Comscore Tracker

5 Striker Brasil yang Kurang Populer Ini Pernah jadi Top Skor di Eropa

 Tajam, tapi kalah populer dibanding pemain Brasil lain

Brasil sejak dulu dikenal sebagai negara adidaya di dunia sepak bola. Negeri Samba selalu menghasilkan pemain-pemain kelas dunia dari berbagai posisi, salah satunya tentu striker. Banyak penyerang asal Brasil yang sukses tampil tajam di liga-liga top Eropa sehingga akhirnya nama mereka populer ke seluruh dunia.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa striker asal Brasil yang namanya kurang terkenal meski mereka pernah menjadi top skor di liga top Eropa? Mungkin kamu tak tahu banyak soal mereka atau bahkan gak pernah mendengar namanya sama sekali, tapi ketajaman mereka tak perlu diragukan. Inilah 5 striker asal Brasil yang tajam, tapi kurang populer tersebut.

1. Sonny Anderson 

5 Striker Brasil yang Kurang Populer Ini Pernah jadi Top Skor di EropaSonny Anderson (sports.fr)

Pertama ada Sonny Anderson, striker asal Brasil yang pernah menjadi top skor Ligue 1 Prancis. Gak tanggung-tanggung, ia sukses menjadi yang tertajam hingga 3 kali! Pertama adalah di musim 1995/1996 saat ia menjadi top skor bersama AS Monaco dengan 21 gol.

Setelah itu, Sonny Anderson sempat membela Barcelona selama 2 musim sebelum kembali ke Prancis dan bergabung dengan Lyon. Ketajamannya sama sekali tak berkurang dan ia sukses menjadi top skor secara beruntun di musim 1999/2000 dan 2000/2001. Sayangnya, hingga akhir kariernya pada 2006, nama Sonny Anderson tetap kalah populer dibanding pemain asal Brasil lain.

2. Marcio Amoroso 

5 Striker Brasil yang Kurang Populer Ini Pernah jadi Top Skor di EropaMarcio Amoroso (gentlemanultra.com)

Marcio Amoroso pernah dua kali menjadi top skor di dua liga top Eropa. Kedua liga itu adalah Serie A Italia dan Bundesliga Jerman. Pertama ia melakukannya di Serie A bersama Udinese musim 1998/1999 dengan mencetak 22 gol.

Lalu, pada 2001, Marcio Amoroso pindah ke Jerman dan bergabung dengan Borussia Dortmund. Lagi-lagi, ia sukses jadi pemain tertajam, kali ini dengan 18 gol yang membuatnya bersanding dengan Martin Max di tangga teratas top skor. Namun, nama Marcio Amoroso tetap jarang tersorot dan ia bahkan hanya pernah bermain 19 kali bagi Timnas Brasil.

Baca Juga: Sebelum Haaland, 5 Pemain Ini Juga Pernah Memakai Nomor 9 di Dortmund

3. Ailton 

5 Striker Brasil yang Kurang Populer Ini Pernah jadi Top Skor di EropaAilton (dierotenbullen.com)

Pada musim 2003/2004, striker asal Brasil kembali sukses menjadi top skor Bundesliga. Ia adalah Ailton dan namanya mungkin jarang kamu dengar karena ia tak banyak bermain untuk klub-klub besar Eropa. Namun, Ailton pernah mencatat prestasi sebagai pemain tertajam Bundesliga pada musim 2003/2004 bersama Werder Bremen.

Kala itu Ailton mencetak 28 gol di Bundesliga, sekaligus membawa Bremen menjadi juara. Bahkan, tak hanya di liga, catatan 6 gol Ailton di DFB Pokal pun berujung pada gelar juara di ajang tersebut. Tak heran jika ia dinobatkan sebagai pemain terbaik pada musim tersebut.

4. Grafite 

5 Striker Brasil yang Kurang Populer Ini Pernah jadi Top Skor di EropaGrafite (goal.com)

Sukses jadi juara Bundesliga sekaligus top skor juga dirasakan oleh Grafite. Striker kelahiran 1979 ini hanya pernah bermain di Eropa bersama dua klub, yakni Le Mans di Prancis dan VfL Wolfsburg di Jerman. Meski namanya kurang terkenal, Grafite sukses mempertunjukkan ketajamannya selama berkarier di Bundesliga.

Total 28 gol yang ia cetak di liga pada musim 2008/2009 berhasil membawa Wolfsburg menjadi juara Bundesliga untuk pertama kalinya, sekaligus satu-satunya hingga kini. Namun, tetap saja hal itu tak banyak membantu untuk mengangkat namanya di dunia sepak bola. Sepanjang kariernya, Grafite pun hanya pernah 4 kali dipercaya memperkuat Timnas Brasil.

5. Nene 

5 Striker Brasil yang Kurang Populer Ini Pernah jadi Top Skor di EropaNene (culturepsg.com)

Terakhir ada Anderson Luiz de Carvalho atau biasa dipanggil Nene. Nene sebenarnya lebih sering bermain sebagai winger, namun ia punya ketajaman yang menakjubkan. Hal itu terbukti pada keberhasilannya menjadi top skor Ligue 1 musim 2011/2012 bersama Paris Saint-Germain dengan 21 gol.

Selain PSG, Nene juga pernah bermain untuk beberapa klub Eropa lain, seperti AS Monaco, Celta Vigo, Real Mallorca, dan West Ham United. Namun, itu tak membuat nama Nene cukup bersinar. Nene kini sudah berusia 39 tahun dan ia masih aktif membela Fluminense di negara kelahirannya.


Itulah 5 pemain asal Brasil yang pernah menjadi top skor di liga top Eropa, namun tetap kurang populer di dunia sepakbola. Di antara mereka, adakah yang sudah pernah kamu kenal sebelumnya?

Baca Juga: 5 Pemain Asal Brasil dengan Torehan Gol Terbanyak di Ligue 1 Prancis

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya