Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke City

Masih ingat mereka?

Stoke City adalah klub Inggris yang saat ini berlaga di divisi Championship. Namun kalau kamu terus mengikuti Liga Inggris dalam beberapa tahun terakhir, kamu pasti tahu bahwa Stoke pernah berlaga di Premier League cukup lama, tepatnya sejak 2008 hingga akhirnya terdegradasi pada 2018.

Karena itu, tak heran jika meski merupakan klub medioker, Stoke City pernah dibela beberapa pemain top. Sebagian besar adalah pemain yang pernah malang melintang di Premier League. Inilah 10 pemain top yang pernah membela Stoke City dalam beberapa dekade terakhir.

1. Michael Owen 

Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke Citybleacherreport.com

Salah satu nama terbesar yang pernah berada di Stoke City adalah Michael Owen. Striker top Inggris ini pernah membela Liverpool, Real Madrid, dan Manchester United sepanjang kariernya. Stoke City adalah pelabuhan terakhir Owen yang ia bela pada musim 2012-13. Owen bermain 9 kali bagi Stoke dan mencetak 1 gol, sebelum akhirnya pensiun di akhir musim.

2. Peter Crouch 

Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke Citytalksport.com

Tak hanya Owen, Stoke juga pernah dibela striker jempolan Inggris lain yaitu Peter Crouch. Bahkan, Stoke adalah klub yang paling lama dibela Crouch sepanjang kariernya, yaitu selama 8 musim dari 2011 hingga 2019. Striker jangkung ini total bermain 261 kali bagi Stoke di semua ajang dan mencetak 61 gol serta 27 assist.

3. Bojan Krkic 

Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke Citybesoccer.com

Masih ingat Bojan? Pemain yang pernah disebut-sebut The Next Messi ini sempat mencuri perhatian kala dipercaya tampil di Barcelona dalam usia yang sangat muda. Namun belakangan performanya menurun dan ia pun berpindah-pindah klub, termasuk Stoke City. Pada akhirnya Bojan membela Stoke selama 5 musim, justru lebih lama daripada waktunya di Barca.

4. Eidur Gudjohnsen 

Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke Cityskysports.com

Pemain yang satu ini juga pernah membela Barcelona, namun ia lebih populer ketika membela Chelsea. Setelah membela Chelsea dan Barca, Eidur Gudjohnsen kemudian melanglang buana ke berbagai klub. Itu termasuk Stoke City yang ia bela pada 2010, namun hanya setengah musim. Striker asal Islandia ini akhirnya hanya bermain 5 kali untuk Stoke tanpa sumbangan gol.

5. Glen Johnson 

Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke Citydailystar.co.uk

Berikutnya ada Glen Johnson, bek asal Inggris yang juga pernah membela Chelsea. Johnson yang berposisi bek kanan pernah membela 6 klub Inggris sepanjang kariernya, dan Stoke City adalah klub terakhir yang ia bela. Selama 3 musim, ia bermain 64 kali bagi Stoke di semua ajang, namun gagal menyelamatkan Stoke dari degradasi pada 2018.

Baca Juga: Liam Delap, Si Jangkung Anak Legenda Stoke City

6. Jonathan Woodgate 

Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke Citymfc.co.uk

Bek Inggris yang pernah bermain untuk Real Madrid selama 3 musim, namun gagal memenuhi ekspektasi di Spanyol. Woodgate sebenarnya adalah pemain yang sangat potensial, namun cedera menahun sangat mengganggu perjalanan kariernya. Stoke City adalah salah satu klub yang pernah ia bela, yaitu pada musim 2011-12 dimana ia bermain 21 kali di semua ajang.

7. Shay Given 

Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke Cityhitc.com

Stoke City juga pernah dibela oleh seorang penjaga gawang top, yaitu Shay Given. Kiper asal Irlandia ini mencatat 451 pertandingan di Premier League, rekor terbaik ketiga di kalangan penjaga gawang. Given membela Stoke pada 2015 hingga 2017 sebagai klub terakhirnya, namun ia hanya mencatat 11 pertandingan di semua ajang dengan 2 clean sheet.

8. Darren Fletcher 

Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke Citypremierleague.com

Sementara Darren Fletcher tentu paling dikenal sebagai legenda Manchester United, klub yang ia bela selama 12 musim dengan ganjaran 15 trofi. Setelah itu Fletcher pindah ke West Bromwich Albion dan akhirnya membela Stoke City. Dua musim bermain bagi Stoke, gelandang asal Skotlandia ini bermain 42 kali dan mencetak 2 gol, seperti dilansir Transfermarkt.

9. Kurt Zouma 

Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke Citysportsmole.co.uk

Pemain yang satu ini masih aktif bermain di Premier League, tepatnya bersama Chelsea. Namun pada musim 2017-18, Kurt Zouma pernah dipinjamkan Chelsea ke Stoke City. Kala itu pemain berposisi bek ini dipercaya jadi pemain inti Stoke dan bermain 37 kali di semua ajang.

10. John Obi Mikel 

Tak Banyak yang Tahu, 10 Pemain Top Ini Pernah Membela Stoke Citylancashiretelegraph.co.uk

Terakhir, tahukah kamu bahwa John Obi Mikel saat ini bermain untuk Stoke City? Gelandang Nigeria yang populer bersama Chelsea ini mulai bergabung pada 2020, dan sejauh ini ia sudah bermain 33 kali di semua ajang bagi Stoke. Mikel yang sudah berusia 33 tahun terikat kontrak hingga akhir musim ini, sehingga ada kemungkinan akan segera meninggalkan Stoke.

Itulah 10 pemain top yang ternyata pernah bermain untuk Stoke City. Siapa dari antara mereka yang menurutmu pemain paling berkualitas?

Baca Juga: [BREAKING] Bayern Munich Rekrut Eks Bintang Stoke City

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya