Sudah Sering Tampil, 5 Negara Ini Belum Pernah Juara Piala Eropa

Bisakah mereka jadi juara di Piala Eropa 2020?

Piala Eropa saat ini sudah memasuki edisi ke-16 sepanjang sejarah. Sejak pertama diadakan tahun 1960, sejumlah negara sudah pernah merasakan keberhasilan jadi juara Piala Eropa. Itu mencakup Jerman, Spanyol, Prancis, Italia, Belanda, bahkan tim-tim yang mengejutkan seperti Denmark dan Yunani.

Namun tentu ada pula negara yang sejauh ini belum berhasil jadi juara Piala Eropa. Padahal mereka sudah cukup sering tampil, tapi masih belum bisa juga meraih trofi internasional paling prestisius di Eropa ini. Inilah 5 negara yang sudah sering tampil di Piala Eropa tapi belum pernah jadi juara.

5. Kroasia (6 kali)

Sudah Sering Tampil, 5 Negara Ini Belum Pernah Juara Piala EropaTimnas Kroasia (beinsports.com)

Dari urutan kelima, ada Kroasia yang sejauh ini sudah pernah tampil di 6 edisi Piala Eropa, termasuk Piala Eropa 2020. Dari 5 kesempatan sebelumnya, Kroasia masih belum bisa jadi juara. Prestasi terbaik mereka hanyalah babak perempat final pada Piala Eropa 1996 dan 2008.

Kroasia justru punya prestasi lebih baik di Piala Dunia, yaitu pernah jadi juara ketiga dan runner-up. Sebelum tahun 1992, Kroasia sendiri adalah bagian dari Yugoslavia. Yugoslavia punya prestasi yang cukup bagus di Piala Eropa, tapi mereka pun belum pernah juara. Prestasi terbaik Yugoslavia adalah dua kali jadi runner-up di Piala Eropa 1960 dan 1968.

4. Belgia (6 kali)

Sudah Sering Tampil, 5 Negara Ini Belum Pernah Juara Piala EropaTimnas Belgia (fantasyfootballhub.co.uk)

Berikutnya ada Belgia, yang juga sudah pernah 6 kali tampil di Piala Eropa termasuk Piala Eropa 2020. Belgia pernah mencatat prestasi di Piala Eropa pada tahun 1972 dan 1980, di mana mereka sukses jadi juara ketiga kemudian runner-up. Namun sejak itu, pencapaian terbaik mereka hanyalah perempat final di Piala Eropa 2016 lalu.

Di Piala Eropa 2020 ini, performa Belgia terbilang cukup menjanjikan. Mereka lolos dari grup B dengan rekor sempurna tiga kali menang. Bisakah tim yang disebut-sebut sedang punya generasi emas ini jadi juara untuk pertama kalinya?

Baca Juga: 5 Timnas dengan Skuad Tertua di Piala Eropa 2020, Mampu Juara?

3. Rusia (6 kali)

Sudah Sering Tampil, 5 Negara Ini Belum Pernah Juara Piala EropaTimnas Rusia (caspiannews.com)

Rusia juga adalah negara yang sudah pernah tampil di 6 edisi Piala Eropa sejauh ini tanpa pernah juara. Bahkan, prestasi mereka di Piala Eropa terbilang buruk. Rusia memang pernah mencapai semifinal pada Piala Eropa 2008, tapi di lima edisi lainnya mereka selalu gugur di fase grup, termasuk di Piala Eropa 2020 ini.

Hal itu berbanding terbalik dengan pencapaian mereka saat masih bernama Uni Soviet dulu. Uni Soviet adalah salah satu tim yang disegani di Eropa, dan mereka pernah satu kali menjuarai Piala Eropa dan tiga kali jadi runner-up. Namun sejak bubar dan berganti nama jadi Rusia, prestasi mereka memang jauh menurun.

2. Swedia (7 kali)

Sudah Sering Tampil, 5 Negara Ini Belum Pernah Juara Piala EropaTimnas Swedia (90min.com)

Sementara Swedia pernah 7 kali berlaga di Piala Eropa, termasuk Piala Eropa 2020. Tim berjuluk Blagult ini pertama kali tampil di Piala Eropa 1992 di mana mereka jadi tuan rumahnya. Saat itu, mereka berhasil melaju sampai semifinal.

Setelah itu Swedia sempat absen pada Piala Eropa 1996, namun sejak Piala Eropa 2000 hingga 2020 mereka selalu ikut serta. Namun selama itu mereka tidak pernah melaju lebih jauh dari perempat final dan lebih sering gugur di babak grup. Sejauh mana mereka bisa melaju di Piala Eropa 2020 ini?

1. Inggris (10 kali)

Sudah Sering Tampil, 5 Negara Ini Belum Pernah Juara Piala EropaTimnas Inggris (birdiefootball.com)

Tim yang paling sering berlaga di Piala Eropa tanpa pernah juara adalah Inggris. Termasuk Piala Eropa 2020, The Three Lions kini sudah tampil 10 kali di Piala Eropa. Namun sejauh ini, pencapaian terbaik mereka hanyalah juara ketiga di Piala Eropa 1968.

Bahkan saat jadi tuan rumah pada Piala Eropa 1996 pun, Inggris gagal juara dan hanya mentok di semifinal. Kini, Inggris punya peluang untuk jadi juara pertama kalinya karena punya tim berisi pemain-pemain top. Apalagi, Inggris punya keuntungan karena final Piala Eropa 2020 akan digelar di Stadion Wembley, London. Bisakah Harry Kane dkk. memanfaatkan situasi?

 

Itulah 5 tim yang sering tampil di Piala Eropa tapi masih belum juara sejauh ini. Menurutmu, mungkinkah salah satu dari mereka akhirnya bisa juara di Piala Eropa 2020?

Baca Juga: Top Skor 5 Edisi Terakhir Piala Eropa, Masih Ingat Siapa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya