Selain Ronaldo, 5 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Bareng Real Madrid

Hanya satu yang masih aktif bermain

Cristiano Ronaldo mengalami masa keemasan dalam kariernya saat membela Real Madrid. Selama sembilan musim di Spanyol, Ronaldo menjelma jadi top skor sepanjang masa Real Madrid dengan 450 gol di semua ajang. Selain itu, pemain asal Portugal ini dua kali membawa Los Blancos menjuarai LaLiga.

Namun, Ronaldo tentu bukan satu-satunya pemain Portugal yang pernah sukses bersama Real Madrid. Sepanjang sejarah, ada beberapa pemain Portugal lain yang membela Real Madrid dan menjuarai LaLiga. Selain Cristiano Ronaldo, inilah para pemain tersebut.

1. Carlos Secretario

Selain Ronaldo, 5 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Bareng Real Madridpotret Carlos Secretario (marca.com)

Pertama ada Carlos Secretario, mantan bek kanan asal Portugal yang berkarier sebagai pemain pada 1988 hingga 2005. Secretario lebih banyak menghabiskan kariernya di negaranya sendiri. Ia bahkan pernah meraih 16 trofi selama 9 musim membela FC Porto.

Meski begitu, Secretario juga sempat membela Real Madrid selama semusim pada 1996/1997. Kebetulan, Real Madrid berhasil keluar sebagai juara LaLiga pada musim tersebut. Secretario sendiri hanya mencatat 17 laga bersama Los Blancos di semua ajang, tanpa gol maupun assist.

2. Luis Figo

Selain Ronaldo, 5 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Bareng Real Madridpotret Luis Figo berseragam Real Madrid (transfermarkt.com)

Berikutnya ada Luis Figo, salah satu pemain terbaik Portugal sepanjang masa. Figo adalah satu-satunya pemain Portugal selain Cristiano Ronaldo yang pernah meraih trofi Ballon d'Or. Ia memenangi Ballon d'Or pada tahun 2000, saat sudah bergabung dengan Real Madrid.

Figo membela Real Madrid pada 2000 hingga 200. Ia sukses membawa Los Blancos meraih 7 trofi, termasuk 2 LaLiga. Uniknya, Figo juga pernah dua kali juara LaLiga bersama Barcelona sang rival Real Madrid. Figo pun menjadi salah satu pemain yang pernah sukses bersama Barcelona dan Real Madrid.

Baca Juga: 5 Kegagalan Transfer Terbesar dalam Sejarah Real Madrid

3. Pepe

Selain Ronaldo, 5 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Bareng Real Madridpotret Pepe berseragam Real Madrid (marca.com)

Sementara Pepe tiga kali memenangi LaLiga, ditambah raihan sebelas trofi lain bersama Real Madrid. Bek plontos yang terkenal agresif ini berseragam Real Madrid pada 2007 hingga 2017. Ia pun menjadi salah satu pemain yang paling setia membela Los Blancos pada era modern.

Selama berkostum Real Madrid, Pepe mencatat 334 penampilan di semua ajang. Ia cukup produktif untuk ukuran bek, dengan sumbangan 15 gol dan 20 assist. Kini, Pepe sudah berusia 38 tahun tetapi masih aktif bermain untuk FC Porto serta Timnas Portugal.

4. Ricardo Carvalho

Selain Ronaldo, 5 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Bareng Real Madridpotret Ricardo Carvalho berseragam Real Madrid (realmadrid.com)

Selain Pepe, Ricardo Carvalho juga pernah membela Real Madrid dan memenangi trofi LaLiga. Carvalho adalah bek tengah yang khususnya terkenal saat membela Chelsea. Setelah 6 musim berseragam The Blues, Carvalho hijrah ke Real Madrid pada 2010 dan bertahan selama 3 musim.

Carvalho sempat menjadi tandem utama Pepe di lini belakang Real Madrid pada musim pertamanya. Namun, dua musim berikutnya ia jarang bermain karena sempat cedera. Meski begitu, periode Carvalho di Real Madrid tetap terbilang sukses karena berbuah masing-masing satu trofi LaLiga dan Copa del Rey.

5. Fabio Coentrao

Selain Ronaldo, 5 Pemain Portugal yang Juara LaLiga Bareng Real Madridpotret Fabio Coentrao berseragam Real Madrid (realmadrid.com)

Satu lagi pemain asal Portugal yang pernah menjuarai LaLiga bersama Real Madrid adalah Fabio Coentrao. Coentrao merupakan mantan pemain yang bisa berposisi bek kiri maupun winger. Ia cukup lama membela Real Madrid, yaitu dari 2011 hingga 2018. Namun, Coentrao kerap hanya jadi pelapis dan sempat dipinjamkan ke dua klub lain.

Jumlah penampilan Coentrao bersama Real Madrid pun tak terlalu banyak, yaitu 106 laga di semua ajang. Namun, Coentrao turut merasakan mengangkat 9 trofi, termasuk 2 trofi LaLiga dan 2 trofi Liga Champions. Coentrao baru saja pensiun pada akhir musim 2020/2021 lalu setelah terakhir membela Rio Ave di Liga Portugal.


Dari total delapan pemain Portugal yang pernah membela Real Madrid, enam pemain di antaranya sukses memenangi trofi LaLiga, termasuk Cristiano Ronaldo. Apakah Real Madrid perlu mendatangkan pemain Portugal lagi demi menambah trofi LaLiga?

Baca Juga: 6 Klub Awal Liga Spanyol yang Bermain di LaLiga 2021/2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya