Lahir di Inggris, 5 Pemain Top Ini Membela Timnas Negara Lain

Ada Erling Haaland, lho!

Dalam dunia sepak bola, seorang pemain tak selalu membela tim nasional negara kelahirannya. Jika ia memiliki garis keturunan dari negara lain, ia boleh memilih untuk membela timnas negara tersebut. Begitu pula jika seorang pemain mempunyai kewarganegaraan ganda alias kewarganegaraan lebih dari satu negara.

Tak heran jika ada sejumlah pemain yang lahir di suatu negara namun tidak membela timnas negara tersebut. Hal itu dilakukan oleh beberapa pemain top aktif yang lahir di Inggris, tapi memilih untuk membela timnas negara lain. Inilah 5 pemain di antaranya.

1. Erling Haaland (Norwegia)

Lahir di Inggris, 5 Pemain Top Ini Membela Timnas Negara LainErling Haaland di Timnas Norwegia (straitstimes.com)

Hampir semua pencinta sepak bola pasti tahu betul siapa itu Erling Haaland, salah satu pemain muda paling hits saat ini. Meski masih berusia 20 tahun, kehebatan striker Borussia Dortmund ini memang sudah mendunia. Namun, mungkin banyak yang belum tahu bahwa ternyata Haaland lahir di Inggris, tepatnya di Kota Leeds.

Meski berasal dari Norwegia, Haaland lahir di Leeds pada tahun 2000 karena saat itu ayahnya, Alf-Inge Haaland, sedang membela Leeds United di Premier League. Pada tahun 2004 ia dibawa kembali ke Norwegia oleh ayahnya. Erling Haaland mulai membela Norwegia sejak di kelompok umur U-15 dan kini ia sudah punya 12 caps bersama timnas senior.

2. Scott McTominay (Skotlandia)

Lahir di Inggris, 5 Pemain Top Ini Membela Timnas Negara LainScott McTominay di Timnas Skotlandia (skysports.com)

Scott McTominay adalah gelandang yang membela Manchester United sejak 2017. Ia lahir di Lancaster, Inggris, pada 8 Desember 1996. Namun, keluarga McTominay berasal dari Skotlandia, bahkan ibunya disebut-sebut punya hubungan kerabat dengan pelatih legendaris MU asal Skotlandia, Sir Alex Ferguson.

McTominay pun memilih untuk membela Timnas Skotlandia meski sebenarnya bisa bermain untuk Inggris. Sejauh ini, ia sudah bermain 36 kali bagi Skotlandia di semua ajang, termasuk 3 kali di Piala Eropa 2020. Meski gagal membawa Skotlandia lolos dari fase grup, setidaknya McTominay turut membawa negaranya itu kembali ke Piala Eropa setelah 24 tahun absen.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Scott McTominay, Gelandang Muda Manchester United

3. Liam Cooper (Skotlandia)

Lahir di Inggris, 5 Pemain Top Ini Membela Timnas Negara LainLiam Cooper adalah kapten Leeds United (leeds-live.co.uk)

Selain McTominay, pemain Skotlandia lain yang turut membawa negaranya lolos ke Piala Eropa 2020 adalah Liam Cooper. Bek tengah Leeds United itu memang baru mencatat 7 caps bersama timnas, tapi ia turut punya andil di babak kualifikasi dan sempat main satu kali di fase grup Piala Eropa 2020.

Keputusan untuk membela Timnas Skotlandia sepertinya memang keputusan yang tepat bagi Cooper. Sejatinya ia berhak membela Timnas Inggris karena lahir di kota Hull, Inggris. Namun, persaingan bek di Timnas Inggris pastinya lebih ketat daripada Skotlandia. Cooper sendiri sudah membela Leeds sejak 2014 dan kini ia menjabat kapten bagi klubnya itu.

4. Daniel James (Wales)

Lahir di Inggris, 5 Pemain Top Ini Membela Timnas Negara LainDaniel James di Timnas Wales (90min.com)

Daniel James lahir di kota bernama Beverley yang jaraknya cukup dekat dari Hull. Winger Manchester United ini pun memiliki kesempatan untuk bermain bagi Timnas Inggris meski keluarganya berasal dari Wales. Namun, pada akhirnya James tetap memilih untuk membela Wales dan sejauh ini pilihannya terbilang tepat.

James dipercaya membela timnas senior Wales sejak 2018 dan ia sudah mencatat 24 laga di semua ajang. Ia juga jadi bagian tim inti Wales di Piala Eropa 2020 meski tak bisa membawa negaranya melewati babak 16 besar. Dengan usia masih 23 tahun, masih banyak kesempatan bagi James untuk berprestasi bagi Wales.

5. Giovanni Reyna (Amerika Serikat)

Lahir di Inggris, 5 Pemain Top Ini Membela Timnas Negara LainGiovanni Reyna tampil menjanjikan bersama Borussia Dortmund. (bvb.de)

Terakhir ada Giovanni Reyna, pemain muda Amerika Serikat yang membela Borussia Dortmund sejak Januari 2020. Reyna merupakan putra dari pemain legendaris Amerika Serikat, Claudio Reyna, sehingga tak heran jika ia punya bakat sepak bola yang besar. Meskipun lahir di Sunderland, Inggris, Giovanni memilih untuk membela Timnas AS seperti ayahnya.

Meski baru berusia 18 tahun, Reyna sudah dipercaya tampil 64 kali bersama Dortmund dalam 1,5 musim dan mencetak 8 gol serta 9 assist. Sementara di Timnas Amerika Serikat, ia sudah tampil 8 kali dan mencetak 4 gol. Statistik hebat itu menunjukkan bahwa Reyna sangat potensial untuk menjadi bintang masa depan Dortmund dan negaranya.

 

Itulah 5 pemain top yang lahir di Inggris namun akhirnya membela timnas negara lain. Meski timnas negara mereka mungkin tak sekuat Inggris, bukan berarti mereka tak bisa berprestasi. Bukan mustahil, suatu saat nanti mereka mampu membawa negaranya meraih trofi internasional.

Baca Juga: 5 Pemain asal Inggris yang Kariernya Bersinar di Luar Inggris

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya