Punya Fisik Kuat, 5 Pesepak Bola Ini Selalu Jadi Mimpi Buruk Lawan

Ada yang lebih mirip atlet binaraga daripada pesepak bola

Bakat, keterampilan (Skill) dan kecerdasan adalah atribut paling penting bagi seorang pesepak bola yang ingin sukses. Walau begitu, terdapat faktor pengaruh lainnya, yaitu kuat. Seorang pesepak bola harus bisa tahan dengan tekel yang kasar, benturan bahu dan adu fisik lainnya.

Yaya Toure dan Giorgio Chiellini dulunya adalah dua pesepak bola terkuat di planet ini. Tetapi tetap saja mereka tak mampu melawan usia. Walau begitu, masih ada sejumlah pemain yang bisa menjadi mimpi buruk bagi lawan. Berikut adalah daftar mereka.

1. Romelu Lukaku

Punya Fisik Kuat, 5 Pesepak Bola Ini Selalu Jadi Mimpi Buruk Lawanmanutd.com

Romelu Lukaku adalah pemain yang bisa membawa kesuksesan bila tahu bagaimana cara memanfaatkan dirinya di atas lapangan. Striker kelahiran 13 Mei 1993 ini sangat menentukan keberhasilan Manchester United maupun timnas Belgia, saat ini. Kedua tim itu bergantung pada kemampuan Lukaku menahan bola.

Selain itu, mantan pemain Chelsea dan Everton ini acap kali mengintimidasi barisan bek lawan dengan kekuatan fisiknya yang luar biasa. Fakta menunjukkan, dibutuhkan lebih dari satu pemain lawan untuk mengimbangi kekuatan Lukaku. Hal itu berdampak pada banyak ruang kosong yang bisa dieksploitasi rekan-rekannya.

Hasilnya, sepanjang kariernya di Premier League, Lukaku telah mencatat 217 kali penampilan dengan 100 gol dan 35 assist, dilansir dari Premierleague.com. Yang menarik, dari 100 gol yang dia cetak, 21 kali di antaranya melalui sundulan kepala!

2. Victor Wanyama

Punya Fisik Kuat, 5 Pesepak Bola Ini Selalu Jadi Mimpi Buruk Lawantwitter.com/squawka

Coba saja merebut bola dari kaki Victor Wanyama. Dia akan membuatmu jatuh tersungkur hanya dengan satu dorongan. Berdiri menjulang setinggi 1,8 meter, gelandang bertahan ini mencatatkan namanya sebagai 'tukang angkut air' paling tanpa basa-basi bila bertahan.

Bersama Tottenham Hotspurs, pemain kelahiran Nairobi, Kenya 25 Juni 1991 ini mencapai masa keemasannya. Karena terlampau kuatnya, dia hampir selalu memenangkan pertarungan di lini tengah, siapa pun lawannya.

Sepanjang kariernya di Premier League, Wanyama mencatat 134 penampilan dengan tackle sukses sebanyak 77% dan 879 kali memenangkan duel udara, dilansir dari Whoscored.com.

3. Hulk

Punya Fisik Kuat, 5 Pesepak Bola Ini Selalu Jadi Mimpi Buruk Lawantwitter.com/theafcdotcom

Pemain berkebangsaan Brasil ini begitu kuat, hingga orang-orang memanggilnya Hulk. Givanildo Vieira de Sousa, begitulah nama aslinya, bisa mencetak gol jarak jauh dengan kaki kirinya, dilansir dari Espnfc.com. Pasalnya, para pemain bertahan lawan gagal untuk menghentikan pergerakan Hulk yang melaju bak kereta.

Hulk memiliki 47 caps untuk timnas Brasil. Sedikit sekali pemain yang bisa mencetak caps sebanyak itu kecuali dia benar-benar bagus. Bahkan mantan klub Hulk, Zenit St Petersburg pernah membuat video tentang betapa mengerikannya kekuatan fisik Hulk.

Sepanjang musim 2017/2018, penampilan Hulk bersama Shanghai SIPG FC sungguh mengesankan. Dari seluruh 12 penampilannya, dia mencatat 9 gol dan 4 assist! Siapa yang bisa menghentikan Hulk?

4. Zlatan Ibrahimovic

Punya Fisik Kuat, 5 Pesepak Bola Ini Selalu Jadi Mimpi Buruk Lawanlagalaxy.com

Meskipun Ibrahimovic sekarang berusia 36 tahun, dia masih menjadi momok yang menakutkan bagi lawan-lawannya. Meskipun bertubuh tinggi dan besar, Ibrakadabra mampu melakukan akrobat dan mencetak gol dari sudut yang sulit.

Hal-hal semacam itu nyaris mustahil bisa dilakukan oleh pemain-pemain lain dengan tubuh sebesar Zlatan.

Sepanjang karir sepak bolanya, pemain kelahiran 3 Oktober 1981 ini selalu bergabung dengan klub-klub raksasa. Selain cerdas di lapangan, kekuatan fisiknya terbukti bermanfaat di lapangan.

Tengok saja bagaimana Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, PSG, Manchester United hingga sekarang LA Galaxy memanfaatkan dirinya.

Sepanjang karier profesional sepak bolanya, Ibrahimovic telah mencatatkan 519 kali penampilan dengan 321 gol bagi klub. Sementara bersama timnas Swedia, dari 116 caps, dia mencetak 62 gol, terbanyak sepanjang masa timnas dari negeri Skandinavia itu.

Ibrahimovic adalah One of a kind. He is the kind. Satu-satunya.

5. Adebayo Akinfenwa

Punya Fisik Kuat, 5 Pesepak Bola Ini Selalu Jadi Mimpi Buruk Lawansquawka.com

Langsung saja. Adebayo Akinfenwa adalah monster yang bermain sepak bola. Tidak mungkin ada pesepak bola lain di atas Akinfenwa. Striker kelahiran Islington, Inggris pada 10 Mei 1982 ini memang pantas mendapat julukan The Beast.

Dengan tinggi hampir 2 meter dan berat lebih dari 100 kilogram, Akinfenwa lebih seperti atlet binaraga daripada pesepak bola.

Meski tidak pernah membela klub-klub raksasa, Akinfenwa tampil cukup bagus bersama Swansea City, Northampton Town dan yang paling baru adalah Wycombe Wanderers. 

Dia telah mencetak 204 gol dalam 631 pertandingan dan masih kuat bertanding di usia 35 tahun. Dengan fisik seperti itu, kamu tidak perlu bertanya-tanya mengapa?

Itulah daftar lima pemain yang memiliki ketahanan fisik terkuat di planet Bumi.

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya