Comscore Tracker

5 Pemain yang Cetak Hat-trick pada Debutnya di Liga Champions

Debut langsung bikin tiga gol!

Liga Champions Eropa adalah salah satu turnamen sepak bola paling prestisius di dunia. Setiap musim, 32 klub terbaik Eropa dari berbagai liga beradu kekuatan mencari yang terbaik. Maka bagi seorang pemain, bisa tampil di ajang ini tentu merupakan kebanggaan yang luar biasa.

Kebanggan tersebut tentu akan makin besar jika si pemain menjalani debut di Liga Champions dan langsung mencetak gol, bahkan bukan hanya satu melainkan tiga gol sekaligus alias hat-trick!

Sepanjang sejarah, ternyata ada beberapa pemain yang pernah mencatat pencapaian luar biasa tersebut. Inilah dia 5 nama di antaranya.

1. Faustino Asprilla 

5 Pemain yang Cetak Hat-trick pada Debutnya di Liga Championsuefa.com

Pertama ada Faustino Asprilla, gelandang serang asal Kolombia yang hanya pernah membela dua klub Eropa, yaitu Parma dan Newcastle United. Kala membela Newcastle pada musim 1997/98, ia berkesempatan mencicipi debut di Liga Champions. Kebetulan, itu juga adalah kali pertama Newcastle tampil di Liga Champions.

Lawan pertama yang harus dihadapi Asprilla dkk bukan tim sembarangan, yaitu Barcelona. Namun ajaibnya, Newcastle sukses menumbangkan sang raksasa Spanyol 3-2. Tiga gol Asprilla hanya mampu dibalas dua kali melalui Luis Enrique dan Luis Figo.

Pencapaian Asprilla terbilang istimewa karena ia adalah pemain pertama yang mampu mencetak hat-trick melawan Barcelona di Liga Champions. Dilansir 90 Min, capaian itu hanya bisa disamai dua pemain, yaitu Andriy Shevchenko di musim yang sama dan Kylian Mbappe yang baru saja melakukannya pada Februari lalu.

2. Wayne Rooney 

5 Pemain yang Cetak Hat-trick pada Debutnya di Liga Championsplanetfootball.com

Kala masih muda, Rooney memang pantas disebut bocah ajaib. Tak hanya karena penampilan hebatnya ketika masih di Everton, tapi juga karena ia berhasil mempertahankan performa gemilang itu kala pindah ke Manchester United. Bahkan, sejak laga debutnya, ia langsung menunjukkan bahwa ia akan jadi pemain legendaris MU.

Kebetulan, debut Rooney di MU terjadi di ajang Liga Champions. Kala itu, musim 2004/05 dan Rooney yang belum genap berusia 19 tahun diturunkan sebagai starter pada partai grup melawan Fenerbahce.

Hasilnya luar biasa. Rooney sukses mencetak 2 gol dalam 30 menit pertama laga, melengkapi gol Giggs sehingga MU mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 3-0.

Di babak kedua, ternyata Rooney belum puas. Ia mengeksekusi tendangan bebas yang meluncur mulus ke gawang Fenerbahce sehingga menjadikan malam itu debut impian baginya.

Laga berakhir 6-2, dan hat-trick Rooney saat itu ternyata adalah yang pertama dari 8 hat-trick yang ia buat selama 13 musim membela MU.

Baca Juga: 7 Pemain Ini Berhasil Cetak Hat-trick Lewat Free Kick, Jago!

3. Vincenzo Iaquinta 

5 Pemain yang Cetak Hat-trick pada Debutnya di Liga Championsalchetron.com

Semusim setelah magis Rooney, Vincenzo Iaquinta meraih pencapaian serupa dengan mencetak hat-trick pada debutnya di Liga Champions. Ia membela Udinese, klub yang saat itu juga baru merasakan debutnya di Liga Champions sepanjang sejarah mereka.

Hebatnya, Udinese langsung meraih kemenangan 3-0 atas Panathinaikos, dengan seluruh gol dicetak Iaquinta. Laman UEFA mencatat bahwa striker Italia ini mencetak gol di menit 28, 73, dan 76.

Pada akhirnya perjalanan Udinese di Liga Champions memang harus terhenti karena hanya finis di posisi ketiga grup. Namun hat-trick yang dicetak Iaquinta pada debutnya itu tetap ia rasakan sebagai momen terbaik sepanjang kariernya.

4. Grafite 

5 Pemain yang Cetak Hat-trick pada Debutnya di Liga Championsuefa.com

Debut ajaib di Liga Champions juga dialami oleh Grafite dan klubnya Wolfsburg pada musim 2009/10. Itu adalah kali pertama Wolfsburg lolos ke Liga Champions setelah musim sebelumnya membuat kejutan dengan menjuarai Bundesliga.

Seperti Udinese, partai debut Wolfsburg di Liga Champions pun diakhiri dengan kemenangan. Striker Wolfsburg asal Brasil, Grafite, jadi bintang kemenangan mereka 3-1 atas CSKA Moskow.

Tiga gol Grafite terjadi di menit 36, 41, dan 87. Sayangnya seperti Udinese, Wolfsburg pun tetap gagal lolos dari fase grup setelah hanya finis di urutan ketiga. Secara total, Wolfsburg baru pernah merasakan tampil di Liga Champions 2 kali saja hingga kini.

5. Erling Braut Haaland 

5 Pemain yang Cetak Hat-trick pada Debutnya di Liga Championstransfermarkt.com

Bintang muda baru asal Norwegia, Erling Braut Haaland juga sukses tampil trengginas pada debutnya di Liga Champions. Itu terjadi belum lama ini, tepatnya di musim 2019/20. Haaland yang masih membela Red Bull Salzburg menjalani debutnya di Liga Champions menghadapi KRC Genk, klub asal Belgia.

Laga baru berjalan 2 menit saja, Haaland sudah sukses mencetak gol. Kemudian ia mencetak 2 gol tambahan di menit 34 dan 45 sehingga menggenapkan hat-trick dalam satu babak saja. Haaland tak berhasil mencetak gol tambahan di babak kedua, namun timnya tetap menang 6-2.

Pada akhirnya Haaland memang gagal membawa Salzburg lolos ke babak knock-out karena mereka finis di posisi ketiga. Namun dalam 6 partai grup musim itu Haaland sukses mencetak total 8 gol.

Tak heran jika belum lama ini, Haaland sukses memecahkan rekor sebagai pemain tercepat yang bisa mencetak 20 gol di Liga Champions, yaitu hanya dalam 14 laga saja. Luar biasa!

 

Itulah 5 pemain yang berhasil cetak hat-trick pada laga debut mereka di Liga Champions. Kalau menurutmu, hat-trick siapa yang paling luar biasa?

Baca Juga: 5 Hat-trick Unik yang Pernah Dilakukan Pemain Sepak Bola, Sudah Tahu?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya