3 Striker yang Menjadi Kapten Klub Serie A pada 2023/2024

Ada yang baru menjabat musim ini

Dalam sebuah tim sepak bola, adalah hal yang lumrah jika jabatan kapten dipegang pemain berposisi bertahan. Seorang pemain memang biasanya lebih mudah mengatur rekan-rekannya dari belakang. Pasalnya, ia memiliki sudut pandang yang lebih luas di atas lapangan.

Karena itu, umumnya kita sering menemukan kiper atau bek yang dipercaya menjadi kapten. Gelandang yang menjadi kapten pun cukup jamak. Sementara, kapten yang berposisi striker lebih langka di liga-liga Eropa.

Di Serie A Italia pun hanya ada tiga striker yang menjadi kapten klubnya pada 2023/2024. Seperti apa hasil kepemimpinan mereka terhadap klubnya pada awal musim ini? Berikut ulasannya!

1. Lautaro Martinez sukses menjalankan peran ganda

3 Striker yang Menjadi Kapten Klub Serie A pada 2023/2024Lautaro Martinez (instagram.com/lautaromartinez)

Pertama, ada Lautaro Martinez, kapten sekaligus striker andalan Inter Milan. Martinez baru mulai menjabat jadi kapten Nerazzurri pada 2023/2024 ini. Ia menggantikan Samir Handanovic yang memutuskan gantung sepatu pada musim panas 2023 lalu.

Sebagai striker, kualitas Martinez di Inter Milan sudah tak perlu diragukan. Pada 2022/2023 lalu, ia menorehkan rekor pribadi dengan membuat 28 gol di semua ajang. Musim ini, peran sebagai kapten memang menambah tanggung jawab Martinez. Namun, ketajamannya ternyata tidak menurun.

Martinez sudah mencetak sepuluh gol pada awal musim ini. Itu hampir separuh dari jumlah total gol Inter Milan di semua ajang. Sejauh ini, striker asal Argentina itu terbukti mampu menjalankan peran ganda dengan apik.

Baca Juga: Inter Bergantung Ketajaman Lautaro Martinez di Liga Champions

2. Ciro Immobile jalani musim ketiga sebagai kapten Lazio

3 Striker yang Menjadi Kapten Klub Serie A pada 2023/2024Ciro Immobile (instagram.com/ciroimmobile17)

Sementara, Ciro Immobile menjabat sebagai kapten Lazio sejak 2021. Saat itu, Immobile sudah menjalani 5 tahun bertabur lebih dari 100 gol bersama Lazio. Setelah menjadi kapten pun, Immobile tetap tajam. Ia mengakhiri musim pertamanya sebagai kapten dengan catatan 32 gol di semua ajang.

Pada 2022/2023 lalu, jumlah gol Immobile menurun. Salah satu sebabnya karena ia beberapa kali absen akibat cedera. Namun, peran Immobile sebagai kapten tetap vital. Ia sukses membawa Biancocelesti finis sebagai runner-up Serie A dan lolos ke Liga Champions Eropa.

Kini, Immobile sedang menjalani musim ketiganya sebagai kapten Lazio. Hasilnya, klub ibu kota Italia itu mengawali musim dengan buruk. Hingga pekan ketujuh Serie A, Lazio terpuruk di peringkat ke-16 klasemen. Immmobile harus bekerja keras demi memimpin rekan-rekannya bangkit.

3. Leonardo Pavoletti dipercaya jadi kapten karena setia kepada Cagliari

3 Striker yang Menjadi Kapten Klub Serie A pada 2023/2024Leonardo Pavoletti (cagliaricalcio.com)

Satu lagi striker yang dipercaya jadi kapten klub Serie A musim ini adalah Leonardo Pavoletti. Ia merupakan striker yang sudah mengabdi pada Cagliari sejak 2017. Bermula dari pemain pinjaman, Pavoletti menjelma jadi striker andalan Cagliari hingga dipermanenkan.

Karier Pavoletti bersama Cagliari sempat mengalami naik-turun. Khususnya karena cedera, ia pernah minim penampilan bersama Cagliari. Namun, saat sedang fit, Pavoletti hampir selalu jadi andalan. Ia juga tetap setia kepada Cagliari meski musim lalu mereka harus bermain di Serie B.

Pavoletti dipercaya jadi kapten tetap Cagliari mulai musim 2023/2024 ini. Sialnya, masalah cedera masih kerap menghampiri Pavoletti. Pria 34 tahun itu baru tampil empat kali di Serie A musim ini dan belum mencetak gol. Cagliari pun tengah terbenam di dasar klasemen sementara.

Lautaro Martinez terbilang sukses menjalankan peran sebagai striker sekaligus kapten pada awal 2023/2024. Sementara, Ciro Immobile dan Leonardo Pavoletti masih harus berjuang lebih keras. Siapa di antara mereka yang bisa memimpin timnya beprestasi musim ini?

Baca Juga: Sebelum Ciro Immobile, 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Skor Lazio

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya