4 Edisi Piala Dunia dengan Hasil Terburuk bagi Timnas Brasil

Brasil tak selalu tampil hebat di Piala Dunia

Brasil adalah negara tersukses di Piala Dunia. Tim Samba punya koleksi gelar juara dunia terbanyak, yaitu lima kali. Selain itu, Brasil juga pernah dua kali menjadi runner-up serta merupakan satu-satunya negara yang tak pernah absen di Piala Dunia.

Namun, Timnas Brasil tetap bukanlah tim super yang selalu sukses di Piala Dunia. Mereka ternyata juga pernah tampil buruk dalam beberapa edisi. Inilah empat edisi Piala Dunia yang berujung dengan raihan terburuk bagi Timnas Brasil.

1. Piala Dunia 1930

4 Edisi Piala Dunia dengan Hasil Terburuk bagi Timnas Brasilskuad Brasil di Piala Dunia 1930 (cbf.com.br)

Piala Dunia edisi perdana digelar pada tahun 1930 di Uruguay. Tuan rumah Uruguay berhasil melaju ke final bersama dengan Argentina. Sementara itu, langkah Brasil langsung terhenti di fase grup. Saat itu, Brasil tergabung di Grup 2 bersama Yugoslavia dan Bolivia.

Hasilnya, Brasil gagal lolos ke fase berikutnya karena kalah bersaing dengan Yugoslavia. Brasil dan Yugoslavia sama-sama menang 4-0 atas Bolivia. Namun, saat kedua tim bersua, Yugoslavia menang 2-1 hingga menyingkirkan Brasil.

2. Piala Dunia 1934

4 Edisi Piala Dunia dengan Hasil Terburuk bagi Timnas BrasilBrasil melawan Spanyol di Piala Dunia 1934. (cbf.com.br)

Di Piala Dunia 1934, Timnas Brasil kembali terhenti di putaran pertama. Saat itu, Piala Dunia tidak menggunakan sistem grup, tetapi sistem gugur sejak putaran pertama. Undian mempertemukan Brasil dengan Spanyol yang tidak tampil di Piala Dunia 1930.

Hasilnya, Brasil langsung tersisih setelah dikalahkan 1-3 oleh Spanyol. Tak hanya Brasil, semua negara dari luar Eropa juga langsung gugur di putaran pertama edisi tersebut. Piala Dunia 1934 akhirnya dimenangi oleh tuan rumah Italia.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala Dunia

3. Piala Dunia 1966

4 Edisi Piala Dunia dengan Hasil Terburuk bagi Timnas BrasilBrasil melawan Bulgaria di Piala Dunia 1966. (cbf.com.br)

Brasil pertama kali juara dunia pada tahun 1958. Hebatnya, Tim Samba berhasil mempertahankan gelar di Piala Dunia 1962. Namun, di Piala Dunia 1966, prestasi Brasil menurun drastis. Mereka langsung tersisih di putaran pertama yang berupa fase grup.

Sebagai juara bertahan, kegagalan Brasil saat itu terbilang mengejutkan. Apalagi, saat itu mereka masih membawa serta sejumlah bintang, seperti Pele dan Garrincha. Namun, Brasil sukses menebus kegagalan mereka saat itu dengan menjuarai Piala Dunia 1970.

4. Piala Dunia 1990

4 Edisi Piala Dunia dengan Hasil Terburuk bagi Timnas BrasilArgentina melawan Brasil di Piala Dunia 1990. (fifa.com)

Sementara itu, di Piala Dunia 1990, Brasil berhasil lolos dari fase grup. Namun, capaian mereka tetap terbilang buruk karena hanya sampai babak 16 besar. Tim Samba disingkirkan oleh musuh bebuyutan mereka, Argentina, dengan skor 0-1.

Selain itu, performa Brasil di Piala Dunia 1990 juga di bawah standar karena minim gol. Brasil hanya membuat empat gol, salah satu rekor terburuk mereka di Piala Dunia. Hebatnya, Brasil sukses bangkit 4 tahun berselang dengan menjuarai Piala Dunia 1994.

5. Brasil sudah gagal juara Piala Dunia dalam lima edisi beruntun

4 Edisi Piala Dunia dengan Hasil Terburuk bagi Timnas BrasilBrasil gagal juara Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Brasil terakhir kali juara dunia pada Piala Dunia 2002. Sejak itu, Brasil telah melalui lima edisi Piala Dunia hingga 2022. Hasilnya, prestasi Brasil terbilang tidak buruk. Mereka selalu berhasi mencapai minimal babak perempat final.

Namun, untuk tim sekelas Brasil, gagal juara dalam lima edisi Piala Dunia beruntun tetap mengecewakan. Pasalnya, mereka sering jadi salah satu kandidat terkuat juara, khususnya di Piala Dunia 2014 kala Brasil bertindak sebagai tuan rumah.

Sebelumnya, Brasil sudah pernah gagal juara dunia dalam lima edisi beruntun. Namun, mereka sukses menebusnya dengan jadi juara pada edisi berikutnya. Apakah itu pertanda bahwa Brasil akan juara pada Piala Dunia 2026 mendatang?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Timnas Brasil Selama Berkiprah di Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya