7 Pemain Top yang Membela Manchester City sebelum Jadi Klub Kaya

Dua di antaranya pernah sukses di Manchester United

Manchester City adalah salah satu klub Eropa dengan kekuatan finansial terhebat saat ini. Berkat kedatangan investor kaya, Abu Dhabi United Group, pada 2008, City berubah drastis menjadi salah satu klub terkuat di Inggris. Puluhan pemain kelas dunia telah berdatangan ke City sejak itu hingga mereka sanggup meraih banyak trofi.

Situasi itu jauh berbeda dibanding sebelum 2008 saat City hanya dikenal sebagai klub medioker dengan pemain seadanya. Namun, ternyata ada pula sejumlah pemain top yang pernah membela Manchester City sebelum mereka menjadi klub kaya. Inilah tujuh pemain di antaranya.

1. Peter Schmeichel 

7 Pemain Top yang Membela Manchester City sebelum Jadi Klub Kayapotret Peter Schmeichel berseragam Manchester City (skysports.com)

Pertama ada Peter Schmeichel, kiper asal Denmark yang terkenal sebagai legenda Manchester United. Schmeichel memang cukup lama membela MU dan meraih banyak trofi bersama MU. Namun, ternyata ia tak menutup kariernya bersama Setan Merah, tapi bersama sang tetangga, Manchester City pada musim 2002/03.

Schmeichel sudah berusia 39 tahun ketika bergabung dengan City, tapi ia tetap dipercaya jadi kiper utama dan tampil 31 kali di semua ajang. Setelah musim itu selesai, Schmeichel pun gantung sepatu. Belakangan, Kasper Schmeichel sempat mengikuti jejak sang ayah dengan membela City meski akhirnya gagal bersinar di City.

2. David Seaman 

7 Pemain Top yang Membela Manchester City sebelum Jadi Klub Kayapotret David Seaman berseragam Manchester City (talksport.com)

Setelah ditinggal Peter Schmeichel, Manchester City kembali mendatangkan kiper gaek yang pernah sukses luar biasa di Premier League, yaitu David Seaman. Seaman bergabung dengan City setelah menghabiskan 13 musim penuh kesuksesan bersama Arsenal. Seperti Schmeichel, karier Seaman di City pun hanya berlangsung semusim.

Total 26 penampilan dimainkan Seaman bersama City sepanjang musim 2003/04. City sendiri tampil buruk di musim tersebut hingga akhirnya hanya finis di posisi ke-16 klasemen akhir. Di akhir musim, Seaman pun memutuskan pensiun di usia 40 tahun.

3. Nicolas Anelka 

7 Pemain Top yang Membela Manchester City sebelum Jadi Klub Kayapotret Nicolas Anelka Manchester City (premierleague.com)

Pemain yang satu ini juga pernah membela Arsenal sebelum bergabung dengan Manchester City. Nicolas Anelka bergabung dengan City pada 2002 setelah sebelumnya sempat membela Paris Saint-Germain, Arsenal, dan Real Madrid.

Anelka kemudian sukses menunjukkan sinarnya bersama City sehingga dijadikan andalan di lini depan. Striker asal Prancis ini berseragam City selama 2,5 musim dan ia mencatat 46 gol dalam 103 laga di semua ajang. Sayangnya, ketajamannya itu tak cukup untuk membawa klubnya meraih trofi.

Baca Juga: Kisah Petualangan Nicolas Anelka, Bintang Prancis dengan Banyak Klub

4. Robbie Fowler 

7 Pemain Top yang Membela Manchester City sebelum Jadi Klub Kayapotret Robbie Fowler berseragam Manchester City (mancity.com)

Pada 2003, Manchester City kedatangan dua pemain top yang pernah meraih sukses bersama Liverpool. Yang pertama adalah Robbie Fowler, striker asal Inggris yang mengoleksi total 183 gol selama membela Liverpool. Fowler bergabung dengan City pada Januari 2003, dan bertahan hingga Januari 2006.

Selama sekitar 3 musim, Fowler tampil 92 kali bagi City di semua ajang dan mencetak 27 gol. Tak ada trofi yang ia raih bersama City, tapi ia sempat menjadi top skor klub di musim 2004/05 serta membawa City finis di posisi ke-8 Premier League.

5. Steve McManaman 

7 Pemain Top yang Membela Manchester City sebelum Jadi Klub Kayapotret Steve McManaman berseragam Manchester City (twitter.com/mancity)

Berikutnya ada Steve McManaman yang juga pernah lama membela Liverpool dan meraih trofi bersama The Reds. Setelah Liverpool, McManaman sempat hijrah ke Real Madrid dan sukses meraih 6 trofi bersama Los Blancos. Saat bergabung dengan City, McManaman sudah punya nama besar yang diharap berpengaruh positif bagi mereka.

Sayangnya, karier McManaman bersama City pada akhirnya terbilang mengecewakan. Ia hanya bermain 44 kali dalam 2 musim dan gagal menyumbang gol ataupun assist. McManaman pun pensiun di akhir musim 2004/05 tanpa kesan yang berarti bersama City.

6. Dietmar Hamann 

7 Pemain Top yang Membela Manchester City sebelum Jadi Klub Kayapotret Dietmar Hamann berseragam Manchester City (mancity.com)

Satu lagi pemain yang sukses bersama Liverpool lalu bergabung dengan Manchester City adalah Dietmar Hamann. Hamann merupakan gelandang bertahan asal Jerman yang membela Liverpool selama 7 musim dan meraih 9 trofi, termasuk Liga Champions 2004/05.

Hamann kemudian membela City pada 2006 hingga 2009. Ia sempat bermain di musim 2008/09, musim dimulainya era baru City setelah menjadi klub kaya. Karena kedatangan sejumlah pemain top ketika itu, Hamann pun kehilangan tempat di tim utama sehingga ia hengkang dan menutup karier bersama Milton Keynes Dons di divisi ketiga Liga Inggris.

7. Andy Cole 

7 Pemain Top yang Membela Manchester City sebelum Jadi Klub Kayapotret Andy Cole berseragam Manchester City (mancity.com)

Andy Cole adalah striker Inggris yang sukses tampil tajam saat membela Newcastle United dan Manchester United. Cole khususnya populer selama membela MU, karena ia tak hanya mencetak banyak gol tapi juga meraih banyak trofi bersama Setan Merah. Namun, seperti Peter Schmeichel, Cole juga sempat membela City menjelang akhir kariernya.

Cole berseragam Manchester City di musim 2005/06. Ia mencetak 10 gol dalam 23 laga, sehingga menjadi top skor City di musim tersebut. Setelah hengkang dari City, Cole sempat membela beberapa klub lain sebelum akhirnya pensiun di tahun 2008.

 

Sebelum menjadi klub kaya seperti sekarang, Manchester City ternyata juga pernah dibela sejumlah pemain top, misalnya tujuh pemain di atas. Ada yang pernah bermain untuk klub favoritmu?

Baca Juga: 5 Transfer Manchester City dan Barcelona Sebelum Ferran Torres

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya