Bukan Abramovich dan Sheik Mansour, Ini 5 Bos Terkaya Klub Sepak Bola

Ada yang jumlah kekayaannya bisa menutupi hutang Indonesia

Sepak bola diketahui telah menjelma dari hanya sebuah olahraga untuk hiburan, menjadi industri raksasa penghasil uang. Aliran fulus dari mengelola klub kulit bundar pun terus mengalir karena sepak bola sendiri merupakan olahraga yang paling banyak diikuti di dunia.

Namun bagi para miliarder, tujuan utama mereka memiliki sebuah klub sepak bola adalah bukan untuk mengeruk uang semata. Sebagian besar dari mereka justru mengakuisisi sebuah klub sepak bola adalah untuk kebanggaan.

Selain itu, banyak dari para miliarder ini membeli sebuah klub karena alasan kedaerahan sekaligus merupakan fans berat klub tersebut. Oleh sebab itu, dalam daftar lima orang terkaya di dunia yang memiliki klub sepak bola ini, kamu tidak akan menemukan nama-nama macam Roman Abramovich, Sheik Mansour dan Nasser Al-Khelaifi.

Harta dari lima orang ini jauh lebih banyak daripada tiga nama taipan populer itu. Namun, mereka tetap low profile. Yuk simak siapa saja orang-orang terkaya itu, seperti yang dirilis dari Forbes The World's Billionaires 2018.

1. Lakshmi Mittal - Rp263 triliunan (Queens Park Rangers)

Bukan Abramovich dan Sheik Mansour, Ini 5 Bos Terkaya Klub Sepak Bolalittleindia.com

Orang terkaya di tanah India, Lakshmi Mittal oleh majalah Forbes didapuk sebagai orang terkaya ke-62 sedunia dengan harta kekayaan yang ditaksir mencapai $17,8 miliar atau setara dengan Rp263 triliunan.

CEO ArcelorMittal, sebuah korporasi produsen baja raksasa, itu diketahui membeli saham klub sepak bola dari Inggris Queen Park Rangers sebanyak 20% pada akhir tahun 2007 silam. Selain Mittal, orang-orang kaya lainnya macam Flavio Briatore dan Bernie Ecclestone juga duduk sebagai co-chairman di QPR.

Walau The Hoops (julukan QPR) digawangi oleh orang-orang kaya, mereka malah tak kunjung meraih kesuksesan. Lebih-lebih, mereka kini hanya bersaing di liga kasta kedua Inggris, Liga Championship.

2. Paul Allen - Rp299 triliunan (Seattle Sounders)

Bukan Abramovich dan Sheik Mansour, Ini 5 Bos Terkaya Klub Sepak Bolaking5.com

Orang terkaya ke-4 dari daftar ini adalah Paul Allen. Forbes menempatkannya di posisi ke-44 orang terkaya di dunia dengan harta kekayaan yang ditaksir sekitar $20,3 miliar atau sama dengan Rp299 triliunan.

Sebelumnya, Paul Allen bersama dengan Bill Gates mendirikan korporasi perangkat lunak Microsoft. Namun pada tahun 2000, dia mengundurkan diri dari jajaran direksi karena sakit. Setelah itu, dia mendirikan Vulcan Sports Entertainment yang fokus pada investasi di bidang olahraga.

Perusahaan tersebut lantas mengakuisisi Seattle Sounders, klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat. Paul Allen sendiri mengaku memiliki minat besar di bidang olahraga karena ayahnya.

Paul Allen mengatakan dia memiliki kenangan indah menonton acara maupun pertandingan bersama sang ayah. Alasan itulah yang membuatnya berinvestasi di bidang olahraga, dalam hal ini klub sepak bola.

3. Francois Pinault - Rp484 triliunan (Rennes)

Bukan Abramovich dan Sheik Mansour, Ini 5 Bos Terkaya Klub Sepak Bolalefigaro.fr

Pria yang satu ini oleh Forbes diperkirakan memiliki harta sebanyak $32,8 miliar atau setara dengan Rp484 triliunan. Francois Pinault pun saat ini nangkring sebagai orang terkaya di dunia ke-30.

Pada tahun 1998, dia diketahui mengakuisisi klub League 1 Prancis Rennes dan sejak saat itu terus mempertahankan saham mayoritas kepemilikan klub. Di luar sepakbola, Francois Pinault juga berinvestasi dalam bidang fashion. Dia juga dikenal sebagai salah satu pemegang saham Gucci, sebuah brand fashion terkemuka dan raksasa ritel dunia.

Di klub Rennes miliknya saat ini, bermainlah gelandang kondang Yoann Gourcuff. Rennes sendiri juga ditukangi oleh mantan manager timnas Prancis Sabri Lamouchi.

Baca Juga: Pernah Jadi Bintang, 4 Pesepakbola Ini Kini Menjadi Pengangguran

4. Carlos Slim Helu - Rp984 triliunan (Club Pachuca, Club Leon, Real Oviedo)

Bukan Abramovich dan Sheik Mansour, Ini 5 Bos Terkaya Klub Sepak Bolamarca.com

Orang kaya berkebangsaan Meksiko Carlos Slim diperkirakan memiliki kekayaan yang setara dengan $66,2 miliar atau sama dengan Rp984 triliunan. Dia bertengger di peringkat ke-7 orang terkaya di dunia versi Forbes.

Kerajaan bisnis dari orang terkaya di Negeri Telenovela ini berdiri di atas usahanya di bidang pendidikan, perawatan kesehatan, manufaktur industri, transportasi, real estate, media, energi, perhotelan, hiburan, teknologi, ritel, olahraga dan layanan keuangan.

Walau kucuran uang terus mengalir dari deretan bisnis di atas, Carlos Slim juga berinvestasi di bidang olahraga dengan memiliki tiga klub sepak bola yang antara lain Club Leon dan Club Pachuca, keduanya di Meksiko serta satu lagi yaitu klub Spanyol Real Oviedo.

Seperti yang kalian ketahui, hanya Real Oviedo yang akrab di telinga. Namun, klub itu hanya berlaga di liga kasta kedua di bawah La Liga Spanyol.

5. Amancio Ortega - Rp1.009 triliunan (Depotivo La Coruna)

Bukan Abramovich dan Sheik Mansour, Ini 5 Bos Terkaya Klub Sepak Bolamensxp.com

Di puncak daftar orang terkaya pemilik klub sepak bola ini, ada nama saudagar retail Amancio Ortega yang mendulang kekayaannya dari brand fashion Zara yang terkenal itu.

Oleh Forbes, dia didapuk sebagai orang terkaya ke-6 di dunia dengan harta kekayaan yang mencapai $68.3 miliar atau setara dengan Rp1.009 triliunan. Sebagai perbandingan saja, total hutang luar negeri Indonesia saat ini diketahui sebanyak Rp4.253 triliun per bulan Juli lalu.

Walau banyak orang yang sudah mengetahui Ortega adalah pemilik Zara, namun hanya sedikit yang tahu kalau saudagar ini adalah juga pemilik klub sepak bola Deportivo La Coruna di Spanyol. Banyak orang percaya Amancio Ortega membeli Deportivo La Coruna karena alasan tempat tinggal karena saat ini dia memang tinggal di Kota A Coruna, Spanyol.

Yang menarik dari Ortega adalah, konon dia pernah menunda acara pernikahan putrinya hanya untuk menonton pertandingan Deportivo La Coruna melawan tim Barcelona B. Ya, tim Barcelona B. Hanya seorang fans sejati yang bisa melakukan itu.

Itulah daftar lima orang terkaya di dunia yang memiliki klub sepak bola. Roman Abramovich yang punya Chelsea, Sheik Mansour yang pemilik Manchester City, dan Presiden Paris Saint-Germain Nasser Al-Khelaifi, lewat guys.

Baca Juga: Potret Kehidupan 3 Anak dari Orang Terkaya, Bill & Melinda Gates!

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya