5 Pemain Top Belgia yang Bermain di Jupiler Pro League 2022/2023

Mereka pernah sukses bersama klub-klub besar Eropa

Belgia memiliki generasi pemain top yang bersinar di dunia sepak bola dalam beberapa musim terakhir. Sebagian dari mereka masih bermain di liga-liga top Eropa pada musim 2022/2023 ini. Namun, ada pula beberapa yang sudah kembali ke negaranya, khususnya mereka yang sudah tidak muda lagi.

Kelima pemain Belgia pada ulasan kali ini adalah contohnya. Mereka sempat meraih sukses bersama klub-klub besar Eropa. Namun, saat ini mereka melanjutkan karier di Jupiler Pro League alias divisi utama Liga Belgia musim 2022/2023.

1. Radja Nainggolan

5 Pemain Top Belgia yang Bermain di Jupiler Pro League 2022/2023Radja Nainggolan (twitter.com/official_rafc)

Pertama, ada Radja Nainggolan, gelandang Belgia yang memiliki darah Indonesia. Nainggolan menghabiskan hampir seluruh karier profesionalnya bermain di Italia, tepatnya medio 2006–2021. Ia paling populer saat membela AS Roma, tetapi sempat pula berseragam Inter Milan.

Karier Nainggolan di Serie A mulai meredup saat ia membela Inter. Ia gagal jadi pilihan utama dalam dua musim terakhirnya sehingga dilepas pada musim panas 2021. Nainggolan lalu memutuskan bergabung dengan Royal Antwerp dan masih bertahan hingga kini.

Antwerp pun menjadi klub pertama yang dibela Nainggolan di luar Italia. Sejak bergabung, Nainggolan sukses menjadi pemain kunci Antwerp. Sejauh ini, Nainggolan sudah bermain 52 kali bareng Antwerp dan menorehkan 6 gol.

2. Simon Mignolet

5 Pemain Top Belgia yang Bermain di Jupiler Pro League 2022/2023Simon Mignolet (instagram.com/22mignolet22)

Simon Mignolet adalah kiper yang pernah menjadi penjaga gawang utama Timnas Belgia. Di level klub, Mignolet terutama populer saat bermain di Inggris bersama Liverpool. Ia membela Liverpool pada 2013–2019 dan turut memenangi trofi Liga Champions 2018/2019.

Setelah itu, Mignolet memilih melanjutkan karier di negaranya sendiri bersama Club Brugge. Mignolet kembali meraih tempat utama bersama Brugge dan sejauh ini sudah bermain 152 kali. Ia adalah salah satu pemain kunci Brugge yang menjuarai divisi utama Liga Belgia dalam tiga musim terakhir.

Baca Juga: 5 Pemain Belgia yang Pernah Menjuarai LaLiga Spanyol, Siapa Saja?

3. Jan Vertonghen

5 Pemain Top Belgia yang Bermain di Jupiler Pro League 2022/2023Jan Vertonghen (rsca.be)

Jan Vertonghen adalah pemain dengan jumlah penampilan terbanyak bersama Timnas Belgia saat ini. Bek tengah berusia 35 tahun ini sudah mengoleksi 139 caps dan masih belum pensiun dari timnas. Di level klub, Vertonghen juga pernah menikmati karier gemilang bersama Ajax Amsterdam, Tottenham Hotspur, dan Benfica.

Namun, Vertonghen kini sudah hijrah ke Anderlecht pada musim panas 2022. Uniknya, ini adalah kali pertama Vertonghen bermain di liga negaranya sendiri selama berkarier. Sejak bergabung, Vertonghen sudah bermain empat kali bagi Anderlecht dan menyumbang satu gol.

4. Toby Alderweireld

5 Pemain Top Belgia yang Bermain di Jupiler Pro League 2022/2023Toby Alderweireld (instagram.com/tobyalderweireld)

Toby Alderweireld adalah penampil terbanyak ketiga bagi Timnas Belgia. Seperti Vertonghen, Alderweireld juga berposisi bek tengah. Sama seperti Vertonghen pula, Alderweireld pernah membela Ajax dan Tottenham. 

Alderweireld bergabung dengan Royal Antwerp dan langsung dipercaya mengemban jabatan kapten. Sejauh ini ia sudah tampil 14 kali di semua ajang dengan torehan 2 gol. Alderweireld bahkan sukses membawa klub barunya menyapu bersih sembilan partai awal Jupiler Pro League 2022/2023 dengan kemenangan.

5. Dedryck Boyata

5 Pemain Top Belgia yang Bermain di Jupiler Pro League 2022/2023Dedryck Boyata (clubbrugge.be)

Satu lagi pemain top Belgia yang berkarier di negaranya sendiri pada 2022/2023. Ia adalah Dedryck Boyata. Boyata adalah bek yang merupakan jebolan akademi Manchester City. Boyata membela Manchester City pada 2009–2015. Meski sering dipinjamkan ke klub lain, Boyata sempat turut memenangi Piala FA 2010/2011.

Setelah itu, Boyata berkarier bersama Celtic FC di Liga Skotlandia dan memenangi delapan trofi dalam empat musim. Boyata baru mulai bermain di Jupiler Pro League pada musim 2022/2023 untuk membela Club Brugge. Sejauh ini Boyata sudah tampil lima kali, sebagian besar sebagai pemain pengganti.

Liga Belgia selama ini jarang dilirik karena para pemain top Belgia lebih memilih berkarier di luar negeri. Namun, pada musim 2022/2023 ini ada beberapa nama top yang bermain di Jupiler Pro League. Kehadiran mereka tentunya menambah daya tarik liga ini bagi fans sepak bola.

Baca Juga: 6 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belgia, Semuanya Masih Aktif

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya