Comscore Tracker

7 Pemain yang Pernah Berkarier di 4 Liga Top Eropa, Ada Ibrahimovic!

Beberapa masih aktif bermain hingga saat ini

Bermain di liga top Eropa pasti adalah kebanggaan tersendiri bagi seorang pemain. Persaingan di liga-liga top sangat berat karena banyak pemain berkualitas, maka tidak sembarang pemain bisa berkarier di sana.

Saat ini, yang dikenal sebagai liga top Eropa sendiri ada lima liga, yaitu Liga Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dan Prancis. Nah, di era modern ini, ternyata ada beberapa pemain yang pernah merasakan bermain di empat dari lima liga top tersebut.

Jelas, mereka adalah pemain yang hebat karena bisa dipercaya bermain di liga-liga top, apalagi sebagian besar klub yang mereka bela memang adalah klub besar. Siapa saja mereka? Ini dia 7 nama di antaranya.

 1. Zlatan Ibrahimovic

7 Pemain yang Pernah Berkarier di 4 Liga Top Eropa, Ada Ibrahimovic!Zlatan Ibrahimovic (fotmob.com)

Pertama ada Zlatan Ibrahimovic, striker asal Swedia yang memang dikenal suka gonta-ganti klub. Empat liga top yang pernah disambangi oleh Ibra adalah Serie A Italia, LaLiga Spanyol, Ligue 1 Prancis, dan Premier League Inggris. Yang terlama adalah Serie A, di mana Ibra pernah membela Inter Milan, AC Milan, dan Juventus selama total 8 musim sejauh ini.

Ibra juga pernah bermain untuk Barcelona di LaLiga, membela Paris Saint-Germain di Prancis, dan berseragam Manchester United di Inggris. Ia sukses meraih trofi di semua liga tersebut, kecuali Premier League.

Ibra hanya berhasil meraih Europa League, Community Shield, dan Piala Liga bersama MU. Selain keempat liga itu, Ibra juga pernah bermain di Swedia, Belanda, dan Amerika Serikat.

2. David Beckham

7 Pemain yang Pernah Berkarier di 4 Liga Top Eropa, Ada Ibrahimovic!David Beckham (beinsports.com)

David Beckham ternyata pernah membela 4 klub yang sama dengan Ibra, yaitu MU, AC Milan, PSG, dan Los Angeles Galaxy. Ditambah satu klub Spanyol yaitu Real Madrid, Beckham pun pernah bermain di empat liga top Eropa.

Sebagai jebolan akademi MU, tentu Becks paling lama dan paling sukses bersama Setan Merah, yang ia bela selama 11 musim dan meraih 12 trofi. Selain itu, Beckham juga sukses meraih trofi liga bersama Real Madrid dan PSG.

Maka AC Milan adalah satu-satunya klub yang gagal ia bawa meraih trofi. Secara total, pemain yang terkenal piawai dalam bola-bola mati ini meraih tak kurang dari 21 trofi di sepanjang kariernya.

3. Thierry Henry

7 Pemain yang Pernah Berkarier di 4 Liga Top Eropa, Ada Ibrahimovic!Thierry Henry (soccerladuma.co.za)

Jika mendengar nama Thierry Henry, yang terbayang dalam benak biasanya adalah ketajamannya yang luar biasa saat membela Arsenal. Selama 8 musim dari 1999 hingga 2007, Henry menggila bersama The Gunners dan menjadi salah satu striker terbaik dalam sejarah Premier League.

Tapi selain Inggris, Henry ternyata pernah bermain di 3 liga top Eropa lain. Pertama adalah Ligue 1, tempat ia memulai karier profesionalnya bersama AS Monaco. Setelah itu ia sempat bermain di Serie A bersama Juventus meski hanya setengah musim.

Henry juga pernah membela Barcelona di LaLiga setelah hengkang dari Arsenal. Striker Prancis ini sukses meraih trofi liga di Prancis, Inggris, dan Spanyol, namun gagal di Italia.

Baca Juga: 8 Pemain Eropa Paling Tajam di Level Internasional, CR7 Superior!

4. Nicolas Anelka

7 Pemain yang Pernah Berkarier di 4 Liga Top Eropa, Ada Ibrahimovic!Nicolas Anelka (planetfootball.com)

Striker Prancis lain yang pernah bermain di empat liga top Eropa adalah Nicolas Anelka. Anelka pernah membela PSG di Ligue 1, Juventus di Serie A, Real Madrid di LaLiga, serta 5 klub Inggris di Premier League.

Kelima klub Inggris tersebut adalah Arsenal, Chelsea, Liverpool, Bolton Wanderers, dan West Bromwich Albion. Hebatnya, Anelka sukses memenangi trofi di keempat liga tersebut.

Bersama Real Madrid dan PSG ia memang tidak menjuarai liga, tapi mendapat trofi Eropa. Sukses terbesar Anelka adalah saat membela Chelsea selama 4 musim dan berbuah 6 trofi.

5. Pepe Reina

7 Pemain yang Pernah Berkarier di 4 Liga Top Eropa, Ada Ibrahimovic!Pepe Reina (as.com)

Pemain berposisi penjaga gawang pun ada yang pernah merasakan bermain di empat liga top Eropa. Ia adalah Pepe Reina, yang namanya terutama terkenal kala membela Liverpool pada 2005 hingga 2014.

Bersama The Reds pula Reina paling banyak meraih trofi, yaitu 4 trofi. Kiper asal Spanyol ini kini bermain di Lazio, namun ia juga pernah membela AC Milan dan Napoli.

Selain itu, Reina juga pernah bermain di Jerman bersama Bayern Munchen, dan tentu saja di negara asalnya bersama Barcelona dan Villarreal. Kiper berusia 38 tahun ini juga sukses memenangi 1 Piala Dunia dan 2 Piala Eropa bersama negaranya.

6. Philippe Coutinho

7 Pemain yang Pernah Berkarier di 4 Liga Top Eropa, Ada Ibrahimovic!Philipe Coutinho (forbes.com)

Ada pula Philippe Coutinho, gelandang serang asal Brasil yang kini membela Barcelona. Sebelum membela Barca, nama Coutinho mulai melejit kala tampil luar biasa bersama Liverpool di Premier League.

Tapi sebenarnya, ia memulai karier profesionalnya di Italia bersama Inter Milan pada 2008 hingga 2013. Sementara musim lalu, Coutinho sempat dipinjamkan Blaugrana ke Bayern Munchen dan turut membawa Munchen memenangi Liga Champions.

Maka secara total, Coutinho pernah bermain di Italia, Inggris, Spanyol, dan Jerman. Namun cukup disayangkan, karena karier Coutinho di Spanyol bersama Barca sejauh ini masih belum memenuhi ekspektasi.

7. James Rodriguez

7 Pemain yang Pernah Berkarier di 4 Liga Top Eropa, Ada Ibrahimovic!James Rodriguez (marca.com)

Terakhir, ada James Rodriguez yang pernah berkarier di semua liga top Eropa kecuali Serie A Italia. Rodriguez memulai kariernya di Eropa bersama FC Porto di Liga Portugal. Lalu pada 2013, ia direkrut oleh AS Monaco di Liga Prancis, dan semusim kemudian ia hengkang lagi untuk membela Real Madrid selama 6 musim.

Selama dua musim di antaranya Rodriguez juga sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen. Lalu akhirnya, ia hengkang dari Madrid di awal musim ini dan menjajal Premier League untuk pertama kalinya bersama Everton. Dari semua klub itu, tentu kesuksesan terbesar ia rasakan bersama Madrid, di mana ia sukses mengangkat 9 trofi selama membela Los Blancos.

 

Itulah 7 pemain yang pernah berkarier di empat dari lima liga top Eropa. Menurutmu, siapa di antara mereka yang kesuksesannya paling luar biasa?

Baca Juga: 5 Pemain Top Eropa yang Pernah Bermain di Tiga Benua, Petualang Sejati

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya