Comscore Tracker

5 Pemain yang Berhasil Cetak Hat-trick ke Gawang MU, Ada Ronaldo

Ada pemain Liverpool juga, lho

Mencetak tiga gol dalam satu pertandingan alias hat-trick adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Apalagi melakukannya ke gawang tim besar. Sebuah tim besar biasanya memiliki barisan bek dan kiper kelas dunia yang pasti tak bisa dibobol dengan mudah.

Salah satu tim besar yang hampir selalu memiliki pertahanan kuat adalah Manchester United. Tak heran jika sepanjang sejarah, hanya ada sedikit nama yang bisa mencetak hat-trick ke gawang Setan Merah. Dalam dua dekade terakhir, hanya 5 nama pemain ini yang berhasil melakukannya. Berikut ulasannya.

1. Ronaldo Nazario 

5 Pemain yang Berhasil Cetak Hat-trick ke Gawang MU, Ada Ronaldosoccerladuma.co.za

Pertama ada Ronaldo Nazario, striker asal Brasil yang pernah jadi bagian Los Galacticos Real Madrid. Pada 2002-03 dalam laga perempat final Liga Champions, Real Madrid kebagian lawan yang cukup tangguh yaitu Manchester United. Namun leg pertama di Santiago Bernabeu berhasil mereka menangkan 3-1.

Pada leg kedua di Inggris, Ronaldo menunjukkan magisnya. Trigolnya di menit 12, 50, dan 59 membuat 4 gol MU malam itu seperti tak berarti. Ronaldo bahkan sampai mendapatkan standing ovation dari publik Old Trafford kala ditarik keluar pada menit 67. Meski kalah 3-4, Madrid tetap lolos ke semifinal karena unggul agregat 6-5.

2. David Bentley 

5 Pemain yang Berhasil Cetak Hat-trick ke Gawang MU, Ada Ronaldopremierleague.com

Nama David Bentley memang kurang populer di dunia sepakbola modern. Namun pemain sayap asal Inggris ini pernah mencuri perhatian pada laga Premier League musim 2005-06, tepatnya partai Blackburn Rovers melawan Manchester United. Kala itu Bentley baru saja dipermanenkan Blackburn dari Arsenal setelah sebelumnya hanya berstatus pinjaman.

Hebatnya, di partai pertamanya sebagai pemain Blackburn, Bentley langsung mencetak hat-trick ke gawang MU! Padahal penjaga gawang MU malam itu bukan nama sembarangan, yaitu Edwin van der Sar. Skor akhir adalah 4-3 untuk kemenangan Blackburn, dan hasil itu adalah salah satu penyebab MU kalah dalam persaingan juara Premier League musim tersebut.

3. Dirk Kuyt 

5 Pemain yang Berhasil Cetak Hat-trick ke Gawang MU, Ada Ronaldodailymail.co.uk

Hat-trick ke gawang MU tentu akan semakin berlipat ganda nilainya kalau dilakukan oleh pemain Liverpool yang adalah musuh bebuyutan Setan Merah. Itu pernah terjadi pada partai antara kedua tim di ajang Premier League 2010-11. Adalah Dirk Kuyt, winger Liverpool asal Belanda yang mencetak hat-trick kala itu.

Kuyt mencetak 2 gol di babak pertama serta 1 gol di babak kedua yang hanya bisa dibalas MU sekali di penghujung pertandingan. Laga yang berlangsung di Anfield itu pun berakhir 3-1 untuk The Reds. Itu adalah satu-satunya hat-trick yang pernah ia buat di Premier League, dan kebetulan ia mencetaknya ke gawang tim yang sangat tepat.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola yang Sukses Cetak Hat-trick Penalti, Siapa Saja?

4. Romelu Lukaku 

5 Pemain yang Berhasil Cetak Hat-trick ke Gawang MU, Ada Ronaldoskysports.com

Nama berikutnya adalah Romelu Lukaku, striker Belgia yang belakangan menjadi pemain MU sendiri. Kala itu partai terakhir Premier League 2012-13, sekaligus partai terakhir Sir Alex Ferguson sebagai pelatih MU. Setan Merah berhadapan dengan West Bromwich Albion, dan hingga menit ke 63 MU sudah unggul 5-2.

Namun West Brom melawan. Lukaku yang sudah mencetak 1 gol kemudan membuat 2 gol tambahan, plus satu gol Youssouf Mulumbu sehingga laga berakhir imbang 5-5. Ferguson pun batal mendapat kemenangan di partai ke 1.500 sekaligus terakhirnya di MU. Namun untunglah hasil itu tak berpengaruh terhadap MU yang sudah mengunci gelar juara kala itu.

5. Samuel Eto'o 

5 Pemain yang Berhasil Cetak Hat-trick ke Gawang MU, Ada Ronaldobritishcouncil.org

Dan inilah pemain terakhir yang sukses mencetak hat-trick ke gawang MU hingga kini. Samuel Eto'o melakukannya kala masih berseragam Chelsea pada musim 2013-14, alias musim pertama MU tanpa Sir Alex Ferguson. MU tengah compang camping bersama pelatih baru dan Chelsea pun berhasil meraih kemenangan meyakinkan di Stamford Bridge.

Ketiga gol The Blues dicetak Eto'o di menit 17, 45, dan 49. Eto'o sendiri pada akhirnya hanya bermain semusim di Chelsea dan mencetak 12 gol di semua ajang, seperti dilansir Transfermarkt. Itulah kali terakhir seorang pemain berhasil mencetak hat-trick ke gawang MU hingga saat ini.

Mencetak hat-trick ke gawang tim besar seperti MU tentu adalah pencapaian yang sulit. Maka 5 pemain di atas patut diacungi jempol karena mampu melakukannya. Dari antara mereka, menurutmu, hat-trick siapa yang terhebat?

Baca Juga: 7 Pemain Ini Berhasil Cetak Hat-trick Lewat Free Kick, Jago!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya