5 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Laga Derby, Termasuk Ronaldo

Dari derby Manchester hingga derby Madrid

Mencetak hattrick alias tiga gol dalam satu pertandingan adalah pencapaian yang sangat membanggakan bagi seorang pemain. Apalagi, jika hattrick itu berhasil membawa timnya meraih kemenangan. Nah, bayangkan betapa lebih istimewa lagi kalau hal itu terjadi pada laga derby melawan tim sekota.

Ya, derby melawan tim sekota biasanya berlangsung panas dan penuh gengsi. Maka, jika seorang pemain bisa mencetak hattrick pada laga derby, pasti menjadi kebanggaan yang terasa semakin berlipat ganda. Inilah 5 pemain yang berhasil melakukannya di liga top Eropa pada era sepakbola modern.

1. Andrei Kanchelskis (Derby Manchester)

5 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Laga Derby, Termasuk Ronaldodreamteamfc.com

Derby Manchester adalah laga panas yang mempertemukan dua klub kota Manchester, yaitu Manchester United dan Manchester City. Sejak dulu, atmosfer derby yang satu ini selalu panas, bahkan sebelum Manchester City menjadi klub besar seperti sekarang. Maka, apa yang dilakukan Andrei Kanchelskis pada derby Manchester 1994/1995 pasti sangat membanggakan.

Nama Andrei Kanchelskis sebenarnya tak pernah sepopuler bintang-bintang lain yang dimiliki MU. Namun, pada laga bulan November 1994 di Old Trafford itu, ia membuktikan kualitasnya. Pemain sayap asal Rusia ini mencetak hattrick pada menit 43, 47, dan 88 untuk membawa MU membantai City 5-0.

Kanchelskis menjadi pemain pertama sekaligus satu-satunya hingga saat ini yang berhasil mencetak hattrick pada derby Manchester di era Premier League. Skor 5-0 pun jadi rekor kemenangan terbesar MU atas City sepanjang sejarah dan masih bertahan hingga saat ini.

2. Steven Gerrard (Derby Merseyside)

5 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Laga Derby, Termasuk Ronaldopremierleague.com

Dibanding derby Manchester, derby Merseyside antara Liverpool melawan Everton bahkan lebih panas lagi. Salah satu buktinya adalah jumlah kartu merah yang muncul. Dilansir BBC, derby berjuluk Friendly Derby ini sudah menghasilkan 22 kartu merah di era Premier League, terbanyak dibanding partai lain.

Ketatnya pertemuan kedua tim juga terlihat dari jumlah hat-trick yang terjadi era Premier League, yaitu hanya satu. Pencetaknya adalah Steven Gerrard pada laga musim 2011/2012. Gerrard mencetak hattrick dengan gol di menit 34, 51, dan 93. Sampai saat ini belum ada lagi pemain yang mampu mencetak hattrick di laga panas antar kedua tim.

Baca Juga: 5 Pemain Rangers FC yang Paling Diandalkan Steven Gerrard, Kunci Juara

3. Mauro Icardi (Derby Milan)

5 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Laga Derby, Termasuk Ronaldobleacherreport.net

Beralih ke Italia, ada derby Milan atau dikenal juga sebagai derby della Madonnina antara AC Milan melawan Inter Milan. Kedua klub ini selalu jadi klub besar sejak dulu. Pertemuan keduanya selalu menarik. Bahkan, pada saat performa Inter dan Milan tengah terpuruk pun, pertaruhan gengsi akan tetap membuat kedua tim tak mau mengalah.

Tmenjadi kebanggaan tersendiri jika seorang pemain mampu mencetak hattrick dalam laga bergengsi ini. Mauro Icardi adalah salah satu pemain yang pernah merasakannya. Striker asal Argentina itu mencetak hattrick ke gawang Milan pada laga Serie A musim 2017/2018 dengan gol di menit 28, 63, dan penalti di menit 90.

Di sisi lain, Milan hanya mampu mencetak 2 gol melalui gol Suso dan gol bunuh diri kiper Samir Handanovic sehingga Inter menang 3-2. Icardi pun sukses menyamai catatan sesama striker asal Argentina, Diego Millito, yang juga mencetak hattrick ke gawang Milan 5 tahun sebelumnya.

4. Vincenzo Montella (Derby Roma)

5 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Laga Derby, Termasuk Ronaldoforzaitalianfootball.com

Sementara itu, yang dilakukan Vincenzo Montella di laga derby Roma melawan Lazio pada musim 2001/2002 bahkan lebih dahsyat lagi. Itu karena Montella berhasil mencetak bukan hanya hattrick, tetapi 4 gol sekaligus! Kilau duet Montella-Totti benar-benar membuat derby della Capitale berjalan timpang kala itu.

Montella bahkan sudah berhasil mencetak hat-trick di babak pertama melalui gol di menit 12, 30, dan 37. Di babak kedua ia mencetak satu gol tambahan yang lalu dilengkapi gol Totti. Lazio hanya mampu membalas satu kali sehingga laga berakhir dengan skor 5-1. Itu adalah kemenangan terbesar Roma atas Lazio sejak tahun 1933 dan masih bertahan hingga kini.

5. Cristiano Ronaldo (Derby Madrid)

5 Pemain yang Mencetak Hattrick pada Laga Derby, Termasuk Ronaldocnn.com

Terakhir, ada laga derby Madrid antara Real Madrid melawan Atletico Madrid yang merupakan salah satu partai terbesar di Spanyol. Meski tak semegah laga El Classico, pertemuan dua klub ibu kota ini juga kerap menghasilkan laga panas penuh drama. Salah satu drama tersebut adalah hattrick Cristiano Ronaldo ke gawang Atletico pada 2017.

Yang membuat raihan Ronaldo istimewa adalah karena adalah laga itu terjadi di semifinal Liga Champions. Menghadapi Atletico di Santiago Bernabeu pada leg pertama, Ronaldo suskes menceploskan gol pada menit ke-10, 73, dan 86, sesuai catatan laman UEFA.

Hattrick Ronaldo itu terbukti vital karena membuat kemenangan Atletico 2-1 di leg kedua jadi tak berarti apa-apa. Madrid sukses melaju ke final dan pada akhirnya menjadi juara setelah mengalahkan Juventus 4-1 dengan 2 gol dicetak Ronaldo. Fantastis!

 

Itulah 5 pemain yang berhasil mencetak hattrick pada laga derby melawan klub sekota. Dalam laga derby yang panas penuh gengsi, sukses mencetak hat-trick pasti merupakan pencapaian luar biasa. Siapa dari 5 pemain di atas yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: Deretan Fakta Derby Antiklimaks Atletico Vs Madrid

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya