3 Striker Tertajam Liga Champions yang Tak Pernah Icip Gelar Juara

Ibrahimovic boleh jadi nama yang paling sial

Liga Champions UEFA adalah kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa. Para pemain terbaik yang bermain di Eropa pasti pernah berlaga di ajang tersebut, termasuk deretan striker kelas dunia yang sukses menghiasi Liga Champions dengan banyak gol.

Sebagian besar pencetak gol jempolan di Liga Champions juga pernah mengangkat trofi juara. Namun, torehan banyak gol tak selalu berbanding lurus dengan prestasi kolektif. Tiga pemain ini misalnya yang punya koleksi banyak gol di Liga Champions tetapi tak pernah mengicipi rasanya mengangkat trofi Si Kuping Lebar.

1. Ruud van Nistelrooy (56 gol)

3 Striker Tertajam Liga Champions yang Tak Pernah Icip Gelar JuaraRuud van Nistelrooy (premierleague.com)

Pemain tersubur di Liga Champions yang tak pernah jadi juara adalah Ruud van Nistelrooy. Eks bomber asal Belanda itu punya koleksi 56 gol dalam 73 penampilan di Liga Champions. Jika ditinjau dari rasio gol per pertandingan, capaian Nistelrooy adalah salah satu yang terbaik.

Sebagian besar dari gol-gol Nistelrooy di Liga Champions dibuat bersama Manchester United, yaitu 35 gol. Sisanya ia cetak saat membela Real Madrid dan PSV Eindhoven. Sayangnya, ketajaman Nistelrooy tak pernah berbuah gelar juara Liga Champions.

Capaian terbaik Nistelrooy di Liga Champions adalah babak semifinal 2001/2002. Saat itu, Nistelrooy bahkan menjadi top skor berkat torehan sepuluh gol bagi Manchester United. Namun, Setan Merah gagal mencapai final karena dihentikan oleh Bayer Leverkusen.

Baca Juga: Ironi AC Milan dan Liga Champions Musim Depan 

2. Zlatan Ibrahimovic (48 gol)

3 Striker Tertajam Liga Champions yang Tak Pernah Icip Gelar JuaraZlatan Ibrahimovic (zlatanibrahimovic.com)

Zlatan Ibrahimovic bisa dibilang salah satu pemain paling apes di Liga Champions. Ia pernah membela tujuh klub di Liga Champions, tetapi tak pernah juara bersama salah satunya. Koleksi 48 gol milik Ibrahimovic di Liga Champions pun seolah sia-sia.

Kesialan Ibrahimovic di Liga Champions nyata dari beberapa kejadian yang ia alami. Pada 2006–2009, ia membela Inter Milan, tetapi tak pernah membawa Nerazzurri juara. Inter Milan justru baru juara Liga Chamions pada 2009/2010, alias semusim setelah Ibrahimovic hengkang.

Ibrahimovic lalu membela Barcelona pada 2009–2011, tetapi lagi-lagi bernasib sial. Meski Barcelona juara Liga Champions 2010/2011, Ibrahimovic tidak ikut mengangkat trofi juara. Pasalnya, saat itu ia sedang dipinjamkan ke AC Milan.

Musim 2022/2023 ini, klub Ibrahimovic, AC Milan, sukses mencapai babak semifinal Liga Champions. Namun, andai AC Milan juara, Ibrahimovic dipastikan tetap tak dapat medali. Pasalnya, ia tidak didaftarkan dalam skuad Rossoneri di Liga Champions musim ini. Miris!

3. Sergio Aguero (41 gol)

3 Striker Tertajam Liga Champions yang Tak Pernah Icip Gelar JuaraSergio Aguero (mancity.com)

Satu lagi pemain tertajam di Liga Champions yang tak pernah mengangkat trofi juara adalah Sergio Aguero. Eks striker Argentina itu punya catatan 41 gol di Liga Champions. Jumlah itu ia capai bersama dua klub, yaitu Atletico Madrid dan Manchester City.

Sayangnya, kedua klub tersebut memang belum pernah juara Liga Champions. Raihan terbaik Aguero di Liga Champions adalah babak final musim 2020/2021 bersama Manchester City. Saat itu, mimpi juara Aguero hancur di tangan Chelsea gara-gara kekalahan 0-1.

Meski demikian, setidaknya Sergio Aguero pernah meraih trofi Eropa dalam kariernya. Ia sukses memenangi Europa League 2009/2010 bersama Atletico Madrid. Plus, trofi Piala Super Eropa 2010 pun sukses ia raih bareng Los Rojiblancos.

Ketajaman ketiga striker di atas dalam mencetak gol memang tak perlu diragukan. Liga Champions pun jadi salah satu ajang pertunjukkan kualitas mereka. Sayangnya, koleksi banyak gol mereka tidak pernah membuahkan gelar juara.

Baca Juga: 6 Mantan Juara Liga Champions Berebut Trofi Liga Europa 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya