Comscore Tracker

5 Pemain Portugal yang Mungkin Istirahat pada Laga Terakhir Grup H

Ada yang terancam akumulasi kartu kuning

Timnas Portugal telah lolos dari fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. Dua kemenangan atas Ghana dan Uruguay di Grup H membuat mereka sah melaju ke fase gugur. Berikutnya, Selecao das Qunias hanya perlu mengunci posisi juara grup pada laga terakhir melawan Korea Selatan.

Hasil imbang kontra Korea Selatan cukup bagi Portugal untuk jadi pemuncak klasemen. Oleh karena itu, bisa jadi Timnas Portugal akan mengistirahatkan beberapa pemain penting demi menjaga kebugaran mereka.

Inilah lima pemain Portugal yang mungkin istirahat pada laga terakhir Grup H.

1. Bruno Fernandes

5 Pemain Portugal yang Mungkin Istirahat pada Laga Terakhir Grup HBruno Fernandes merayakan gol ke gawang Uruguay di Piala Dunia 2022. (instagram.com/brunofernandes.10)

Pertama, ada Bruno Fernandes, pahlawan Portugal dalam dua kemenangan mereka di Piala Dunia 2022. Fernandes membuat dua assist kala Portugal mengalahkan Ghana 3-2. Setelah itu, ia memborong dua gol kemenangan atas Uruguay dengan skor 2-0.

Punya peran vital bagi Portugal, kebugaran Fernandes harus dijaga. Ia sudah tampil penuh dalam dua laga sebelumnya, sehingga berpotensi kelelahan jika terus diturunkan. Oleh karena itu, ada kemungkinan Fernandes diistirahatkan di laga melawan Korea Selatan.

2. Bernardo Silva

5 Pemain Portugal yang Mungkin Istirahat pada Laga Terakhir Grup HBernardo Silva (fifa.com)

Bernardo Silva juga nyaris tampil penuh dalam dua laga awal Portugal di Grup H. Ia hanya sempat diganti pada 2 menit terakhir saat melawan Ghana. Meski belum membuat gol atau assist, Bernardo Silva berperan penting di lini tengah Portugal, baik dalam menyerang maupun bertahan.

Situs resmi FIFA mencatat bahwa Bernardo Silva sangat aktif dalam dua laga pertama Portugal. Ia adalah pemain Portugal dengan umpan terbanyak, daya jelajah terjauh, dan paling sering memberi tekanan pada pemain lawan.

Kontribusi vital Bernardo Silva akan kembali dibutuhkan Portugal pada babak knockout nanti. Oleh karena itu, ia lebih baik diistirahatkan saat melawan Korea Selatan demi menghindari cedera atau kelelahan.

Baca Juga: 5 Alumnus Piala Dunia 2006 yang Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

3. Joao Felix

5 Pemain Portugal yang Mungkin Istirahat pada Laga Terakhir Grup HJoao Felix (instagram.com/joaofelix79)

Berikutnya, ada Joao Felix, sayap kiri Portugal dalam dua laga pertama Grup H Piala Dunia 2022. Felix tampil sebagai starter dalam kedua partai tersebut. Ia juga sudah menyumbang satu gol ke gawang Ghana, gol pertamanya bagi timnas sejak 2020.

Baru berusia 23 tahun, Felix sebenarnya masih memiliki fisik yang prima. Namun, ia sempat mendapat kartu kuning pada laga kontra Uruguay. Demi menghindari akumulasi kartu kuning hingga absen di perdelapan final, Felix perlu diistirahatkan saat melawan Korea Selatan nanti.

4. Ruben Dias

5 Pemain Portugal yang Mungkin Istirahat pada Laga Terakhir Grup HRuben Dias (instagram.com/rubendias)

Kartu kuning saat melawan Uruguay juga diterima Ruben Dias. Oleh karena itu, bek Manchester City ini lebih baik absen saat melawan Korea Selatan supaya tak terkena hukuman tambahan. Kehilangan Ruben Dias bisa fatal bagi Portugal karena peran pentingnya di lini belakang.

Dias tampil penuh saat Portugal mengalahkan Ghana dan Uruguay. Ia khususnya solid di laga kontra Uruguay hingga Luis Suarez dan kawan-kawan tak bisa mencetak skor. Pada babak gugur nanti, Dias pasti akan kembali jadi andalan Portugal dalam bertahan.

5. Joao Cancelo

5 Pemain Portugal yang Mungkin Istirahat pada Laga Terakhir Grup HJoao Cancelo (instagram.com/jpcancelo)

Satu lagi pemain Portugal yang mungkin akan istirahat di laga terakhir grup melawan Korea Selatan adalah Joao Cancelo. Cancelo tampil penuh sebagai bek kanan pada dua laga awal Portugal. Ia tidak terkendala kartu kuning, tetapi tetap butuh istirahat demi menjaga kebugaran.

Lagipula, Portugal memiliki bek kanan lain yang bisa mereka andalkan, yaitu Diogo Dalot. Dalot bisa menggantikan peran Cancelo di laga melawan Korea Selatan. Dengan demikian, kondisi fisik Cancelo tetap terjaga demi menyongsong babak 16 besar.

Sudah lolos ke babak selanjutnya, Portugal bisa merombak skuad di laga terakhir Grup H Piala Dunia 2022. Lima pemain di atas mungkin akan diistirahatkan di laga melawan Korea Selatan. Jika turun tanpa kekuatan penuh, bisakah Portugal tetap meraih kemenangan?

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya