3 Pemain yang Pernah Menjadi Top Skor EPL Bersama 2 Klub

Ada yang melakukannya secara beruntun

Menjadi top skor di English Premier League (EPL) adalah prestasi yang luar biasa bagi seorang pemain. Apalagi jika sang pemain sanggup melakukannya bersama dua klub berbeda. Pasalnya, mempertahankan ketajaman setelah berpindah klub jelas tidak mudah.

Sejak era Premier League dimulai pada 1992/1993, sudah ada 25 pemain yang pernah merebut gelar top skor. Namun, hanya 3 di antaranya yang berhasil jadi pemain tertajam bersama 2 klub. Inilah ketiga pemain tersebut.

1. Alan Shearer

3 Pemain yang Pernah Menjadi Top Skor EPL Bersama 2 KlubAlan Shearer (nufc.co.uk)

Pemain pertama yang sukses jadi top skor EPL bersama dua klub adalah Alan Shearer. Ia pertama kali merebut gelar top skor EPL pada 1994/1995 bersama Blackburn Rovers. Berkat 34 gol Shearer, Blackburn pun merebut trofi EPL pertama sekaligus satu-satunya hingga kini.

Pada musim berikutnya, Shearer kembali jadi top skor bersama Blackburn Rovers. Namun, mereka gagal mempertahankan gelar juara. Shearer kemudian hengkang dan membela Newcastle United pada 1996/1997. Lagi-lagi, ia sukses keluar jadi top skor EPL.

Dengan demikian, Shearer menjadi pemain pertama yang merebut gelar top skor EPL 3 musim beruntun. Hingga kini, rekor itu baru bisa disamai oleh Thierry Henry. Namun, Henry melakukannya bersama satu klub saja, Arsenal.

Shearer juga punya rekor lain yang masih bertahan hingga kini. Ia adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah EPL dengan total 260 gol. Pemain aktif yang paling berpeluang memecahkan rekornya adalah Harry Kane, pengoleksi 211 gol di EPL sejauh ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Meraih Trofi EPL Perdana di Manchester City 2022/2023

2. Jimmy Floyd Hasselbaink

3 Pemain yang Pernah Menjadi Top Skor EPL Bersama 2 KlubJimmy Floyd Hasselbaink (premierleague.com)

Jimmy Floyd Hasselbaink juga pernah menjadi top skor EPL bersama dua klub, yaitu Leeds United dan Chelsea. Hasselbaink menjadi top skor EPL bersama Leeds pada 1998/1999. Ia mencetak 18 gol yang turut membuat Leeds finis di empat besar EPL musim tersebut.

Setelah itu, Hasselbaink sempat membela Atletico Madrid selama semusim. Ia kemudian kembali ke EPL dan bergabung dengan Chelsea. Hebatnya, musim pertamanya bersama The Blues langsung berbuah gelar top skor EPL 2000/2001 dengan 23 gol.

Hasselbaink terus berkarier di EPL hingga 2007. Secara keseluruhan, striker asal Belanda ini mengoleksi 127 gol di EPL. Sayangnya, Hasselbaink tak sempat meraih trofi juara. Saat Chelsea juara EPL 2004/2005, ia sudah keburu hengkang.

3. Robin van Persie

3 Pemain yang Pernah Menjadi Top Skor EPL Bersama 2 KlubRobin van Persie (premierleague.com)

Pemain terakhir yang menjadi top skor EPL bersama dua klub adalah Robin van Persie. Ia sekaligus menjadi pemain Belanda kedua yang melakukannya setelah Hasselbaink. Gelar top skor pertama Van Persie diraih pada 2011/2012 bersama Arsenal dengan 30 gol.

Uniknya, pada musim berikutnya, Van Persie justru dilepas Arsenal ke Manchester United. Setan Merah pun mendapat berkah berupa striker top yang cepat beradaptasi. Van Persie langsung tampil tajam bersama Manchester United dan merebut gelar top skor EPL 2012/2013.

Ketajaman Van Persie menjadi salah satu kunci keberhasilan Manchester United juara EPL 2012/2013. Itu juga merupakan trofi EPL pertama bagi sang pemain. Sebelumnya, selama 8 musim membela Arsenal, Van Persie hanya sempat memenangi Piala FA dan Community Shield.

Sudah 10 tahun berlalu sejak Robin van Persie menjadi top skor EPL bersama Manchester United. Hingga kini, belum ada lagi pemain yang bisa merebut gelar tersebut bersama dua klub. Akankah ada pemain lain yang bakal menyusul tiga pemain di atas?

Baca Juga: 4 Klub yang Pernah Mengawinkan Trofi EPL dan Piala FA

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya