5 Tim Afrika dengan Jumlah Gol Terbanyak di Piala Dunia

Nigeria masih belum tertandingi

Timnas Maroko tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022 Qatar. Di luar dugaan banyak pihak, mereka berhasil finis sebagai peringkat keempat. Secara keseluruhan, Atlas Lions meraih 4 kemenangan dan mencetak 6 gol di Piala Dunia 2022.

Catatan itu membuat Maroko kini sudah mengoleksi total 20 gol di Piala Dunia. Seberapa hebat catatan Maroko jika dibandingkan dengan tim-tim Afrika lain? Intip daftar kelima tim Afrika dengan catatan gol terbanyak di Piala Dunia pada ulasan ini, yuk!

1. Nigeria (23 gol)

5 Tim Afrika dengan Jumlah Gol Terbanyak di Piala DuniaPara pemain Nigeria merayakan gol di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Predikat tim Afrika tersubur di Piala Dunia masih dipegang oleh Timnas Nigeria. Tim berjuluk Super Eagles ini mengoleksi 23 gol dalam 21 pertandingan di 6 edisi Piala Dunia. Meski tidak tampil di Piala Dunia 2022, catatan gol Nigeria masih belum tertandingi.

Selain itu, Nigeria juga adalah tim Afrika yang paling sering menang di Piala Dunia, yaitu enam kali. Sayangnya, Nigeria belum pernah melangkah lebih jauh dari babak 16 besar. Dalam hal itu, prestasi Nigeria masih kalah dari Kamerun, Ghana, dan Maroko.

2. Kamerun (22 gol)

5 Tim Afrika dengan Jumlah Gol Terbanyak di Piala DuniaPara pemain Timnas Kamerun merayakan gol di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Di urutan kedua, Kamerun makin mengejar koleksi Nigeria berkat torehan empat gol di Piala Dunia 2022. Kini, Indomitable Lions sudah mencetak total 22 gol di Piala Dunia. Jumlah itu diraih dalam jumlah laga yang lebih banyak dari Nigeria, yaitu 26 pertandingan.

Kamerun juga jadi salah satu wakil Afrika yang pernah mencapai babak perempat final Piala Dunia. Mereka melakukannya di Piala Dunia 1990 Italia. Sayangnya, di tujuh penampilan lainnya, Kamerun selalu tersisih di fase grup, termasuk di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Membandingkan Kejutan Korea Selatan dan Maroko di Piala Dunia

3. Maroko (20 gol)

5 Tim Afrika dengan Jumlah Gol Terbanyak di Piala DuniaPara pemain Timnas Maroko merayakan gol di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Dengan total 20 gol di Piala Dunia, Maroko ternyata menempati urutan ketiga daftar ini. Termasuk edisi 2022, Maroko pernah enam kali tampil di Piala Dunia. Jumlah laga yang mereka mainkan adalah 23 pertandingan.

Statistik Maroko di Piala Dunia benar-benar meningkat berkat Piala Dunia 2022. Selain menambah total gol secara drastis, jumlah kemenangan mereka juga kini bertambah jadi enam.

Beberapa pemain Maroko di Piala Dunia 2022 juga menorehkan prestasi. Youssef En-Nesyri kini jadi pemain tertajam Maroko di Piala Dunia dengan tiga gol. Sementara, Achraf Hakimi dan Hakim Ziyech menjadi pemain Maroko yang paling sering tampil di Piala Dunia, yaitu sepuluh kali.

4. Ghana (18 gol)

5 Tim Afrika dengan Jumlah Gol Terbanyak di Piala DuniaPara pemain Timnas Ghana merayakan gol di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Berikutnya ada Ghana, wakil Afrika yang juga tampil di Piala Dunia 2022. The Black Stars menorehkan 5 gol dalam 3 laga di Qatar. Alhasil, jumlah gol mereka di Piala Dunia pun bertambah jadi 18 gol dalam 15 laga di 4 edisi.

Sebanyak enam gol Ghana di Piala Dunia diciptakan oleh Asamoah Gyan. Gyan pun masih menjadi pemain Afrika tertajam di Piala Dunia. Meski Gyan sudah tak bermain di Piala Dunia sejak 2014, belum ada pemain Afrika yang bisa menandingi rekornya.

5. Senegal (16 gol)

5 Tim Afrika dengan Jumlah Gol Terbanyak di Piala DuniaPara pemain Timnas Senegal merayakan gol di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Terakhir, ada Senegal, salah satu wakil Afrika yang melewati fase grup Piala Dunia 2022. Senegal mencetak 5 gol dalam 4 pertandingan di Qatar sehingga koleksi mereka di Piala Dunia sudah mencapai 16 gol. Hebatnya, mereka mencapai jumlah itu hanya dalam 12 laga di tiga edisi.

Sebelumnya, Senegal membuat 7 gol di Piala Dunia 2002 Korea/Jepang lalu 4 gol di Piala Dunia 2018 Rusia. Jumlah gol Senegal di Piala Dunia bahkan lebih banyak dari Tunisia dan Aljazair. Padahal, kedua negara tersebut lebih sering tampil di Piala Dunia.

Berkat penampilan hebat di Piala Dunia 2022, Maroko kini jadi salah satu wakil Afrika terbaik di Piala Dunia. Mampukah mereka mengulang atau bahkan melampaui capaian tersebut pada edisi-edisi berikutnya?

Baca Juga: Usai Maroko Kalah, Hakimi dan Ziyech Kejar Wasit

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya