dalam 1 MusimShaun Goater (mancity.com)

Selang 30 tahun kemudian, baru ada lagi pemain Manchester City yang mencetak 30 gol dalam 1 musim. Ia adalah Shaun Goater, striker asal Kepulauan Bermuda. Goater mencetak total 32 gol pada 2001/2002, termasuk 28 gol di liga domestik.

Manchester City saat itu sedang bermain di divisi kedua. Ketajaman Goater sukses membawa mereka juara dan promosi ke Premier League. Secara keseluruhan, Goater membela Manchester City selama 5 musim dan mencetak 89 gol dalam 173 laga.

4. Sergio Aguero

5 Pemain Manchester City Terakhir yang Mencetak 30 Gol dalam 1 MusimSergio Aguero (mancity.com)

Sergio Aguero adalah pemain Manchester City yang paling sering mencapai jumlah 30 gol dalam 1 musim. Striker asal Argentina ini melakukannya sebanyak lima kali. Bahkan, 8 dari 10 musim Aguero bersama Manchester City ia tuntaskan dengan minimal 20 gol di semua ajang.

Alhasil, Aguero pun menjadi top skor sepanjang masa Manchester City. Sebanyak 260 gol ia ciptakan dalam 390 penampilan di semua kompetisi. Ketajaman Aguero juga menghasilkan 15 trofi bagi Manchester City, termasuk 5 gelar English Premier League.

5. Raheem Sterling

5 Pemain Manchester City Terakhir yang Mencetak 30 Gol dalam 1 MusimRaheem Sterling (instagram.com/sterling7)

Pemain Manchester City terakhir yang mencapai 30 gol semusim adalah Raheem Sterling. Winger asal Inggris ini tampil garang pada 2019/2020. Ia mencetak 31 gol dalam 52 penampilan di semua ajang. Itu adalah catatan terbaik Sterling selama berkarier.

Sterling sudah hengkang dari Manchester City ke Chelsea. Ia pergi pada musim panas 2022 dengan catatan total 131 gol dan 95 assist. Sebanyak sebelas trofi juga jadi persembahan Sterling selama menghuni Etihad Stadium.

Hanya butuh tiga gol lagi, Erling Haaland akan segera mencapai jumlah 30 gol bagi Manchester City. Ia pun bisa segera menyusul lima pemain di atas jika berhasil melakukannya.

Baca Juga: 5 Klub yang Bakal Dihadapi Manchester City Sepanjang Januari 2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya