Comscore Tracker

6 Penggawa AS Monaco di Piala Dunia 2022, Ada Pemain Jepang

Seolah mewakili Monako

Monako adalah sebuah negara kecil di Eropa dengan luas sekitar 2 kilometer persegi. Negara ini tak memiliki liga sepak bola, tetapi mereka punya klub sepak bola bernama AS Monaco. Mereka berkompetisi di Ligue 1 Prancis, bahkan jadi salah satu klub tersukses di sana.

Monako bukan anggota FIFA, mereka tak mungkin ikut Piala Dunia. Namun, Monako seolah mengirimkan wakilnya ke Piala Dunia 2022 Qatar lewat beberapa pemain AS Monaco yang ikut serta.

Inilah 6 penggawa AS Monaco yang dibawa negaranya ke Piala Dunia 2022.

1. Youssouf Fofana (Prancis)

6 Penggawa AS Monaco di Piala Dunia 2022, Ada Pemain JepangYoussouf Fofana (asmonaco.com)

Timnas Prancis membawa beberapa pemain dari klub Ligue 1 ke Piala Dunia 2022, termasuk dari AS Monaco. Salah satunya adalah Youssouf Fofana, gelandang berusia 23 tahun.

Fofana membela Monaco sejak 2020. Ia sejauh ini selalu jadi andalan di lini tengah.

Fofana mulai dipanggil ke timnas pada September 2022. Ternyata, ia langsung dibawa ke Piala Dunia 2022, bahkan tampil pada laga pertama Grup D melawan Australia. Ia bermain 13 menit pada partai yang dimenangi Les Bleus dengan skor 4-1 tersebut.

2. Axel Disasi (Prancis)

6 Penggawa AS Monaco di Piala Dunia 2022, Ada Pemain JepangAxel Disasi (instagram.com/axel_disasi)

Axel Disasi juga pemain AS Monaco yang dibawa Prancis ke Qatar. Disasi adalah bek tengah berusia 24 tahun yang sejauh ini belum pernah tampil membela timnas. Ia dibawa ke Piala Dunia 2022 sebagai pengganti Presnel Kimpembe yang cedera.

Meski hanya jadi pelapis, Disasi punya potensi tampil apik jika diturunkan. Sejak membela Monaco pada 2020, ia telah dipercaya tampil 103 kali di semua ajang. Sebagai bek tengah, ia terbilang subur dengan torehan 9 gol dan 4 assist.

3. Krepin Diatta (Senegal)

6 Penggawa AS Monaco di Piala Dunia 2022, Ada Pemain JepangKrepin Diatta (instagram.com/krepindiatta)

Berikutnya, ada dua pemain AS Monaco yang mewakili Senegal di Piala Dunia 2022. Krepi Diatta adalah salah satunya.

Diatta merupakan winger yang baru berusia 23 tahun. Ia bergabung dengan Monaco pada Januari 2021 dan sejak itu telah tampil 50 kali di semua ajang.

Karier Diatta bersama Timnas Senegal telah dimulai sejak 2019, saat ia berusia 20 tahun. Diatta telah mencatat 27 caps di semua ajang, termasuk di partai Grup A Piala Dunia 2022 melawan Belanda. Sayangnya, Senegal menelan kekalahan 0-2 di laga tersebut.

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

4. Ismail Jakobs (Senegal)

6 Penggawa AS Monaco di Piala Dunia 2022, Ada Pemain JepangIsmail Jakobs (instagram.com/ismailjakobs)

Ada pula Ismail Jakobs, bek kiri Senegal yang juga baru berusia 23 tahun. Jakobs bergabung dengan Monaco sejak musim lalu, setelah diboyong dari Bundesliga Jerman.

Tak butuh waktu lama, ia langsung merebut tempat di tim utama dan sejauh ini sudah tampil 57 kali. Karena itu, Jakobs pun diganjar pemanggilan ke timnas pada September 2022.

Berbekal dua caps, Jakobs lalu mencatat penampilan ketiga bersama timnas di laga fase grup Piala Dunia 2022. Ia tampil 28 menit, tetapi gagal mencegah gawang timnya kebobolan.

5. Takumi Minamino (Jepang)

6 Penggawa AS Monaco di Piala Dunia 2022, Ada Pemain JepangTakumi Minamino (instagram.com/takumi18minamino_official)

Skuad AS Monaco musim 2022/2023 hanya berisi satu pemain Asia, yaitu Takumi Minamino dari Jepang. Minamino pun turut ambil bagian di Piala Dunia 2022. Ini adalah edisi Piala Dunia perdana bagi Minamino, setelah tak dipanggil ke Piala Dunia 2018 Rusia.

Minamino mencatat banyak penampilan bersama timnas pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, pada laga pertama Grup E melawan Jerman, ia mengawali pertandingan dari bangku cadangan. Minamino baru turun 15 menit terakhir dalam partai yang dimenangi Jepang 2-1.

6. Breel Embolo (Swiss)

6 Penggawa AS Monaco di Piala Dunia 2022, Ada Pemain JepangBreel Embolo (twitter.com/nati_sfv_asf)

Satu lagi pemain AS Monaco yang bakal mentas di Piala Dunia 2022. Ia adalah Breel Embolo.

Embolo adalah striker tertajam Monaco di Ligue 1 2022/2023 hingga jeda Piala Dunia. Lahir di Kamerun, Embolo telah mewakili negara asal orang tuanya, Swiss, sejak 2015.

Sejauh ini, Embolo sudah mengoleksi 59 caps dan 11 gol. Itu termasuk empat penampilan di Piala Dunia 2018. Sebagai salah satu striker andalan Swiss saat ini, Embolo berpeluang menciptakan gol pertamanya di Piala Dunia tahun ini.

Monako memang tidak mungkin masuk Piala Dunia. Namun, mereka bisa berbangga karena beberapa pemain klub asal Monako berlaga di sana. Jika enam pemain di atas bersinar di Piala Dunia 2022, nama Monako bisal ikut terangkat.

Baca Juga: 5 Alumnus Piala Dunia 2006 yang Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya