Comscore Tracker

Rekor Buruk Timnas Denmark di Piala Dunia 2022, Mengecewakan!

Jadi Piala Dunia terburuk bagi Denmark

Timnas Denmark datang ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan optimisme tinggi. Tim Dinamit tampil perkasa saat melakoni babak kualifikasi, bahkan menjadi negara Eropa kedua yang memastikan diri lolos ke Qatar. Oleh karena itu, banyak yang menduga Denmark bisa jadi kuda hitam di Piala Dunia 2022.

Ternyata, performa Denmark di turnamen sesungguhnya lebih mirip kuda mainan. Mereka langsung tersingkir pada fase grup. Denmark juga sempat menorehkan sejumlah rekor buruk.

Inilah rekor buruk Timnas Denmark di Piala Dunia 2022!

1. Pertama kalinya gagal menang dalam satu edisi Piala Dunia

Rekor Buruk Timnas Denmark di Piala Dunia 2022, Mengecewakan!Denmark melawan Tunisia di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Denmark gagal menang di Piala Dunia 2022. Ini adalah kali pertama mereka tidak memenangi satu pertandingan pun dalam satu edisi Piala Dunia.

Tim Dinamit juga pernah gugur pada fase grup pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, tetapi saat itu mereka sempat menang. Denmark dahulu membekuk Kamerun dengan skor 2-1 di Grup E.

Selain gagal menang tahun ini, Denmark juga hanya meraih satu hasil imbang di Piala Dunia 2022. Raihan satu poin jadi rekor poin paling sedikit yang pernah mereka raih di Piala Dunia.

2. Pertama kalinya finis sebagai juru kunci grup Piala Dunia

Rekor Buruk Timnas Denmark di Piala Dunia 2022, Mengecewakan!Denmark melawan Australia di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Oleh karena mengoleksi satu poin, Denmark gugur sebagai juru kunci Grup D Piala Dunia 2022. Itu pertama kalinya mereka mengalami hal tersebut. Di Piala Dunia 2010, Denmark setidaknya masih bisa finis di posisi ketiga grup.

Sementara, rekor terbaik Denmark pada fase grup Piala Dunia terjadi di Piala Dunia 1986 Meksiko. Saat itu, Denmark menjuarai Grup E dengan nilai sempurna setelah mengalahkan Skotlandia, Uruguay, dan Jerman.

Baca Juga: Lika-liku Karier Christian Eriksen, Sakit Jantung hingga Comeback

3. Jumlah gol paling sedikit dalam satu edisi Piala Dunia

Rekor Buruk Timnas Denmark di Piala Dunia 2022, Mengecewakan!Andreas Christensen (kanan) mencetak satu-satunya gol Denmark di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Denmark juga memecahkan rekor buruk berupa gol paling sedikit dalam satu edisi Piala Dunia. Mereka hanya mencetak 1 gol dalam 3 laga di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Tim Dinamit selalu membuat minimal 3 gol dalam 1 edisi.

Para penyerang dan gelandang Denmark jadi sorotan karena gagal menjebol gawang lawan. Satu gol mereka di Qatar diciptakan oleh Andreas Christensen yang berposisi bek. Mandulnya Denmark sangat ironis jika melihat catatan gol mereka pada babak kualifikasi, yaitu 30 gol dalam 10 laga.

4. Gagal menang dalam enam laga terakhir di Piala Dunia

Rekor Buruk Timnas Denmark di Piala Dunia 2022, Mengecewakan!Denmark melawan Peru di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Timnas Denmark juga makin menambah rentetan laga yang gagal mereka menangi di Piala Dunia. Tim Dinamit kini tak pernah menang dalam enam laga terakhir mereka di Piala Dunia.

Kali terakhir mereka berjaya adalah saat mengalahkan Peru 1-0 di matchday pertama Grup C Piala Dunia 2018. Sejak itu, Denmark melalui enam laga di Piala Dunia dengan hasil 4 kali seri dan 2 kali kalah. Itu adalah rentetan laga tanpa kemenangan terpanjang yang pernah mereka alami di Piala Dunia.

5. Apa penyebab Denmark tampil buruk di Piala Dunia 2022?

Rekor Buruk Timnas Denmark di Piala Dunia 2022, Mengecewakan!Piala Dunia 2022 adalah edisi terburuk bagi Denmark. (instagram.com/herrelandsholdet)

Dengan semua catatan negatif di atas, Piala Dunia 2022 pantas disebut sebagai edisi terburuk bagi Denmark. Pertanyaannya, apa penyebab Tim Dinamit tampil seburuk itu? Laman The Guardian menyebut beberapa kemungkinan.

Ekspektasi tinggi adalah salah satunya. Hasil yang diraih Denmark pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 adalah yang terbaik sepanjang sejarah mereka. Hal itu memunculkan harapan bahwa Denmark bisa jadi kuda hitam di Piala Dunia 2022. Nyatanya, ekspektasi tersebut justru jadi bumerang.

Fokus yang terbelah juga bisa faktor penyebab. Bukan rahasia bahwa sejak turnamen belum dimulai, Denmark adalah salah satu negara yang paling keras menyerukan protes terhadap Piala Dunia 2022. Isu LGBT dan hak pekerja imigran di Qatar disikapi Denmark dengan amat serius.

Tak ketinggalan, hambatan teknis tentu sangat berpengaruh. Sejumlah pemain Denmark memang tampil melempem di Qatar, terutama para penyerang mereka. Semua faktor di atas memberi andil pada kegagalan Denmark di Piala Dunia 2022, bahkan jadi edisi terburuk mereka.

Denmark tampil amat buruk di Piala Dunia 2022. Tak hanya mengejutkan, hasil itu pasti juga mengecewakan bagi para pendukungnya. Bisakah Denmark bangkit pada edisi Piala Dunia berikutnya?

Baca Juga: 5 Striker Denmark di Piala Dunia 2022 yang Nihil Gol

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya