5 Pertandingan dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia 2022

Termasuk partai final

Piala Dunia 2022 Qatar sudah lebih dari 2 pekan berlalu. Ingar bingar pesta sepak bola 4 tahunan tersebut digantikan dengan kelanjutan liga-liga Eropa musim 2022/20223. Namun, banyak hal menarik di Piala Dunia 2022 yang masih lekat di ingatan.

Salah satunya adalah fakta Piala Dunia 2022 yang jadi edisi paling sarat gol. Ada 172 gol yang tercipta dalam 64 laga di Qatar, rekor terbanyak sepanjang sejarah. Lima pertandingan ini jadi pertandingan dengan gol terbanyak di Piala Dunia 2022.

1. Inggris 6-2 Iran

5 Pertandingan dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia 2022Inggris melawan Iran di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Piala Dunia 2022 diwarnai hujan gol pada laga kedua. Inggris dan Iran berhadapan pada matchday pertama Grup B, sehari setelah partai pembukaan antara Qatar dan Ekuador. Hasilnya, delapan gol tercipta dalam laga yang berkesudahan 6-2 bagi kemenangan Inggris tersebut.

Ternyata, tidak ada partai yang menghasilkan lebih banyak gol hingga Piala Dunia 2022 usai. Laga tersebut menjadi partai dengan gol terbanyak di Piala Dunia. Dalam 2 dekade terakhir, hanya ada 2 laga lain di Piala Dunia yang juga menghasilkan 8 gol.

2. Spanyol 7-0 Kosta Rika

5 Pertandingan dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia 2022Gavi merayakan gol Spanyol ke gawang Kosta Rika di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Ada pula dua partai di Piala Dunia 2022 yang berakhir dengan total tujuh gol. Salah satunya adalah pertemuan antara Spanyol dan Kosta Rika pada matchday pertama Grup E. Ketujuh gol di laga tersebut diborong Spanyol yang tampil perkasa hingga menang 7-0.

Bagi Spanyol, itu adalah rekor kemenangan terbesar mereka di Piala Dunia. Sayangnya, performa lanjutan La Furia Roja di Qatar justru melempem. Mereka gagal menang atas Jerman dan Jepang, lalu disingkirkan Maroko pada babak 16 besar.

Baca Juga: Performa 6 Kiper Klub EPL di Piala Dunia 2022, Siapa Terbaik?

3. Portugal 6-1 Swiss

5 Pertandingan dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia 2022Goncalo Ramos mencetak gol ke gawang Swiss di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Tujuh gol juga tercipta pada partai babak 16 besar Piala Dunia antara Portugal dan Swiss. Portugal mengamuk di laga tersebut dengan membantai Swiss 6-1. Kemenangan Portugal memang sesuai prediksi, tetapi tak banyak yang mengira mereka bisa menang begitu telak.

Striker muda Portugal, Goncalo Ramos, jadi bintang dengan tiga golnya. Ia pun menjadi pemain Portugal keempat yang pernah mencetak hattrick di Piala Dunia. Bagi Swiss sendiri, kekalahan 1-6 adalah salah satu yang paling telak sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

4. Kamerun 3-3 Serbia

5 Pertandingan dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia 2022Kamerun melawan Serbia di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Berikutnya, ada dua partai di Piala Dunia 2022 yang berakhir dengan skor 3-3. Pertama adalah pertemuan antara Kamerun dan Serbia pada matchday kedua Grup G. Partai tersebut berlangsung sengit dan diwarnai kejar-mengejar skor.

Kamerun sempat mencetak gol lebih dahulu sebelum Serbia membalikkan keadaan dan unggul 3-1. Namun, Kamerun tak menyerah dan sukses menyamakan kedudukan 3-3 hingga laga usai. Kamerun dan Serbia akhirnya tersisih pada fase grup karena kalah bersaing dengan Brasil dan Swiss.

5. Argentina 3-3 Prancis

5 Pertandingan dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia 2022Argentina melawan Prancis di final Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Satu lagi partai yang usai dengan skor 3-3 di Piala Dunia 2022 adalah laga final antara Argentina dan Prancis. Pertandingan itu sebenarnya berakhir 2-2 dalam 90 menit. Skor 3-3 adalah akhir dari babak tambahan sebelum Argentina menang via adu penalti.

Pada awalnya, laga sempat berjalan berat sebelah karena Argentina terlalu dominan. Namun, Prancis sukses bangkit pada babak kedua dan mengejar ketinggalan. Kebintangan Lionel Messi yang mencetak dua gol dibalas Kylian Mbappe melalui torehan hattrick.

Final Piala Dunia 2022 sendiri akhirnya jadi salah satu final Piala Dunia dengan gol terbanyak. Hanya ada satu final Piala Dunia yang diwarnai lebih banyak gol. Itu adalah final Piala Dunia 1950 yang dimenangi Brasil atas tuan rumah Swedia dengan skor 5-2.

Banyaknya gol yang tercipta menjadi salah satu alasan Piala Dunia 2022 seru ditonton. Khususnya lima partai di atas, yang dihujani begitu banyak gol. Apakah Piala Dunia selanjutnya akan berlangsung lebih seru lagi?

Baca Juga: 5 Pertandingan yang Berakhir Tanpa Gol di Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya