Comscore Tracker

Ikonik, 5 Pemain Top Ini Terkenal dengan Nomor Punggung 14

Mereka memakai nomor 14 hampir di sepanjang kariernya

Dalam sebuah tim sepak bola, fungsi utama nomor punggung di kostum pemain adalah untuk membedakan satu pemain dengan pemain lainnya. Namun, pada perkembangannya, nomor punggung pemain kemudian menjadi memiliki makna yang lebih besar. Itu bisa jadi ciri khas seorang pemain, bahkan simbol yang bisa menggambarkan pemain tersebut.

Salah satu nomor punggung yang akhirnya jadi lekat bagi beberapa pemain adalah nomor 14. Sejumlah pemain top dunia pernah menggunakan nomor ini sebagai nomor khas mereka. Siapa Saja? Ini dia 5 pemain top di era modern yang terkenal dengan nomor punggung 14.

1. Thierry Henry

Ikonik, 5 Pemain Top Ini Terkenal dengan Nomor Punggung 14Thierry Henry (dailymail.co.uk)

Yang pertama tentu adalah Thierry Henry, striker asal Prancis yang merupakan legenda Arsenal. Pada awal kariernya, Henry sempat memakai beberapa nomor, misalnya 28, 12, dan bahkan nomor 6 saat di Juventus. Namun, saat bergabung dengan Arsenal pada 1999, Henry diserahi nomor 14 dan sejak itu nomor tersebut melekat padanya.

Ketika Henry bermain untuk Barcelona dan New York Bulls pun, ia tetap memakai nomor khasnya itu. Namun, bersama timnas, Henry justru tak pernah memakai nomor 14. Ia lebih sering menggunakan nomor 12 saat berseragam Prancis dan terkadang nomor 9. Hingga kini, Henry dikenal sebagai salah satu pemain bernomor 14 terbaik di era modern.

2. Guti Hernandez

Ikonik, 5 Pemain Top Ini Terkenal dengan Nomor Punggung 14Guti Hernandez (90min.com)

Masih ingat Guti Hernandez? Ia adalah gelandang legendaris Real Madrid yang dengan setia membela Los Blancos selama 15 tahun sejak 1995 hingga 2010. Selama periode tersebut, Guti tampil 542 kali di semua ajang dan mencetak 77 gol serta 90 assist. Ia juga turut membawa Madrid memenangi 15 trofi, termasuk 3 Liga Champions.

Seperti Henry, Guti juga terkenal dengan nomor 14 di punggungnya. Dalam dua musim pertamanya ia memang sempat memakai nomor lain, namun setelah itu ia terus mengenakan nomor 14. Termasuk setelah meninggalkan Madrid dan bergabung dengan Besiktas pada 2010, Guti tetap memilih nomor 14 di klub Turki tersebut.

Baca Juga: 7 Pemain Top yang Pernah Membela Real Madrid dan PSG, Ramos Terbaru

3. Xabi Alonso

Ikonik, 5 Pemain Top Ini Terkenal dengan Nomor Punggung 14Xabi Alonso (dw.com)

Gelandang Spanyol lain yang juga hampir selalu memakai nomor 14 adalah Xabi Alonso. Xabi memulai karier bersama Real Sociedad pada 2000 hingga 2004 dan selama itu ia tak mengenakan nomor 14. Namun, Xabi kemudian direkrut Liverpool dan mendapat nomor punggung 14. Sejak itulah nomor 14 seolah menyatu dengan dirinya.

Selepas dari Liverpool, Xabi bergabung dengan Real Madrid dan kemudian Bayern Munchen. Ia sempat memakai nomor lain ketika baru bergabung dengan kedua klub tersebut, namun pada akhirnya tetap kembali memakai nomor 14. Bersama Timnas Spanyol pun Xabi hampir selalu mengenakan nomor punggung 14 selama 11 tahun mengabdi.

4. Javier Mascherano

Ikonik, 5 Pemain Top Ini Terkenal dengan Nomor Punggung 14Javier Mascherano (goal.com)

Ada pula Javier Mascherano, gelandang asal Argentina yang pernah bermain untuk Liverpool dan Barcelona. Mascherano juga cukup identik dengan nomor punggung 14 yang awalnya ia kenakan di Timnas Argentina sejak 2006. Sementara saat membela Liverpool selama 3 musim, ia justru menggunakan jersey bernomor 20.

Barulah saat pindah ke Barcelona pada 2010, Mascherano mulai menggunakan nomor 14. Ia terus memakai nomor tersebut sampai pensiun, termasuk saat hengkang dari Barca dan bermain di Liga Tiongkok kemudian Liga Argentina. Mascherano pensiun belum terlalu lama, tepatnya sejak November 2020 lalu.

5. Diego Simeone 

Ikonik, 5 Pemain Top Ini Terkenal dengan Nomor Punggung 14Diego Simeone (theguardian.com)

Terakhir ada Diego Simeone, mantan gelandang yang juga berasal dari Argentina. Simeone mulai memakai nomor punggung 14 pada saat membela Atletico Madrid tahun 1995. Nomor itu lalu terus melekat padanya meskipun ia beberapa kali pindah klub, yaitu ke Inter Milan, Lazio, kembali ka Atletico Madrid, dan akhirnya ke Racing Club sebagai klub terakhirnya.

Bersama Timnas Argentina pun ia beberapa kali menggunakan nomor 14 meskipun tidak selalu. Sebagai pemain, Simeone memang lebih sering ditempatkan di pos gelandang bertahan dan box-to-box. Namun, ia juga piawai dalam membangun serangan sehingga beberapa kali mendapatkan nomor punggung 10 di Timnas Argentina.

 

Itulah 5 pemain top yang terkenal dengan nomor punggung 14 saat aktif bermain. Tentu, nomor punggung bukan faktor utama penentu kesuksesan pemain. Namun, memakai nomor punggung yang cocok bisa jadi faktor pendukung secara psikologis yang membuat pemain tampil nyaman dan penuh percaya diri.

Baca Juga: Atletico Madrid Girang, Simeone Bertahan Lebih Lama

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya