FIFA Diminta Menambah Negara Peserta Piala Dunia 2022 Qatar Jadi 48 Tim

Sepak bola bukan milik Eropa dan Amerika Latin saja

10 anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) telah secara resmi meminta Organisasi Sepak Bola Dunia (FIFA) untuk memperbanyak jumlah peserta Piala Dunia menjadi 48 tim pada 2022.

Permintaan penambahan jumlah peserta Piala Dunia menjadi 48 tim dari yang sebelumnya 32 peserta saja ini rencananya bakal diterapkan pada perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar atau empat tahun lebih cepat dari rencana penambahan peserta pada Piala Dunia 2026.

1. Surat terbuka

FIFA Diminta Menambah Negara Peserta Piala Dunia 2022 Qatar Jadi 48 Timconmebol.com

Permintaan penambahan jumlah peserta itu diumumkan dalam sebuah surat terbuka kepada Presiden FIFA Gianni Infantino pada konferensi tahunan CONMEBOL di Buenos Aires, Kamis, 12 April 2018 waktu setempat.

"Ketika kami berpikir (untuk kepentingan yang lebih) besar dan karena kami menginginkan keadilan, (juga) karena kami ingin Anda dan semua rekan kami ingin berpikir besar, kami meminta agar Piala Dunia 2022 dimainkan dengan 48 tim," cetus presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez, seperti yang dikutip The New York Times.

2. Enam tim dari zona CONMEBOL

FIFA Diminta Menambah Negara Peserta Piala Dunia 2022 Qatar Jadi 48 TimConmebol.com

Zona CONMEBOL saat ini mendapatkan jatah lima negara peserta untuk Piala Dunia. Jumlah itu akan meningkat menjadi enam negara peserta di turnamen 48 tim. Sementara sisanya, berasal dari negara-negara Asia dan Afrika.

Berdasarkan proposal 48 tim, terdapat enam tim dari zona CONMBEBOL yang lolos melalui babak kualifikasi. Sementara tim yang ketujuh, dapat mengamankan tempat melalui turnamen play-off.

3. FIFA merencanakan hal ini diimplementasikan pada Piala Dunia 2026

FIFA Diminta Menambah Negara Peserta Piala Dunia 2022 Qatar Jadi 48 TimFifa.com

Media sepak bola terkemuka Goal, melaporkan, sebelumnya, pada bulan Januari tahun 2017 lalu, FIFA setuju untuk memperluas Piala Dunia dari 32 tim saat ini menjadi 48 tim pada 2026. Ketika itu, Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan, penambahan jumlah peserta Piala Dunia yang diusulkan tersebut adalah penting bagi negara-negara berkembang sepak bola. 

"Sepak bola lebih dari sekedar Eropa dan Amerika Selatan. Sepak bola adalah global."

Namun demikian, CONMEBOL berharap aturan ini bisa diimplementasikan empat tahun lebih cepat.

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya