Comscore Tracker

5 Striker Uruguay Pernah Merumput di English Premier League

Akankah sosok Darwin Nunez segera menyusul?

Darwin Nunez santer dikabarkan bakal menjajal English Premier League musim 2022/2023. Striker asal Uruguay berusia 22 tahun tersebut memang sepertinya segera bakal jadi rebutan klub-klub besar Eropa. Bukan tanpa alasan, Nunez sendiri berhasil tampil tajam bersama Benfica sepanjang musim 2021/2022.

Jika nantinya benar-benar merapat ke Premier League, Nunez akan menyusul jejak kelima striker asal Uruguay yang lebih dulu berkarier di Inggris. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Diego Forlan

5 Striker Uruguay Pernah Merumput di English Premier Leaguepotret Diego Forlan berseragam Manchester United (manutd.com)

Pertama ada nama Diego Forlan yang merapat ke Manchester United pada Januari 2002. Saat itu Forlan baru berusia 22 tahun, sama seperti usia Darwin Nunez saat ini. Manchester United pun adalah klub Eropa pertama yang dibela Forlan.

Hasilnya, catatan gol Forlan di United memang tak terlalu impresif, yaitu 17 gol dalam 98 laga selama 2,5 musim. Namun, Forlan turut andil membawa Setan Merah meraih tiga trofi, termasuk Premier League 2002/2003. Setelah meninggalkan United untuk hijrah ke LaLiga, barulah Forlan bisa benar-benar bersinar dan tampil tajam.

2. Walter Pandiani

5 Striker Uruguay Pernah Merumput di English Premier Leaguepotret Walter Pandiani berseragam Birmingham City (twitter.com/BCFC)

Berikutnya, ada Walter Pandiani yang sempat membela Birmingham City selama 1,5 musim. Awalnya, Pandiani dipinjam Birmingham pada Januari 2005. Ia kemudian dipermanenkan pada musim 2005/2006. Pandiani sendiri adalah striker Uruguay yang terkenal tajam saat membela Deportivo La Coruna di LaLiga Spanyol.

Sayangnya, Pandiani gagal menampilkan ketajaman serupa bersama Birmingham. Ia tampil 35 kali di semua ajang dan hanya menyumbang enam gol. Karena itu, Pandiani segera kembali ke Spanyol. Ia sempat membela beberapa klub LaLiga sebelum akhirnya mengakhiri karier pada 2016.

Baca Juga: 5 Striker Top Uruguay yang Pernah Berkarier bersama Klub LaLiga

3. Luis Suarez

5 Striker Uruguay Pernah Merumput di English Premier Leaguepotret Luis Suarez berseragam Liverpool (skysports.com)

Berbeda dengan Forlan dan Pandiani, Luis Suarez terbilang sukses besar di Premier League. Ia membela Liverpool sejak paruh musim 2010/2011 dan bertahan hingga 2013/2014. Selama 3,5 musim, striker yang diboyong dari Ajax Amsterdam ini mencetak total 82 gol dan 46 assist dalam 133 penampilan di semua ajang.

Sinar Suarez di Premier League khususnya terlihat pada musim 2013/2014. Di musim itu, Suarez sukses mencetak 31 gol sehingga menjadi top skor Premier League. Ia pun nyaris membawa Liverpool juara liga. Meski gagal meraih trofi Premier League, Suarez sempat membawa The Reds juara Piala Liga 2011/2012.

4. Cristhian Stuani

5 Striker Uruguay Pernah Merumput di English Premier Leaguepotret Cristhian Stuani berseragam Middlesbrough (skysports.com)

Cristhian Stuani adalah striker Uruguay yang namanya tak sebesar ketiga pemain di atas. Sepanjang kariernya, Stuani hanya pernah membela klub-klub semenjana Eropa. Namun, Stuani tetap punya kualitas mumpuni. Hal itu terbukti dari lima puluh caps yang ia miliki bersama timnas Uruguay.

Stuani pernah bermain di Premier League pada musim 2016/2017. Kala itu ia membela Middlesbrough yang baru promosi dari Championship. Sayangnya, Stuani hanya mencetak empat gol di Premier League. Middlesbrough pun akhirnya terdegradasi lagi karena hanya finis di posisi ke-19.

5. Edinson Cavani

5 Striker Uruguay Pernah Merumput di English Premier LeagueEdinson Cavani (skysports.com)

Striker Uruguay terakhir yang bermain di Premier League adalah Edinson Cavani. Cavani membela Manchester United pada musim 2020/2021 dan 2021/2022. Ia tampil apik pada musim pertamanya sambil mencetak tujuh belas gol di semua ajang. Kontribusinya juga turut membawa United finis sebagai runner-up Premier League.

Pada 2021/2022, kesempatan bermain Cavani menurun karena kehadiran Cristiano Ronaldo. Ia pun akhirnya hanya bisa mencetak 2 gol dalam 20 penampilan semua ajang. Cavani sendiri sudah dipastikan akan meninggalkan United di akhir musim ini karena kontraknya habis. Kabarnya, ia akan segera merapat ke salah satu klub LaLiga Spanyol.

Darwin Nunez bisa saja menyusul jejak lima striker Uruguay di atas yang pernah bermain di Premier League. Jika benar Nunez memilih Premier League sebagai pelabuhan berikutnya, klub mana yang menurutmu paling pantas ia bela?

Baca Juga: 5 Top Scorer Terakhir Liga Portugal Sebelum Darwin Nunez

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya