10 Peraih Trofi Piala Dunia yang Tidak Pernah Juara Liga Champions

Sukses di Piala Dunia, tetapi gagal di Liga Champions

Piala Dunia sering dianggap sebagai turnamen paling bergengsi di dunia sepak bola. Dari tajuknya saja, sebuah tim yang memenangi Piala Dunia akan dianggap sebagai juara dunia. Tak heran jika para pemain yang pernah memenangi Piala Dunia pasti akan dipuji dan dianggap sebagai pemain kelas dunia.

Meski begitu, menjuarai Piala Dunia tak menjamin seorang pemain juga bisa sukses di kompetisi lain, misalnya Liga Champions Eropa. Sepanjang sejarah, ada sejumlah pemain yang pernah juara Piala Dunia tapi tak pernah memenangi Liga Champions. Inilah 10 nama di antaranya yang pasti kamu kenal.

1. Patrick Vieira meraih Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 bersama Prancis, tapi ia tak pernah juara Liga Champions

10 Peraih Trofi Piala Dunia yang Tidak Pernah Juara Liga ChampionsPatrick Vieira (thetimes.co.uk)

Vieira pernah membela Arsenal, AC Milan, Juventus, Inter Milan, dan Manchester City. Sayangnya, klub-klub tersebut selalu gagal di Liga Champions selama dibela Vieira. Bahkan, pencapaian terbaik Vieira di Liga Champions hanya 2 kali mencapai perempat final bersama Arsenal.

2. Selain Vieira, Robert Pires juga bagian dari skuad Prancis yang juara Piala Dunia 1998

10 Peraih Trofi Piala Dunia yang Tidak Pernah Juara Liga ChampionsRobert Pires (planetfootball.com)

Sayangnya, seperti Vieira pula, Pires tak sempat menjuarai Liga Champions sepanjang kariernya. Namun, prestasi Pires masih sedikit lebih baik dibanding Vieira di Liga Champions. Ia pernah berlaga di final Liga Champions pada 2005/06 saat Arsenal dikalahkan Barcelona.

3. Ronaldo membawa Brasil juara Piala Dunia 2002, tapi ia tak pernah juara Liga Champions

10 Peraih Trofi Piala Dunia yang Tidak Pernah Juara Liga ChampionsRonaldo Nazario (90min.com)

Padahal, Ronaldo pernah membela klub-klub besar Eropa, seperti Barcelona, Real Madrid, Inter Milan, dan AC Milan. Selain itu, Ronaldo ternyata hanya pernah 1 kali menjuarai liga domestik sepanjang kariernya, yaitu bersama Real Madrid pada 2002/03. Secara total, Ronaldo hanya meraih 9 trofi selama 14 musim berkarier di Eropa.

4. Pada 2006, giliran Italia yang jadi juara dunia dengan Fabio Cannavaro sebagai kapten

10 Peraih Trofi Piala Dunia yang Tidak Pernah Juara Liga ChampionsFabio Cannavaro (marca.com)

Prestasi Cannavaro makin lengkap karena ia sukses meraih Ballon d'Or pada tahun tersebut. Akan tetapi, Cannavaro tak pernah menjuarai Liga Champions sepanjang kariernya. Cannavaro pernah membela Juventus, Inter Milan, dan Real Madrid, tapi raihan terbaiknya di Liga Champions hanya sampai semifinal bersama Inter pada 2002/03.

5. Gianluigi Buffon juga turut mengangkat trofi Piala Dunia 2006, tapi ia sering sial di Liga Champions

10 Peraih Trofi Piala Dunia yang Tidak Pernah Juara Liga ChampionsGianluigi Buffon berjalan melewati trofi Liga Champions setelah kalah di final (kickoff.com)

Selama membela Juventus, Buffon pernah 3 kali mencapai final Liga Champions. Sialnya, ia selalu kalah di semua laga final tersebut. Trofi Eropa yang pernah diraih Buffon pun hanya berupa Piala UEFA bersama Parma pada musim 1998/99.

Baca Juga: Kenangan dan Dosa Gianluigi Buffon Bersama Juventus

6. Francesco Totti juga memenangi Piala Dunia 2006, tapi tak pernah memenangi Liga Champions

10 Peraih Trofi Piala Dunia yang Tidak Pernah Juara Liga ChampionsFrancesco Totti (skysports.com)

Kegagalan Totti juara Liga Champions sebenarnya lebih disebabkan kesetiaan Totti kepada AS Roma. Ia loyal membela Roma di sepanjang 25 tahun kariernya meskipun Giallorossi minim prestasi. Alhasil, pencapaian terbaik Totti di Liga Champions sepanjang kariernya hanyalah mencapai babak perempat final.

7. Miroslav Klose adalah pencetak gol terbanyak di Piala Dunia dan ia pernah menjadi juara pada 2014

10 Peraih Trofi Piala Dunia yang Tidak Pernah Juara Liga ChampionsMiroslav Klose (beinsports.com)

Pada Piala Dunia 2014, Klose sukses membawa Jerman meraih trofi ke-4 sepanjang sejarah. Namun, di level klub, Klose tak pernah juara Liga Champions. Ia pernah membawa Bayern Munchen mencapai final pada musim 2009/10, namun sayangnya gagal juara karena ditaklukkan Inter Milan.

8. Mesut Ozil mengangkat trofi Piala Dunia 2014, namun tak pernah juara Liga Champions

10 Peraih Trofi Piala Dunia yang Tidak Pernah Juara Liga ChampionsMesut Ozil (bleacherreport.com)

Prestasi terbaiknya di Liga Champions hanyalah sampai semifinal pada 2020/11 bersama Real Madrid. Setelah pindah ke Arsenal, pencapaiannya malah semakin menurun. Bahkan, ajang Europa League pun tak berhasil dimenangi karena hanya mentok menjadi runner-up pada 2018/19.

9. Paul Pogba membawa Prancis juara Piala Dunia 2018, tapi ia belum pernah mengangkat trofi Liga Champions

10 Peraih Trofi Piala Dunia yang Tidak Pernah Juara Liga ChampionsPaul Pogba (strettynews.com)

Baik bersama Juventus maupun Manchester United, Pogba selalu gagal di ajang Liga Champions. Ia pernah berlaga di final pada 2014/15 sewaktu membela Juve, tapi urung juara karena dikalahkan Barcelona. Namun, setidaknya Pogba sudah punya satu trofi antarklub Eropa, yaitu Europa League 2016/17 bersama MU.

10. Diego Maradona, legenda Argentina, yang juara dunia 1986 tak pernah juara Liga Champions

10 Peraih Trofi Piala Dunia yang Tidak Pernah Juara Liga ChampionsDiego Maradona mengangkat trofi Piala Dunia (beinsports.com)

Maradona kerap disebut-sebut sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Selama berkarier, ia pernah membela Barcelona, Napoli, dan Sevilla, tapi selalu gagal di Liga Champions. Pencapaian terbaik Maradona di Eropa adalah juara Piala UEFA 1988/89 bersama Napoli.

 

Meski pernah juara Piala Dunia, seorang pemain juga bisa gagal di Liga Champions, contohnya 10 pemain di atas. Itu membuktikan bahwa Liga Champions memang kompetisi yang sulit dan tak sembarang pemain bisa memenanginya.

Baca Juga: Messi Belum Selevel dengan Maradona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya